x

Defoe: Southgate ‘Meng-upgrade’ Timnas Inggris di Piala Dunia 2018

Kamis, 28 Juni 2018 12:23 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Yohanes Ishak
Gareth Southgate dan skuat Timnas Inggris.

Striker veteran Jermaine Defoe memang sudah tidak bermain di tim nasional, sekalipun masih berperan sebagai pesepakbola di level klub.

Pemain yang saat ini merumput di AFC Bournemouth ini menceritakan bagaimana Timnas Inggris mengalami perubahan saat ditangani Gareth Southgate di Piala Dunia 2018.

Baca Juga

1. Tidak ada jarak antar pemain

Sambil bersenda gurau, Timnas Inggris lakukan sesi latihan.

Defoe memulai debutnya bersama the Three Lions pada 2004 saat melawan Lithuania di kualifikasi Piala Dunia. Saat itu adalah penampilan terakhir Southgate di tim nasional.

Defoe yang sempat diincar Juventus sebelum kembali ke Tottenham pada 2009 mengingat masih ada nama-nama seperti Gary Neville, Michael Owen,dan David Beckham.

Tetapi ada nama-nama yang saat ini tengah naik daun seperti Harry Kane, Dele Alli, dan Raheem Sterling yang ia yakini bisa berikan kejayaan untuk Timnas Inggris.

Defoe juga memuji sang pelatih, Gareth Southgate yang mengatakan jika saat ia bermain bersama Timnas Inggris, para pemain lebih banyak yang berkumpul dengan sesama klub mereka saja dibandingkan dengan rekan senegaranya.

“Saat saya tiba pertama kali, ada semacam klik. Saya hanya duduk dengan teman-teman saya. Tidak ada alasan tertentu, itu terjadi begitu saja. Ada kubu Manchester United, ada kubu Chelsea,” tandas Defoe kepada SkySports.

“Bisa dibilang itu semua terjadi karena mereka bersaing di level klub dan ketika mereka datang ke Timnas Inggris, mereka belum bisa mendapatkan ikatan yang dimiliki sekarang,” tambahnya.


2. Belajar dari Pengalaman

Jermain Defoe (kanan) dan pasangannya.

Lebih lanjut, Defoe juga menilai jika Southgate telah belajar dari pengalamannya saat bermain untuk Timnas Inggris, sehingga ia pun mampu menciptakan ikatan kekeluargaan yang kuat dalam kubu Harry Kane dkk.

“Gareth telah tahu semuanya, tidak heran dia sangat bagus menjadi pelatih. Dia juga termasuk pelatih yang komplit karena dia tahu banyak dari pemain U-21, tim ini dihuni oleh banyak pemuda yang emosinya masih labil, tapi dengan cara yang baik mereka menjadi tidak ada tekanan, benar-benar atmosfer yang berbeda,” lanjutnya.

Ya, hampir seluruh skuat Timnas Inggris saat ini yang namanya telah disebutkan di atas pernah berjuang bersama di Timnas Inggris U-21 hingga ada rasa kebersamaan yang lebih kuat.

Sehingga pujian dari Defoe untuk Southgate tentu dapat dikatakan tidaklah berlebihan.


3. Jadwal Timnas Inggris Selanjutnya

Skuat Timnas Inggris saat tiba di bandara St Petersburg.

Pada hari Jumat (29/06/18) dini hari nanti pukul 01:00 WIB, Timnas Inggris akan melawan Timnas Belgia dalam pertandingan pamungkas Grup G Piala Dunia 2018.

Sebenarnya, kedua negara ini telah dipastikan lolos ke babak 16 besar, namun nantinya pertarungan mereka ini jelas akan memperebutkan posisi juara grup G.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018 hari ini Kamis, 28 Juni 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

BelgiaPiala Dunia 2018Gareth SouthgateTimnas InggrisBola Internasional

Berita Terkini