x

Sadis! Ini 7 Pelatih yang Jadi Korban Keganasan Putaran Pertama Liga 1

Jumat, 13 Juli 2018 13:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
LOGO LIGA 1.

Tak terasa kompetisi Gojek Liga 1 2018 sudah mendekati paruh putaran pertama. Kompetisi yang dimulai dari 23 Maret 2018 itu kini sudah memasuki pekan ke-15. 

Liga tertinggi sepakbola tanah air ini menyajikan persaingan ketat di mana tak ada tim yang benar-benar mendominasi papan atas.

Baca Juga

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR

Pimpinan klasemen saat ini, Barito Putera (27 poin), hanya berselisih lima angka dari peringkat ke-9, Persipura Jayapura. Tak hanya papan atas, tim-tim di papan tengah dan bawah pun memiliki selisih poin tipis. 

Ketatnya persaingan yang tersaji di putaran pertama Liga 1 ini pun memakan korban pemecatan. Sederat pelatih papan atas menjadi sasaran pemecatan. Total ada tujuh pelatih kepala yang tak lagi menempati jabatannya. 


1. 1. Pemecatan

Iwan Setiawan hanya beberapa minggu melatih Borneo FC.

Tercatat ada 6 pelatih yang menjadi korban pemecatan. Bahkan pemecatan sudah terjadi sebelum Liga 1 bergulir. Kejadian ini menimpa eks pelatih PSIS, Subangkit, yang dipecat pada 15 Maret 2018.

Tak lama setelah Subangkit, pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan, dipecat manajemen lantaran terlibat perselisihan dengan suporter Pesut Etam. Padahal laga baru berjalan beberapa pekan. 

Memasuki bulan Mei, giliran pelatih Arema, joko Susilo, yang diturunkan jabatannya dari pelatih menjadi asisten pelatih. Memang Joko tak dipecat dari Arme, namun yang jelas ia tak lagi jadi pelatih kepala karena digantikan Milan Petrovic. 

Pemecatan juga menjalar tim di papan bawah ketika PS TIRA memutuskan menghentikan kerjasama dengan Rudy Priambada pada 31 Mei lantaran dirinya tak juga mampu mengantarkan kemenangan bagi tim. 

Rudi Eka Priyambada di konferensi PS TNI vs Madura United di Piala Presiden 2018.

Klub papan atas, Persipura Jayapura, juga memecat pelatihanya, Peter Butler, di putaran pertama ini. Butler dicepat seiring dengan rentetan kekalahan yang menimpa Persipura.


2. 2. Dilepas Tim

Rahmad Darmawan tak lagi melatih Sriwijaya FC.

Ada juga pelatih yang diberhentikan bukan karena alasan prestasi di Liga 1 2018 sejauh ini. Nama itu adalah Rahmad Darmawan. Rahmad Darmawan merupakan pelatih teranyar yang harus meninggalkan jabatannya di putaran pertama ini. Pelatih yang akrab disapa RD itu sudah tidak lagi melatih Sriwijaya FC terhitung pada Jumat (13/07/18).

RD terpaksa dilepas Sriwijaya lantaran manajemen Laskar Wong Kito tak mampu membayar gajinya selama dua bulan. Sriwijaya mengalami persoalan keuangan di putaran pertama ini. 

Tak hanya RD, jajaran pelatih Sriwijaya pun juga kena imbas. Bahkan, sejumlah pemain top seperti Hamka Hamzah, Adam Alis, dan N'Diaye juga ikut dilepas. Bersama RD, Sriwijaya saat ini ada diperingkat tiga klasemen sementara.


3. 3. Daftar Lengkap

Eks Pelatih Madura United, Milomir Seslija.
   Klub Nama Pelatih Status Tanggal Diberhentikan Pengganti
PSIS Semarang Subangkit Dipecat 15 Maret 2018 Vincenzo Annese
Borneo FC Iwan Setiawan Dipecat 21 Maret 2018 Dejan Antonic
Arema FC Joko Susilo Diturunkan menjadi asisten  14 Mei 2018 Milan Petrovic
PS TIRA Rudy Priyambada Dipecat 31 Mei 2018 Nil Maizar
Madura United Milomir Seslija Dipecat 1 Juni 2018 Gomes de Olivera
Persipura Peter Butler Dipecat 21 Juni 2018 Amilton Silva
Sriwijaya FC Rahmad Darmawan Dilepas Tim 13 Juli 2018 __________

Berikut Dua Tim yang Berhasil Masuk ke Babak Final Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Rahmad DarmawanJoko SusiloIwan SetiawanLiga IndonesiaRudy Eka PriyambadaLiga 1

Berita Terkini