x

Piala Dunia 2018: Suporter Patungan Online untuk Bayar Denda Trio Swiss

Rabu, 27 Juni 2018 20:36 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
Xherdan Shaqiri selebrasi usai cetak gol di laga Serbia vs Swiss di Piala Dunia 2018.

Kecintaan suporter Swiss terhadap tim nasionalnya perlu diacungi jempol. Mereka menggalang dana secara online untuk membantu membayar denda untuk ketiga pemain mereka yang disanksi akibat selebrasi gol yang dianggap penuh muatan politis di Piala Dunia 2018.

Baca Juga

1. Selebrasi Provokatif

Granit Xhaka melakukan selebrasi Albanian Eagle usai cetak gol di laga Serbia vs Swiss di Piala Dunia 2018.

Gestur tersebut dianggap provokatif. Terlebih Serbia (dulu Yugoslavia) menginvasi Kosovo yang ingin lepas dari Serbia  saat Yugoslavia pecah di tahun 1990-an. Shaqiri dan Xhaka merasakan beratnya kehidupan sebagai pengungsi karena terusir dari Kosovo saat perang saudara berlangsung.

Sekalipun Kosovo sudah merdeka tahun 2008, Serbia tetap tidak mau mengakuinya.

Xhaka dan Shaqiri masing-masing harus membayar denda 7.632 pounds (Rp143 juta) Sementara Lichtsteiner 3.816 pounds (Rp71 juta).


2. Selebrasi Albanian Eagles

Granit Xhaka melakukan selebrasi Albanian Eagle usai cetak gol di laga Serbia vs Swiss di Piala Dunia 2018.

Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri melakukan selebrasi dengan simbol mirip elang berkepala dua di bendera Albania saat Swiss menang 2-1 atas Serbia Jumat lalu. Sementara sang kapten Stephan Lichtsteiner turut serta saat kedua rekannya yang keturunan Kosovo Albania merayakan gol tersebut.


3. Dana Cepat Terkumpul

Xherdan Shaqiri selebrasi usai cetak gol di laga Serbia vs Swiss di Piala Dunia 2018.

Ternyata, dalam 18 jam sudah terkumpul 16 ribu dolar (Rp227 juta) dari target 25 ribu dolar (Rp355 juta). Alasan para fans rela melakukan galang dana adalah karena ketiga pemain tersebut membawa kebahagiaan bagi warga Swiss dan Albania di seluruh dunia.

Penyelenggara crowdfunding tersebut menyatakan bahwa jika Asosiasi Sepakbola Swiss menolak dana tersebut, maka akan disumbangkan ke lembaga amal.

Swiss menjaga peluang untuk lolos ke 16 besar. Setelah menahan imbang juara dunia lima kali Brasil 1-1 dan menang 2-1 atas Serbia, Shaqiri dan kolega akan berhadapan dengan Kosta Rika yang sudah pasti tersingkir di laga akhir Grup E. Serbia akan berhadapan dengan Brasil di laga pamungkas grup.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018 hari ini, Rabu (27/06/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

SwissXherdan ShaqiriPiala Dunia 2018Granit XhakaBola Internasional

Berita Terkini