x

Piala Dunia 2018: Bek Kroasia Bantah Lakukan Selebrasi Bermuatan Politis

Senin, 9 Juli 2018 11:06 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Lanjar Wiratri

Lagi-lagi selebrasi bermuatan politis kembali tercipta di Piala Dunia 2018. Kali ini bek Kroasia Domagoj Vida yang kena batunya. Setelah timnya mengalahkan tuan rumah Rusia lewat adu penalti di delapan besar, ia diduga mengucapkan kalimat 'Jaya Ukrania' dalam video yang diunggahnya.

Video tersebut sontak viral dan memicu kritik dari para politisi Rusia dan komite disiplin FIFA. Hubungan Rusia dengan Ukraina memburuk sejak Rusia mengakusisi Crimea pada 2014 menyusul aksi kelompok pro-Rusia yang menguasai parlemen lokal.

Domagoj Vida dan Ognjen Vukojevic dalam video mereka.

Pemerintah Ukraina menuduh Rusia mempersenjatai gerakan separatis pro-Rusia yang menguasai sebagian wilayah timur negara itu, dan mendukung kelompok separatis dengan pasukan militer Rusia.

Vida pernah bermain untuk klub Ukraina Dynamo Kiev bersama dengan eks pemain yang saat ini menjadi staf kepelatihan Ognjem Vukojevic. Sebagaimana dilansir di laman Reuters, Vida menyayangkan pemberitaan yang salah menafsirkan pesan yang disampaikan lewat video.

Baca Juga

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR.

“Kami tidak bermaksud menyinggung siapapun. Sepanjang karier saya, saya punya rekan dari berbagai negara dan saya menghormati mereka. Saya punya banyak teman di Ukraina dan beberapa teman saya ada di Rusia-saya bangga pada mereka,”ujar bek yang mencetak gol di babak perempatfinal Piala Dunia 2018 tersebut.

Pemain berambut gondrong ini berharap pesannya tidak disalahartikan. Apa yang diucapkan adalah semata-mata rasa terima kasih untuk dukungan teman-teman di Ukraina (untuk timnas Kroasia), tidak hanya untuk laga melawan Rusia waktu itu, tetapi selama Piala Dunia 2018.

Kroasia tampil mengejutkan di Piala Dunia 2018 ini. Mampu mengalahkan Argentina di laga fase grup dan menjadi juara grup, namun Luka Modric dan rekan harus susah payah mengalahkan Denmark dan Rusia lewat adu penalti di 16 dan delapan besar.

Baca Juga

Di semifinal, Kroasia sudah ditunggu Inggris. Mereka akan berhadapan di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (11/07/18), atau Kamis dini hari WIB.

Berikut Tim-tim yang Berhasil Lolos ke Fase Semifinal Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

KroasiaRusiaPiala Dunia 2018Bola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini