x

Sang Ayah Minta Ozil Pensiun dari Timnas Jerman

Minggu, 8 Juli 2018 21:21 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Mesut Ozil saat mengenakan seragam Timnas Jerman.

Mustafa Ozil, ayah dari Mesut Ozil, memberi saran kepada putranya itu untuk pensiun dini dari sepakbola internasional menyusul eliminasi prematur Jerman di Piala Dunia 2018.

Kegagalan di Rusia itu, di mana Jerman finis terbawah di fase grup yang berisikan Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan membuat Ozil menjadi sasaran empuk para pengkritik. 

Mustafa mengungkapkan, jika dirinya menjadi Mesut, ia lebih memilih untuk mengucapkan selamat tinggal kepada timnas. Menurut Mustafa, anaknya merasa kecewa dan tersinggung atas semua hal yang ditujukan banyak orang kepadanya.

Baca Juga

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR


1. Sudah Cukup

Mesut Ozil tampak kesal usai Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Pemain berusia 29 tahun itu juga dicemooh dalam pertandingan pra-turnamen saat tim asuhan Joachim Low mengalami kekalahan melawan Austria. Banyak pihak menyebut hal itu sebagai pertanda penderitaan Jerman setelah gagal melumpuhkan Meksiko dan Korea Selatan.

"Jika saya berada di posisi Mesut, saya akan mengatakan sekian dan terima kasih." 

"Jelas, dia kecewa. Kecewa karena penggemarnya sendiri melontarkan ejekkan, bahkan sebelum Jerman bertanding melawan Austria."

"Selalu muncul pernyataan 'jika kami menang, kami menang bersama, tetapi jika kami kalah, kami kalah karena Ozil'," kata pria berusia 50 tahun itu kepada Bild am Sonntag.


2. Jadi Kambing Hitam

Gelandang Tim Nasional Jerman Mesut Ozil.

Mustafa menambahkan, putranya selalu dijadikan kambing hitam atas kekalahan Timnas Jerman. Padahal, Ozil sudah membela timnas selama 9 tahun.

"Mesut sudah menjadi contoh selama bertahun-tahun. Situasinya tidak masuk akal. Dia mencintai Jerman dan telah menunjukkan komitmen kepada negaranya. Tapi lihat, ia justru dijadikan sebagai kambing hitam. Ini sangat tidak adil," tegas Mustafa.


3. Kasus dengan Presiden Turki

Playmaker Arsenal, Mesut Ozil dan Recep Tayyip Erdogan, Presiden Turki.

Selain performanya yang dianggap mengecewakan, playmaker Arsenal itu juga disorot negatif setelah ia dan Ilkay Gundogan berfoto bersama dengan presiden kontroversial Turki, Recep Tayyip Erdogan. Mustafa menyesalkan hal itu, namun sang ayah juga memberikan pembelaan.

"Ini bukan foto pertama Mesut dengan Erdogan. Hal itu tidak ada kaitannya dengan politik atau semacamnya."

"Mesut hanyalah seorang pendiam dan pemalu. Bagaimana mungkin ia bisa menolak ajakan berfoto dari Erdogan?" imbuh Mustafa.

Sekali lagi, Mustafa menegaskan bahwa putra tercintanya adalah atlet profesional yang hanya ingin bermain sepakbola. 

Penulis: Elizabeth Ayudya

Berikut Jadwal Babak Semifinal Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

JermanMesut OzilBola Internasional

Berita Terkini