x

Dari Sang Mantan: Jerman Tidak Punya Niat Juara Piala Dunia 2018

Minggu, 1 Juli 2018 10:22 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Para pemain Jerman tertunduk lesu usai kalah dari Korea Selatan.

Kabar tentang Timnas Jerman yang telah tersingkir dari Piala Dunia 2018 memang telah berlalu sejak beberapa hari yang lalu.

Namun, sampai saat ini nyatanya gagalnya Der Panzer melaju ke babak 16 besar masih hangat untuk dibicarakan.

Wajar saja mengingat mereka menyandang status juara bertahan. Thomas Muller cs memang berhasil menjadi juara Piala Dunia 2014 sehingga gagalnya mereka melaju ke babak 16 besar tentu akan terus menarik untuk dibicarakan setidaknya sampai memasuki babak perempatfinal.

Belum lama ini, salah satu mantan penggawa dan pelatih Timnas Jerman, Jurgen Klinsmann pun menyampaikan pendapatnya mengenai para juniornya tersebut.

Baca Juga

1. Situasi Berbeda dengan Empat Tahun Lalu

Jerman saat menjuarai Piala Dunia 2014.

Menurut pria yang pernah menukangi Bayern Munchen ini, Der Panzer kurang memiliki rasa lapar atau keinginan yang kuat untuk mempertahankan gelar juara Piala Dunia tahun ini.

“Tidak mudah memang kalau Anda sudah pernah menjuarai Piala Dunia dan mengulanginya lagi empat tahun kemudian. Rasa lapar itu tidak akan sama, semangatnya tidak semembara saat Anda berhasil menjadi juara Piala Dunia,” tandas Klinsmann kepada BBC.


2. Sudah Puas

Jurgen Klinsmann, mantan pemain dan pelatih Timnas Jerman.

Selain itu, pria yang juga pernah melatih Timnas Jerman ini menilai jika para juniornya itu sudah merasa puas dengan apa yang didapat pada empat tahun lalu.

“Saya kira mereka sudah merasa puas, mereka jadi kurang lapar untuk menjuarainya lagi. Itu kelihatan saat pertandingan terakhir, malah persiapan mereka tidak cukup matang, artinya kami memang pantas tersingkir,” tambahnya.


3. Seakan Terkena Kutukan

Ekspresi kekecewaan Mats Hummels (kanan) dan Mario Gomez usai kekalahan Jerman dari Korea Selatan.

Tersingkirnya Timnas Jerman seakan membuat mereka terkena kutukan sejak tahun 2010 lalu, di mana negara yang menjadi juara pada Piala Dunia episode sebelumnya akan tersingkir.

Contohnya, pada Piala Dunia 2006 yang menjadi juara adalah Timnas Italia, lalu di Piala Dunia 2010 mereka tersingkir di babak grup.

Di tahun Piala Dunia 2010 yang menjadi juara adalah Timnas Spanyol dan pada Piala Dunia 2014 mereka juga mendapatkan hal yang serupa, yakni tak lolos grup.

Dan di Piala Dunia 2014, Jerman yang menjadi juara kini merasakan hal yang serupa. Kejadian ini sebenarnya pernah tercipta pada tahun 2002, di mana Timnas Prancis yang menjadi juara di Piala Dunia 1998 harus tersingkir.

Hanya Brasil saja yang menjadi juara Piala Dunia 2002 namun berhasil lolos dari babak grup di Piala Dunia 2006.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018 hari ini, Minggu, 1 Juli 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Piala Dunia Brasil 2014JermanPiala Dunia 2018Jurgen KlinsmannBola Internasional

Berita Terkini