x

3 Alasan Spanyol Memang Pantas Tersingkir dari Piala Dunia 2018

Senin, 2 Juli 2018 08:09 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Kapten Timnas Spanyol, Sergio Ramos meratapi negaranya tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Salah satu hasil dari laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 sangat mengejutkan untuk para pecinta sepakbola dunia. Apalagi kalau bukan tersingkirnya tim favorit juara, Spanyol saat menghadapi tuan rumah di Stadion Luzhniki, Minggu (01/07/18) kemarin malam.

Rusia berhasil menahan imbang Spanyol dengan skor 1-1 selama 90 menit waktu normal dan 30 menit waktu tambahan.

Hingga laga tersebut harus ditentukan lewat babak adu penalti yang akhirnya dimenangkan oleh Rusia dengan skor adu penalti 3-4 untuk tuan rumah.

Baca Juga

Dalam laga tersebut, Timnas Spanyol memang terlihat kesulitan menembus tembok kokoh di pertahanan Rusia. Bahkan gol tunggal La Furia Roja kemarin malam terhitung gol bunuh diri karena kesalahan kecil salah satu pemain bertahan mereka.

Masih banyak alasan yang membuat Spanyol akhirnya menelan kekalahan dari Rusia. Berikut, INDOSPORT hadirkan sedikitnya 3 alasan Spanyol memang pantas tersingkir dari Piala Dunia 2018.


1. Tidak Ada 'Plan B'

Sergio Ramos memeluk Isco dalam laga Piala Dunia 2018 antara Spanyol vs Maroko.

Bermain selama 120 menit, Spanyol hanya fokus pada satu hal, satu rencana, yaitu umpan-umpan pendek di sekitar pertahanan Rusia. Tapi, hanya umpan-umpan saja dan tidak ada umpan terobosan atau tendangan jarak jauh.

Tidak ada gebrakan yang benar-benar dilakukan oleh Spanyol. Mereka hanya menjaga penguasaan bola, terlihat dari statistik fifa.com, Spanyol memiliki presentase penguasaan bola sebesar 75%. Miris bukan?


2. Tidak 'Melayani' Diego Costa dengan Benar

Kiper Rusia, Igor Akinfeev, menahan serangan Diego Costa.

Meski timnya harus kalah, Diego Costa sebenarnya bermain cukup baik di laga ini. Sayang sekali, Jordi Alba dan Nacho Fernandez selalu gagal mengirimkan umpan silang yang mampu dijangkau Costa.

Tapi lagi-lagi striker yang tidak mencetak gol, akan selalu disalahkan. Diego Costa harus terima dirinya ditarik dan digantikan oleh Iago Aspas pada menit ke-80.


3. Telat Masukkan Rodrigo

Dua penggawa Timnas Spanyol, David De Gea dan Rodrigo Moreno.

Sebenarnya alasan terakhir ini, berkaitan dengan alasan yang pertama yaitu tidak ada gairah dalam permainan Spanyol.

Tapi, pelatih Timnas Spanyol, Fernando Hierro tidak menghiraukan hal tersebut. Dia bahkan telat memasukkan Rodrigo Moreno yang bermain saat memasuki babak tambahan.

Menurut whoscored.com, dalam 15 menit penampilannya, Rodrigo sukses melepaskan 3 tendangan ke gawang Rusia. Jika saja, Hierro memasukkan Rodrigo lebih awal, mungkin Spanyol tidak harus pulang kampung seperti sekarang.

Jadwal Pertandingan Babak 16 besar Piala Dunia 2018 Hari Ini, Senin (02/07/18) dan Selasa (03/07/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

SpanyolRusiaPiala DuniaPiala Dunia 2018Bola InternasionalListicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini