x

4 Pelatih yang Pantas Gantikan Hierro di Timnas Spanyol

Selasa, 3 Juli 2018 16:12 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Logo Timnas Spanyol.

Kisah perjalanan Spanyol di Piala Dunia 2018 benar-benar penuh kejutan. Setelah sebelumnya penuh optimisme sebelum turnamen berlangsung, La Furia Roja tiba-tiba menjadi tim pesakitan usai pelatih mereka, Julen Lopetegui, dilengserkan kurang dari dua hari sebelum kick off Piala Dunia 2018.

Baca Juga

Kejutan tak berhenti begitu saja. Setelah dengan susah payah lolos dari babak grup, tim bertabur bintang ini kandas dari tuan rumah, Rusia, yang notabene memiliki kualitas skuat di bawah mereka. 

Keraguan pun timbul mengenai kapasitas pelatih pengganti Lopetegui, yaitu Fernando Hierro. Kebetulan memang karena Hierro pun hampir dipastikan akan meninggalkan Timnas Spanyol karena harus kembali menjabat sebagai Direktur Olahraga di Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF).  

Dengan Hierro yang akan meninggalkan kursi kepelatihan, spekulasi terkait nama-nama pengganti pun bermunculan. 

Dikarenakan banyaknya pelatih Spanyol yang sudah memiliki klub, maka inilah empat pelatih yang paling mungkin untuk menggantikan Hierro sesegera mungkin di Timnas Spanyol.  


1. 1. Luis Enrique

Eks Pelatih Barcelona, Luis Enrique.

Luis Enrique lebih dari cukup untuk bisa mengemban jabatan pelatih kepala Timnas Spanyol. Ia terbukti mampu memberikan kesuksesan besar bagi Barcelona. Selain itu, ia kini juga sudah setahun menganggur dari dunia kepelatihan usai mengundurkan diri dari Barcelona setahun lalu. 

Enrique memang menyatakan ingin beristirahat sejenak dari dunia kepelatihan. Namun, saat ini sepertinya menjadi waktu yang tepat bagi Enrique untuk menerima tantangan baru. Apalagi, dirinya juga belum mendapat tawaran serius dari klub-klub besar Eropa. 

Enrique juga dianggap tahu betul dengan filosofi sepakbola Spanyol lantaran saat aktif bermain, dirinya pernah memperkuat tim nasional dan dua klub besar di negaranya, yaitu Real Madrid dan Barcelona. 


2. 2. Quique Sánchez Flores

Quique Sánchez Flores

Satu lagi pelatih muda yang memiliki prospek bagus adalah Quique Sánchez Flores. Pelatih berusia 53 tahun ini telah banyak menangani klub-klub La Liga, termasuk Valencia dan Atletico Madrid. Teranyar, Flores menangani tim kuda hitam, Espanyol. 

Flores memiliki musim yang hebat di tahun pertama bersama Espanyol. Sayang, di tahun keduanya, ia tak begitu berhasil. Walau begitu, Espanyol mencatatkan prestasi tersendiri sebagai tim medioker yang mampu mengalahkan Barcelona, Atletico Madrid, dan bahkan Real Madrid. 

Setelah dipecat pada April lalu, kini Quique Sánchez Flores sedang menganggur dan menunggu tawaran selanjutnya. Namanya layak dijadikan pertimbangan oleh RFEF. 


3. 3. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane menjadi pelatih legendaris Real Madrid.

Keberadaan Zinedine Zidane dalam nominasi ini memang tak lazim lantaran Spanyol terkenal jarang memakai pelatih asing. Sekalinya memakai pelatih asing, mereka memiliki darah latin (Uruguay) dan Filipina yang mana kental dengan budaya Spanyol.

Namun, mengingat kesuksesan besar Zidane selama di Spanyol (baik sebagai pemain dan pelatih), pria Prancis ini sangat mungkin dijadikan nominasi.

Zidane telah akrab dengan pilar-pilar Real Madrid yang juga adalah pemain Timnas Spanyol seperti Isco, Sergio Ramos, hingga Marco Asensio. Zidane bisa memaksimalkan peran pemain-pemain ini di Timnas Spanyol. 


4. 4 Quique Setién

Quique Setien saat masih di Las Palmas.

Mungkin nama ini terdengar asing. Hal itu dapat dimaklumi lantaran Setien lebih sering melatih klub kecil. Namun, bukan berarti ia adalah pelatih kacangan. 

Apa yang telah diperbuatnya di Las Palmas dan Real Betis menjadi bukti bahwa ia layak dijadikan calon kuat pelatih Timnas Spanyol. Bersama Setien, Real Betis dibawanya ke peringkat enam klasemen akhir musim 2017/18.

Gaya sepakbola menyerangnya dikagumi banyak orang. Namun, ada tantangan untuk mendatangkan dirinya. 

Saat ini Setien baru setahun di Real Betis. Tentunya Betis tak akan melepas Setien begitu saja.  

Jadwal Pertandingan Babak 16 besar Piala Dunia 2018 Hari Ini, Selasa (03/07/18) dan Rabu (04/07/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA
 

SpanyolZinedine ZidaneLuis EnriqueFernando HierroBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini