x

Stones Sebut Ada Pengaruh Guardiola di Timnas Inggris

Jumat, 6 Juli 2018 15:29 WIB
Editor: Juni Adi
John Stones.

Setelah beberapa tahun terakhir Inggris selalu jadi tim medioker di turnamen internasional, kini publik Negeri Ratu Elizabeth itu tengah gembira lantara timnas mereka sedang dalam performa gemilang.

Di Piala Dunia 2018, The Three Lions secara tidak terduga berhasil melangkah jauh hingga babak 8 besar saat ini. Padahal, dua edisi Piala Dunia sebelumnya, Inggris kerap kandas di 16 besar.

Menurut salah satu bek Inggris, John Stones penampilan apik timnya di Rusia tidak lepas dari peran pemain Manchester City, yang membawa pengaruh Pep Guardiola ke dalam skuat asuhan Gareth Southgate.

Baca Juga

 Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris


1. Pengaruh Pep Guardiola

John Stones dan Pep Guardiola.

Menurut salah satu bek Inggris, John Stones penampilan apik timnya di Rusia tidak lepas dari peran pemain Manchester City, yang membawa pengaruh Pep Guardiola ke dalam skuat asuhan Gareth Southgate.

The Citizens sendiri menyumbang empat pemain untuk Inggris, yakni John Stones, Raheem Sterling, Fabian Delph, dan Kyle Walker. Tiga diantaranya selalu jadi pilihan utama Southgate untuk dimainkan sebagai starter.

"Saya pikir ini adalah efek Pep - ia menanamkan itu kepada kami, dan kami mencoba membawa apa yang telah kami pelajari darinya ke dalam skuat Inggris," kata Stones.

"Dia membawa ide segar -bukan ke seluruh permainan- tetapi pada aspek-aspek tertentu. Semua pemain melakukan itu dari klub dan manajer mereka maisng-masing. Itulah mengapa saya pikir kami memiliki kombinasi pemain yang hebat."


2. Berkat Jasa Guardiola

Para pemain Inggris gembira menang penalti lawan Kolombia.

Sebelum turnamen, Guardiola sempat mengirim pesan pribadi kepada bek berusia 24 tahun itu. Ia berjanji akan menonton semua permainannya.

Penantian pelatih asal Spanyol itu nampaknya berbuah manis. Sebab, Stones tampil impresif di lini belakang Inggris, terutama saat membantu negaranya bermain imbang 1-1 dengan Kolombia, sebelum akhirnya melenggang ke perempatfinal untuk bertemu Swedia berkat menang adu penalti.

"Pada catatan pribadi, saya tidak akan berada di sini tanpa apa yang telah dia lakukan untuk saya selama dua tahun terakhir sebagai pemain dan sebagai pribadi," ungkapnya.


3. Berpeluang Juara Dunia

Harry Kane berusaha menggapai bola di depan gawang Kolombia.

Performa Inggris di Rusia saat ini kemudian dikait-kaitkan pada dua gelaran Piala Dunia sebelumnya, yakni Spanyol dan Jerman.

Saat itu, dua tim lokal yang berhasil menjuarai liga domestik yakni Barcelona dan Bayern Munchen kala itu sama-sama dilatih oleh Guardiola.

Baca Juga

Dan di tahun yang sama, para pemain di tim-tim juara tersebut berperan besar membawa Spanyol dan Jerman juara dunia 2010 dan 2014. 

Hal tersebut saat ini tengah dialami oleh Inggris, karena Manchester City yang menjuarai Liga Primer Inggris, para pemainnya berpengaruh besar di skuat Tiga Singa.

Berikut Jadwal Siaran Langsung 8 Besar Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

InggrisPiala DuniaPep GuardiolaPiala Dunia 2018John StonesBola Internasional

Berita Terkini