x

Meski Gagal, Argentina Tetap Kirimkan Wakil ke Final Piala Dunia 2018

Jumat, 13 Juli 2018 12:20 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ilustrasi logo Piala Dunia 2018 di Rusia.

Partai final Piala Dunia 2018 sudah dipastikan akan mempertemukan Tim unggulan Prancis yang akan menghadapi kuda hitam Kroasia, Minggu (15/07/18).

Selain itu otoritas tertinggi sepakbola dunia, FIFA juga telah mengumumkan nama pengadil lapangan yang akan memimpin pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Luzhniki itu.


1. Wakil Argentina

Nestor Pitana wasit yang akan memimpin laga permbukan Piala Dunia 2018.

Secara resmi FIFA telah menunjuk wasit asal Argentina, Nestor Fabian Pitana sebagai sosok yang akan memimpin pertandingan paling akbar sepakbola dunia tersebut.

Dipercaya pada pertandingan penting, wasit 43 tahun itu memang sudah memiliki banyak pengalaman di level internasional. Mulai dari memimpin pertandingan di Piala Dunia 2014, Copa Amerika 2015 hingga beberapa pertandingan di Piala Dunia 2018 saat ini.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris
 


2. Laga Kedua Pitana

Aleksandr Golovin saat ingin mengirimkan umpan dalam laga Rusia vs Arab Saudi.

Memimpin pertandingan Prancis menghadapi Kroasia di stadion Luzhniki, hal tersebut akan menjadi pengalaman kedua bagi Pitana memimpin pertandingan di stadion terbesar di Rusia itu.

Sebelumnya Pitana juga berkesempatan merasakan rumput Luzhniki saat memimpin partai pembuka antara Rusia menghadapi Arab Saudi yang berakhir 5-0 bagi tuan rumah pada 14 Juni 2018 lalu.


3. 2 Kali Pimpin Prancis dan Kroasia

Nestor Pitana saat memimpin laga perempatfinal antara Prancis menghadapi Uruguay

Laga final nanti akan menjadi pertandingan ke lima yang akan dipimpin Pitana di Piala Dunia 2018. Selain laga pembuka dirinya pernah juga memimpin pertandingan fase grup F antara Meksiko menghadapi Swedia yang berakhir tiga gol tanpa balas untuk kemenangan Swedia.

Uniknya, dua laga lain yang pernah di pimpin Pitana adalah pertandingan dua negara finalis di fase sebelumnya. Yaitu ketiga Prancis bertemu Uruguay di babak perempatfinal dan pertandingan Kroasia menghadapi Denmark di fase 16 besar.


4. Wasit Kedua Argentina

Wasit Argentina Horacio Elizondo saat pimpin partai final Piala Dunia 2006.

Dalam sejarah Piala Dunia, Pemilihan Pitana ini sekaligus membuat dirinya menjadi wasit kedua asal Argentina yang diberi kehormatan memimpin final Piala Dunia.

Sebelumnya ada nama Horacio Elizondo yang dipercaya memipin final Piala Dunia 2006 yang berakhir dramatis untuk kemenagan Italia atas Prancis.

Di partai puncak Piala Dunia 2018 nanti, Pitana akan didampingi Hernan Maidana dan Juan Belatti sebagai asisten, serta Bjorn Kuipers yang menjadi wasit keempat.

Berikut Dua Tim yang Berhasil Masuk ke Babak Final Piala Dunia 2018:

 

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA
 

KroasiaPrancisArgentinaPiala DuniaPiala Dunia 2018WasitBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini