x

Prancis Paling Berpengaruh untuk Piala Dunia, Setuju?

Sabtu, 14 Juli 2018 10:30 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Prancis Paling Berpengaruh untuk Piala Dunia

Dalam dua dekade terakhir, Prancis telah menjadi negara yang paling banyak menyumbang talenta di Piala Dunia, ketimbang negara-negara lain. Bahkan, fakta ini tidak terhitung saat mereka menang di rumahnya sendiri, pada Piala Dunia 1998.

Data yang dihitung oleh RunRepeat sejak Piala Dunia 2002 silam, hingga Piala Dunia 2018 yang segera berakhir, ternyata judul ini ada benarnya. Apa saja buktinya?

Berikut INDOSPORT lampirkan data-data pendukung yang membuat Anda setuju dengan judul kami di atas.

Baca Juga

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris


1. 52 Pemain di Piala Dunia 2018 Lahir di Prancis

Grafik para pemain kelahiran Prancis dalam 5 Piala Dunia terakhir.

Data pertama yang cukup kuat adalah, 52 pemain di Piala Dunia 2018 ternyata lahir di Prancis. 

Data yang dilampirkan oleh RunRepeat ini, diambil sejak Piala Dunia 2002 silam hingga sekarang, yang menghitung setiap 23 pemain dan satu pelatih kepala dari 32 negara yang bersaing di masing-masing lima edisi Piala Dunia hingga kini.

Dari gambar di bawah ini saja, dalam lima edisi Piala Dunia yang dihitung, tercatat bahwa sebanyak 216 pemain tercatat lahir di Prancis. Diikuti oleh Brasil yang tercatat 148 pemain berasal dari Negeri Samba itu.

Para pemain dalam 5 Piala Dunia terakhir yang lahir di Prancis.

2. Para Pemain Piala Dunia Kebanyakan Lahir di Paris

Kylian Mbappe selebrasi usai membobol gawang Argentina.

Dari 216 pemain yang tercatat kelahiran Prancis dalam 5 Piala Dunia terakhir, sebanyak 60 pemain ternyata lahir di Paris, masih menurut RunRepeat.

Seperti yang terlihat dalam diagram, bahkan Paris mengalahkan kota-kota yang sejak dulu terkenal menghasilkan para pesepakbola bertalenta, seperti Buenos Aires, Argentina dan Montevideo, Brasil.

Ketika didasarkan pada rasio populasi kota atau negara, Piala Dunia 2002 Paris memang masih hanya 6% menyumbang pemain. Tapi, pada 2018, mereka langsung melunjak hingga 10%, dengan sebanyak 7 pemain yang ada di Timnas Prancis saat ini lahir di Paris.

Jumlah pemain yang lahir di Paris:

Para pemain dalam 5 Piala Dunia terakhir yang lahir di Paris.

3. Para Pemain Kelahiran Paris di Rusia Hampir Seharga Rp8 Triliun

Paul Pogba, gelandang serang Timnas Prancis.

Seperti nama kota kelahirannya, Paris, mahal dan glamour. Begitu juga dengan para pemain yang lahir di Paris, mereka memiliki harga pasar yang terbilang cukup mahal, tidak murah.

RunRepeat kembali mencatat bahwa harga para pemain yang lahir di Paris mencapai sebesar 482,5 juta euro atau sekitar Rp7,9 triliun. Untuk hal ini, tidak perlu heran lagi jika melihat investasi besar-besaran yang dilakukan oleh grup Oryx Qatar Sports Investment pada Paris Saint-Germain sejak 2011 lalu.

Belum lagi, dua musim terakhir, Paul Pogba juga masuk dalam salah satu pemain dengan rekor transfer termahal saat gabung Manchester United, dengan nilai transfer sebesar 110 juta euro.

Berikut Daftar Harga Para Pemain Piala Dunia yang Lahir di Prancis:

Berikut harga para pemain yang lahir di Paris dalam 5 Piala Dunia terakhir.

4. Semua Karena Perbedaan yang Dimiliki Paris

Kylian Mbappe tertawa ngakak di sesi latihan timnas Prancis

Untuk menghindari kebijakan naturalisasi yang dilakukan salah atau berlebihan, FIFA pun membuat sebuah peraturan ketat terkait hal ini. Mereka mengumumkan bahwa seorang pemain setidaknya harus memiliki orang tua, atau kakek dan nenek yang lahir di negara pilihannya.

Baca Juga

Tapi, dengan perbedaan yang dimiliki oleh Prancis, dan khususnya Paris, mendapatkan kewarganegaraan tanpa harus melanggar peraturan FIFA, sangatlah mudah. Sangat banyak imigran dari negara luar dan juga benua-benua seperti Afrika yang mencari peruntungan di Paris.

Berikut Para Pemain Kelahiran Paris dengan Negaranya Masing-masing di Piala Dunia 2018

Para pemain Paris dengan negaranya masing-masing di Piala Dunia 2018.

Dengan berbagai data yang sudah dijelaskan di atas, nampaknya, benar bahwa Prancis negara paling berpengaruh di Piala Dunia dalam 5 edisi terakhir. Sudah setuju?

Berikut Perebutan Posisi ke-3 dan Final Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

PrancisPiala DuniaPaul PogbaPiala Dunia 2018

Berita Terkini