x

Hasil Pertandingan Persija vs PSM: Saling Berbagi Poin!

Jumat, 6 Juli 2018 20:36 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak

Persija Jakarta harus puas berbagi angka dengan tim tamu, PSM Makassar pada pekan ke-14 Liga 1 2018. Kedua tim bermain imbang 2-2 meski PSM sempat bermain dengan sepuluh pemain.


1. Babak Pertama

Guy Junior membobol gawang Persija di babak pertama.

Kedua tim langsung menunjukkan tempo permainan yang ketat sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Baik Persija Jakarta maupun PSM Makassar silih berganti melakukan serangan dengan mengandalkan kecepatan sisi sayap.

Sengitnya pertandingan terlihat dari kartu kuning cepat yang dikeluarkan wasit untuk gelandang PSM, Marc Klok pada menit ke-12. Setelahnya kedua tim terus berusaha menciptakan gol, namun belum juga membuahkan hasil akibat minimnya peluang yang di dapat.

PSM akhirnya mendapatkan kesempatan emas melalui momen serangan balik. Tendangan jarak jauh Guy Junior dimenit ke-36 bisa menemui sasaran, sayangnya masih dapat ditepis dengan baik oleh kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

Serangan bertubi-tubi yang dilakukan PSM akhirnya berbuah gol. Guy Junior yang berada di kotak penalti bisa menjebol gawang Persija setelah memanfaatkan blunder Andritany yang tak mampu menangkap bola crossing dengan baik.

Tertinggal satu gol, Persija berusaha meningkatkan tempo. Berawal dari situasi sepak pojok, Jaimerson bisa melakukan sundulan pada menit ke-42. Akan tetapi, bola masih jauh melayang di atas gawang. Menit berikutnya, giliran Zulham Zamrun dari PSM melakukan sepakan keras dari dalam kotak penalti tapi masih bisa diamankan oleh kiper Persija. Skor 1-0 ini pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

 


2. Babak Kedua

Selebrasi Jaimerson da Silva saat buat gol lawan Borneo FC.

Persija nampaknya ingin menyamakan kedudukan pada babak kedua. Mereka lantas memasukan pemain anyar, Ivan Carlos untuk berduet dengan Osas Saha. Strategi ini membuahkan hasil, dimana ada peluang di menit ke-47. Rohit Chand yang ada di depan gawang melepaskan sepakan, namun masih bisa ditepis kiper PSM.

Serangan Persija akhirnya membuahkan hasil. Osas Saha bisa menyamakan skor menjadi 1-1 setelah sundulannya tak bisa dihalau kiper lawan. Berawal dari serangan balik dimenit ke-51, sebuah umpan silang dari sisi kanan yang dilepaskan oleh Maman Abdurrahman bisa dikonversi menjadi gol oleh Osas Saha.

Setlah gol tersebut, Persija semakin meningkatkan serangan. Hasilnya, Jaimerson da Silva membuat Macan Kemayoran berbalik unggul setelah tendangan bebas langsung menit ke-59 menjadi gol. Tendangan roket nan keras milik pemain asal Brasil itu hanya membuat kiper PSM berdiri melongo.

Dalam keadaan tertinggal, PSM justru mendapat bencana dan bermain dengan sepuluh pemain. Serangan balik Persija yang dimotori Riko Simajuntak membuat lini belakang tim Juku Eja kelabakan. Hal itu membuat kapten Hendra Wijaya terpaksa melakukan pelanggaran dimenit ke-69 yang berbuah kartu kuning kedua atau kartu merah.

Kendati demikian, PSM tidak mau menyerah. Menit ke-89, PSM berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Sebuah sepak pojok di menit ke-86 menghasilkan kemelut di kotak penalti Persija dan berhasil dimanfaatkan menjadi gol oleh tendangan salto Steven Paulle. SKor 2-2 ini pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.


3. Posisi Klasemen

Para pemain Persija Jakarta melakukan jogging sebelum memulai latihan.

Dengan skor imbang ini, posisi Persija di tabel klasemen tidak mengalami perubahan. Macan Kemayoran ada di posisi keempat, dengan 21 poin dari 14 laga yang telah dimainkan. Sedangkan, PSM berada di peringkat kedua dengan 25 poin dari 14 pertandingan.

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung babak perempatfinal Piala Dunia 2018:

Persija JakartaPSM MakassarOsas SahaLiga IndonesiaGuy Junior Nke OndouaLiga 1Jaimerson da Silva Xavier

Berita Terkini