x

Alkohol Boleh Dijual di Pertandingan Liga Champions dan Europa

Jumat, 29 Juni 2018 13:43 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Presiden UEFA, Aleksader Ceferin.

Minuman alkohol sempat dilarang untuk diperjual-belikan di pertandingan Liga Champions dan Liga Europa. Peraturan tersebut berlaku bagi penonton yang menyaksikan laga di tribun terbuka, kecuali VIP.

UEFA belakangan telah mengamandemen aturan yang melarang jual-beli alkohol pada pertandingan Liga Champions dan Liga Europa. Musim depan, alkohol boleh hadir di dalam stadion.

Baca Juga

1. Disambut Baik Penonton

Penonton sepakbola menikmati alkohol.

Organisasi Kelompok Suporter Eropa (FSE) menyambut baik keputusan yang diambil oleh UEFA. Suporter akhirnya dapat diizinkan untuk membeli dan menikmati alkohol di dalam stadion tanpa harus menempati tribun VIP.

“Sekian lama penonton sepakbola diperlakukan tidak adil jika dibandingkan dengan penonton olahraga lainnya seperti rugbi,” ujar Ronan Evain, CEO FSE dilansir dari Sport Bible.


2. Terlalu Paternalistik

Lionel Messi menyaksikan laga Timnas Argentina vs Timnas Spanyol dari tribun VIP.

Evain menambahkan bahwa pelarangan alkohol di stadion terlalu paternalistik. Artinya, UEFA terlalu banyak mengatur perilaku penonton di stadion. Selain itu, tidak ada bukti atau penelitian yang membuktikan bahwa alkohol dapat mencegah atau mengurangi kerusuhan dalam pertandingan sepakbola.

Kebijakan yang memperbolehkan alkohol hanya di tribun VIP juga menciptakan dua kelas sosial. Setidaknya, keputusan baru UEFA akan mengurangi kecemburuan yang terjadi sebelumnya.


3. Keuntungan Bagi Klub

Antoine Griezmann mengangkat piala Liga Europa musim ini.

Penghapusan larangan alkohol akan mendatangkan keuntungan bagi tim-tim yang berlaga di Liga Champions atau Liga Europa. Mereka dapat menambah pemasukan dari penjualan alkohol di dalam stadion.

Berikut jadwal babak 16 besar Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Liga EuropaLiga ChampionsUEFAAlkoholBola Internasional

Berita Terkini