x

Piala Dunia 2018: Wasit Kontroversial Pimpin Kroasia vs Inggris

Selasa, 10 Juli 2018 13:26 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Cuneyt Cakir telah ditunjuk sebagai wasit laga semifinal Piala Dunia 2018 antara Kroasia melawan Inggris.

Dilaporkan dari Daily Mail, wasit asal Turki, Cuneyt Cakir terpilih menjadi wasit yang akan memimpin pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 antara Kroasia melawan Inggris yang akan berlangsung pada Kamis (12/07/18) di Stadion Luzhniki.

Laga Krosia melawan Inggris ini menjadi pertandingan ketiga yang dipimpin oleh Cakir di Piala Dunia 2018. Sebelumnya ia sudah memimpin 2 laga babak penyisihan grup, yakni antara Maroko vs Iran dan Nigeria vs Argentina.

Wasit Cuneyt Cakir dikenal sebagai salah satu wasit yang kontroversial di dunia. Ia telah memimpin banyak pertandingan resmi FIFA dan tidak banyak pula yang mengaku kesal dengan pertandingan yang ia pimpin.

Baca Juga

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR


1. Dikritik Obi Mikel

Handball Marcos Rojo saat menerima bola dari pemain Nigeria di Piala Dunia 2018.

Saat pertandingan antara Nigeria melawan Argentina, Cakir disebut menjadi salah satu penyebab kekalahan The Super Eagles dari Messi dan kolega.

Di laga itu Cakir mengeluarkan 9 kartu kuning dan menolak memberikan penalti kepada Nigeria setelah Marcos Rojo terlihat handball melalui VAR. Hal tersebut juga membuat ia mendapatkan kritik pedas dari sang kapten, John Obi Mikel.

"Aku tidak mengerti bagaimana itu bukan penalti," kata Mikel.

“Dia melihat VAR. Saya bertanya kepadanya, "Apakah itu mengenai tangan?" Dia berkata "Ya". Tapi mengapa itu bukan penalti. Dia bilang dia tidak tahu.”


2. Rusak Pertandingan Eropa Terakhir Ferguson

Cuneyt Cakir pernah menjadi wasit dalam laga Real Madrid vs Manchester United di Liga Champions 2012/13 lalu.

Selama menjalani profesi sebagai wasit, Cakir sendiri dikenal sebagai sosok yang kerap mengambil keputusan kontroversial. Salah satu klub yang pernah merasakan keputusan absurd Cakir adalah Manchester United.

Cakir juga adalah wasit yang memimpin pertandingan Liga Champions terakhir Sir Alex Ferguson bersama Manr United pada 2013 lalu di babak 16 besar kontra Real Madrid.

Saat itu, Cakir memberi kartu merah ke Luis Nani yang dianggap mengangkat kaki terlalu tinggi. Akibatnya, Setan Merah kalah agregat 2-3 dari Madrid.


3. Kartu Merah

John Terry mendapatkan kartu merah dari Cakir.

Nani sendiri bukan satu-satunya pemain yang pernah mendapat kartu merah langsung dari kantong seorang Cakir.

Pemain lain yang pernah mendapatkan kartu merah dari tangan Cuneyt Cakir antara lain adalah John Terry, Garry Cahil, dan Steven Gerrard.

Berikut Jadwal Lengkap Semifinal Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Penulis: Dimas Ramadhan

KroasiaInggrisPiala DuniaPiala Dunia 2018WasitBola InternasionalCuneyt CakirSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini