x

Jelang Lawan Kolombia, Southgate Dibuat Pusing oleh Kane dan Vardy

Senin, 2 Juli 2018 19:59 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Striker dan pelatih Timnas Inggris, Harry Kane (kiri) dan Gareth Southgate.

Inggris akan mendapat ujian berat dari Kolombia di babak 16 besar. Seperti layaknya pertandingan sistem gugur, adu penalti pun bisa menjadi sesuatu yang tak terhindarkan.

Sejauh ini Gareth Southgate 'dipusingkan' dengan dua strikernya, Harry Kane dan Jamie Vardy. Tentu saja 'pusing' di sini adalah dalam arti positif. Baik Kane maupun Vardy, keduanya adalah penendang-penendang penalti ulung. 

Baca Juga

1. Harry Kane dulu atau Jamie Vardy?

Harry Kane melepaskan tendangan penalti dalam laga Inggris vs Panama di Piala Dunia 2018.

Sejauh ini, Kane, yang bermain sebagai striker inti, selalu mengambil jatah penalti di Piala Dunia 2018. Namun, bisa saja hal itu berubah jika Vardy dimasukkan bersama dengan Kane. Belum lagi dalam menentukan siapa penendang penalti pertama jika saja terjadi babak adu penalti.

Southgate tentunya akan mengantisipasi segala hal yang akan terjadi termasuk adu penalti. Apalagi, FIFA saat ini mengizinkan satu pergantian pemain di babak perpanjangan waktu. Bisa saja Kane dan Vardy masuk bersamaan agar keduanya sama-sama mendapat jatah penendang penalti di babak tos-tosan.  


2. Statistik

Gareth Southgate, pelatih Timnas Inggris.

Hal ini penting bagi Inggris lantaran dalam sejarahnya, The Three Lions telah enam kali gagal di babak adu penalti dari tujuh kesempatan di sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di Piala Dunia.  

Harry Kane saat ini merupakan penendang penalti terbaik di Timnas Inggris maupun di klubnya, Tottenham Hotspur. Kane berhasil menyarangkan 22 gol dari 26 kesempatan. Keberhasilan menendang penalti Kane adalah 85 persen. 

Sedangkan Vardy berhasil mencetak 12 gol dari 15 kesempatan penalti. Keberhasilan menendang penalti Vardy adalah sebesar 80 persen. 


3. Kandidat Lain

Adam Lallana dan Jordan Henderson (kanan)

Jika melihat komposisi skuat yang ada sekarang, ada dua orang lain yang memiliki mental untuk tanggung jawab besar sebagai penendang penalti. Mereka adalah Kieran Trippier dan Jordan Henderson. 

Memang Trippier dan Henderson bukan langganan penendang penalti, namun keduanya dinilai punya keberanian sebagai penendang. 

Berikut jadwal Pertandingan Babak 16 besar Piala Dunia 2018 Hari Ini, Senin (02/07/18) dan Selasa (03/07/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA
 

InggrisHarry KanePiala Dunia 2018Gareth SouthgateJamie VardyBola Internasional

Berita Terkini