x

5 Angka Ajaib Usai Prancis ke Final Piala Dunia 2018

Rabu, 11 Juli 2018 10:10 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pendukung Prancis yang datang langsung saat melawan Belgia.

Prancis memastikan satu tempat di final setelah mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0 di semifinal yang berlangsung di St.Petersburg, Rabu (11/07/18)  dini hari WIB. Samuel Umtiti menjadi pahlawan dengan mencetak gol lewat sundulan di paruh kedua.

Pelatih Prancis Didier Deschamps tentu ingin menebus kegagalan dua tahun lalu saat kalah di final Piala Eropa 2016 melawan Portugal (saat Prancis menjadi tuan rumah). Ini waktunya ia berhasil menjadi pemain sekaligus pelatih yang membawa timnya menjadi juara dunia.

Ya, di ajang Piala Dunia 1998, Deschamps dan rekan-rekannya di Timnas Prancis saat itu berhasil mengangkat trofi juara setelah melibas Brasil dengan skor telak 3-0.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris


1. 0

Dari tiga pertemuan di Piala Dunia, Prancis selalu mampu mengalahkan Belgia.

Belgia belum pernah menang melawan Prancis selama Piala Dunia digelar. Prancis mengalahkan Belgia pertama kali di babak pertama Piala Dunia 1938.

Lalu di Piala Dunia 1986, Prancis yang masih diperkuat Michel Platini mengalahkan Belgia 4-2 di perebutan tempat ketiga. Dan, di semifinal Piala Dunia 2018, Belgia dengan generasi emasnya kembali kalah atas Tim Ayam Jantan.


2. 3

Samuel Umtiti saat merayakan gol ke gawang Belgia.

Samuel Umtiti menjadi bek Prancis ketiga yang mencetak gol di Piala Dunia 2018 sekaligus gol pertama di laga kompetitif.

Sebelumnya ada dua pemain Prancis lain yang sudah membuat catatan tersebut, yakni Benjamin Pavard (vs Argentina) dan Raphael Varane (vs Uruguay). 


3. 4

Didier Deschamps, pelatih Timnas Prancis.

Deschamps menjadi orang keempat yang membawa Timnas negaranya ke final Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Sebelumnya ada Franz Beckenbauer (1974,1990), Mario Zagallo (1970,1994) dan Rudi Voeller (1990, 2002).

Hanya nama terakhir yang gagal meraih gelar sebagai pelatih. Tentunya Decschamps ingin menyamai prestasi Der Kaizer dan Zagallo.


4. 6

Kecupan mesra dari Giroud usai Samuel Umtiti berhasil mencetak gol.

Prancis adalah tim keenam yang setidaknya sudah mencapai final sebanyak tiga kali, sama seperti Belanda. Prestasi ini hanya bisa ditandingi Jerman (delapan), Brasil (tujuh), Italia (enam) dan Argentina (lima).


5. 12

Selebrasi pemain Prancis pasca mencetak gol ke gawang Australia di Piala Dunia 2018.

Prancis berhasil ke final Piala Dunia lagi setelah 12 tahun. Tahun 2006 di Piala Dunia Jerman, mereka ke final dengan mengalahkan Portugal.

Baca Juga

Namun, kalah di final lewat adu penalti melawan Italia (plus dengan tandukan Zinedine Zidane yang lebih menarik perhatian ketimbang final itu sendiri). Dan ini adalah final ketiga Prancis di Piala Dunia.

Berikut Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Dunia 2018: Kroasia vs Inggris

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

PrancisBelgiaPiala DuniaDidier DeschampsRaphael VaranePiala Dunia 2018Bola InternasionalSamuel UmtitiSerba-Serbi Piala Dunia 2018Listicle Piala Dunia 2018TRIVIABenjamin Pavard

Berita Terkini