x

Piala Dunia 2018: Hadapi Inggris, Kolombia Tak Akan Sama Tanpa Rodriguez

Jumat, 29 Juni 2018 18:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
James Rodriguez terpilih menjadi man of the match

Pemain kunci James Rodriguez harus diragukan kesiapannya menghadapi Inggris di babak sistem gugur Piala Dunia 2018 pasca mengalami cedera. Ahli sepakbola Amerika Selatan, Tim Vickery mengklaim, tim besutan Jose Pekerman tidak akan sama tanpa pemain Bayern Munchen itu.

Baca Juga

Kolombia memenangkan laga terakhir mereka melalui gol tunggal dari Yerry Mina ke gawang Senegal, Kamis (28/06/18) untuk memastikan mereka lolos ke babak 16 besar.

Rodriguez sejatinya turun menjadi starter dalam laga tersebut, namun setelah berjalan 30 menit ia tampak tertatih-tatih dengan gangguan cedera yang sepertunya cukup serius. Ia kemudian ditarik keluar lapangan dan lalu digantikan oleh Luis Muriel.

Kondisi pemain berusia 26 tahun itu saat ini masih diragukan untuk tampil melawan Kolombia di Moskow pada hari Selasa (03/07/18). Dan berbicara kepada Sky Sport, Vickery telah mengatakan Rodriguez membuat harapan Inggris untuk memenangkan fase gugur lebih besar.


1. Kolombia Tidak Lagi Sama

James Rodriguez (kanan) saat melakukan tendangan ke gawang Senegal.

Vickery telah mengklaim bahwa Rodriguez merupakan jantung Timnas Kolombia, dimana tim tidak akan memiliki kehebatan yang sama tanpanya, apalagi ketika mereka harus menghadapi Timnas Inggris yang saat ini dalam kondisi terbaiknya.

“Dia adalah pemain utama saat melawan Senegal, jadi Kolimbia sangat khawatir,” kata Vickery.

“Mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mengembalikan kondisi Rodriguez, namun mungkin ini menjadi pertanda bahwa kami melihatnya berlari di lapangan untuk perayaan di akhir pertandingannya,” tambahnya.

“Apakah itu hanya euforia Kolombia yang telah lolos ke sistem gugur ataukah karena ia dapat menyingkirkan cedera yang tak terhindarkan ini yang akan kita lihat karena tanpa, Kolombia bukanlah tim yang sama.”


2. Terlihat Baik-baik Saja

James Rodriguez dan Radamel Falcao merayakan gol ke gawang Polandia.

Vickery mengatakan bahwa kondisi Rodriguez belum bisa dipastikan untuk saat ini, dengan pelatih Peckerman sempat mengatakan sangat khawatir dengan bintangnya. Pasalnya Rodriguez tidak menunjukkan gejala apapun bahwa ia memiliki cedera.

“Terlalu dini untuk mengatakannya (jika dia keluar dari laga melawan Inggris). Pelatih Peckerman mengatakan dalam konferensi pers usai pertandingan melawan Senegal bahwa dia sangat khawatir karena Rodriguez terlihat baik-baik saja.”

“Dia memiliki masalah yang mengganggu untuk sementara waktu. Mereka tidak memainkannya sejak awal pertandingan pertama dan dia kembali dengan hebat di pertandingan kedua. Dia tampak baik-baik saja saat latihan tetapi tidak benar sama sekali.


3. Empat Pemain Penting Kolombia

James Rodriguez tengah melewati kawalan pemain Polandia

Kolombia kini masih berharap banyak bahwa pemain Bundesliga itu bisa kembali ke posisinya di Timnas untuk menghadapi Inggris. Di sana ia akan berdampingan dengan Radamel Falcao, Juan Cuadrado dan Juan Quintero. Keempat pemain itu memiliki kemampuan menyerang yang sama ketika memasuki daerah lawan.

“Melawan Polandia, Kolombia memiliki empat pemain depan yang menyerang bersama-sama,” kata Vickery.

“Falcao adalah predator di lini tengah dan Cuadrado di sayap kanan. Ada juga Rodiguez yang bermain bak pangeran, dan pemain yang datang dengan sangat baik dalam kompetisi ini, Juan Quintero.”

“Dia (Rodriguez) dibalik semua keberuntungan yang didapatkan Kolombia di turnamen. Tetap tenang di depan dan Inggris memiliki peluang ke perempatfinal.”

Berikut tim-tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

KolombiaInggrisPiala DuniaJames RodriguezPiala Dunia 2018Bola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini