x

Piala Dunia 2018: Punya 5 Kesamaan dengan Edisi 1966, Sejarah Dukung Inggris Juara?

Jumat, 29 Juni 2018 09:09 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

Piala Dunia 1966 menjadi satu-satunya gelar Piala Dunia yang dimiliki Inggris hingga saat ini. Berperan sebagai tuan rumah, kala itu Inggris mampu juara setelah menaklukkan Jerman Barat dengan skor 4-2 di final. Bintang West Ham United, Bobby Moore, menjadi kapten tim yang mengangkat trofi Julies Rimet. 

Di Piala Dunia 2018, atau 52 tahun sejak terakhir The Three Lions juara, Timnas Inggris kembali berjuang 'membawa pulang' trofi lambang supremasi sepakbola dunia tersebut. 

Jika kita memakai ukuran 'daya magis' sepakbola, maka bisa jadi impian Inggris untuk memboyong gelar keduanya bisa terwujud tahun ini. Mengapa? karena sedikitnya ada 5 kesamaan antara Piala Dunia 1966 dengan Piala Dunia 2018 kali ini. 

Selebrasi para pemain Inggris usai cetak gol ke gawang Panama di Piala Dunia 2018.

Tidak percaya? Berikut ini INDOSPORT paparkan 5 kesamaan antara Piala Dunia 1966 dan 2018 yang bisa melipatgandakan optimisme fans Inggris.


1. Di Depan Jerman

Ekspresi kekecewaan Mats Hummels (kanan) dan Mario Gomez usai kekalahan Jerman dari Korea Selatan.

Jerman Barat atau Timnas Jerman merupakan salah satu kekuatan sepakbola utama di Piala Dunia. Empat gelar juara dan banyaknya final yang diikuti membuktikan kehebatan Jerman. 

Namun, sejarah mencatat, di Piala Dunia di mana Jerman 'kalah' dari Inggris, di situlah The Three Lions berjaya. Pada Piala Dunia 1966, Inggris berhasil menggagalkan Jerman di babak final. Kini, di Piala Dunia 2018, Jerman harus pulang lebih awal sementara Inggris masih melaju hingga ke babak 16 besar. 


2. Peringkat Klasemen Chelsea

Bendera Chelsea berkibar di Stadion Wembley

Pada tahun 1966, klub Liga Inggris, Chelsea, finis di peringkat ke-5 klasemen akhir. Ternyata, hal itu sama dengan perolehan Chelsea di tahun 2018 ini di mana mereka harus mengakhiri kompetisi di peringkat ke-5 di bawah Tottenham.


3. Real Madrid Juara Eropa

Real Madrid menjuarai Liga Champions musim 2017/18.

Di akhir musim 1965-1966, Real Madrid berhasil keluar sebagai juara Piala/Liga Champions Eropa setelah berhasil menumbangkan Partizan di final. 

Di tahun 2018, Real Madrid kembali mengulanginya dengan menjadi kampiun Liga CHampions Eropa usai mengandaskan Liverpool di final. 


4. Prestasi Burnley

Selebrasi gol para pemain Burnley

Ini mungkin kebetulan yang sangat jarang terjadi. Klub langganan kasta bawah Burnley mampu membuat gebrakan musim ini di mana mereka berhasil mendapatkan tiket Eropa setelah finis di peringkat ketujuh klasemen akhir. 

Ternyata apa yang dicapai Burnley ini pernah terjadi pula d tahun 1966. Kala itu Burnley lolos ke zona Eropa setelah berhasil finis di peringkat ke-3 di bawah Liverpool dan Leeds United. 


5. Man City

Man City merayakan gelar Juara Liga Inggris 2017/18.

Kesamaan lain ada pada sang jawara Liga Inggris musim lalu, yaitu Manchester City. Man City ternyata juga menjadi jaura pada tahun 1966 lalu. Namun, bedanya Man City saat itu juara di Divisi Championship atau kasta kedua Liga Inggris. 

Berikut ini tim-tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

InggrisPiala Dunia 2018Bobby MooreBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018Listicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini