x

5 Hal yang Patut Ditunggu dari Laga Prancis vs Kroasia

Minggu, 15 Juli 2018 16:33 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Laga Prancis vs Kroasia

Partai puncak Piala Dunia 2018 akhirnya tiba. Tinggal dua negara yang berpeluang menjadi juara Piala Dunia Rusia, yaitu Prancis dan Kroasia. Apapun hasilnya, tim Eropa dipastikan akan menjadi yang terbaik di dunia lagi. 

Prancis tak asing dengan final Piala Dunia di mana mereka mampu tiga kali mencapainya dalam enam tahun terakhir. Sementara Kroasia baru pertama kali mencicipi partai final Piala Dunia. 

Baca Juga

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Dalam sejarahnya, kedua tim pernah bertemu sebanyak lima kali di mana Prancis tak terkalahkan dengan rekor tiga kali menang dan 2 kali seri. 

Berikut ini kami paparkan lima hal yang patut ditunggu dari laga level tinggi antara Prancis vs Kroasia. 


1. 1. Kehebatan Wonderkid Prancis, Kylian Mbappe

Kylian Mbappe berselebrasi setelah berhasil mencetak gol ke gawang Argentina.

Kylian Mbappe mungkin menjadi pemain yang paling dibicarakan di Piala Dunia kali ini. Performa gemilangnya yang ditunjukkan di Rusia telah membuat fans sepakbola berdecak kagum. Selain gaya bermain yang elegan, di Rusia ini ia sudah mencetak tiga gol dari enam laga.

Hebatnya lagi, ia mencapainya dengan usia baru 19 tahun. Mbappe menjadi pemain termuda Prancis yang mencatak gol di Piala Dunia. Mbappe pun siap menjadi remaja bernilai termahal di dunia sepakbola. Ia juga berpeluang menjadi remaja kedua yang menjuarai Piala Dunia setelah Pele di tahun 1958 (usia 17 tahun). Menyenangkan untuk melihat perkembangan Mbappe di laga sebesar final Piala Dunia nanti. 


2. 2. Luka Modric vs N'Golo Kante - Pertempuran Lini Tengah

Luka Modric (tengah) mencoba melewati dua pemain Rusia.

Kisah Luka Modric layaknya sebuah dongeng. Tumbuh di negara konflik dan dicap tak layak bermain sepakbola karena tubuhnya yang lemah, Modric akhirnya mampu memimpin Kroasia di final Piala Dunia 2018. 

Penampilan apik Modric di Real Madrid ditularkan ke Timnas Kroasia. Di Rusia, ia menjadi salah satu pemain tengah terbaik dunia. 

Kemampuannya dalam membaca dan merubah arah pertandingan membuatnya sangat berbahaya. Prancis jelas harus memberikan penjagaan ekstra untuk Modric jika ingin juara Piala Dunia. 

Pemain tengah Prancis, N'Golo Kante, sangat mungkin untuk diandalkan menjadi antitesis Luka Modric. Kante menjadi pemain Prancis dengan performa paling stabil di Piala Dunia 2018. Sama dengan Modric, ia juga bertumbuh dari tempat terbawah. Mulai dari pemain divisi enam hingga mampu menjuarai Premier League dan tampil di final Piala Dunia, Kante menunjukkan bahwa dirinya adalah sosok berdedikasi dan pekerja keras. Kante akan menjadi sosok vital dalam misi Prancis memboyong trofi Piala Dunia keduanya. 


3. 3. Kekuatan Lini Serang Milik Prancis dan Kroasia

5 Hal yang patut ditunggu dari Laga Prancis vs Kroasia.

Prancis dan Kroasia adalah dua tim yang memiliki kekuatan menyerang yang berbahaya baik itu saat serangan balik, maupun saat menguasai bola. Akan menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk melihat permainan menyerang kedua tim. 

Kekuatan serang Prancis bermuara pada seorang Olivier Giroud yang dipasang sendirian di depan. Walau belum mencetak gol, Giroud tetap berbahaya karena memiliki kemampuan untuk menjemput bola dan juga menahan bola dengan kakinya. 

Sementara itu Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann memiliki peluang untuk memporakporandakan sistem pertahanan Kroasia. Di belakang mereka ada N'Golo Kante yang siap bekerja sama dengan Paul Pogba dan Matuidi untuk menjaga penguasaan bola. 

Selain itu, kehadiran Thomas Lemar, Nabil Fekir, dan Ousmane Dembele dari bangku cadangan hampir dipastikan membuat serangan Prancis tak terhentikan. 

Di sisi lain, Kroasia memiliki sosok berpengalaman seperti Mario Mandzukic di lini depan yang sering secara tak terduga mencetak gol spektakuler. Mandzukic sangat dimanjakan dengan kehadiran Ante Rebic dan Ivan Perisic yang sering memberikan umpan-umpan berbahaya ke pertahanan lawan. 

Di lini kedua, Kroasia memiliki Luka Modric yang berpasangan dengan Ivan Rakitic yang tampil visioner untuk membantu lapangan tengah. Di bangku cadangan, ada nama Mateo Kovacic dan Andrej Kramaric yang siap jadi super sub. 


4. 4. Dinding Pertahanan Prancis

Samuel Umtiti saat merayakan gol ke gawang Belgia.

Prancis adalah tim komplit yang memiliki lini serang tajam dan pertahanan yang relatif kuat. Prancis membuktikan mampu tampil clean sheet melawan Belgia yang terkenal memiliki lini serang berbahaya. 

Lini pertahanan Prancis digalangi oleh Raphael Varane yang menjelma menjadi salah satu bek terbaik di dunia usai menembus Starting XI Real Madrid. Varane berpasangan dengan bek andalan Barcelona, Samuel Umtiti yang performanya terus menanjak. 

Di bek kanan ada Benjamin Pavard yang tampil apik sejauh ini. Pemain yang namanya kurang terdengar di sepakbola Eropa ini mengejutkan dunia lewat tendangan volley melintirnya ke gawang Argentina. 

Di sisi kiri terdapat salah satu bek terbaik di Liga Spanyol, Lucas Hernandez. Bersama Atletico Madrid, Hernandez membangun sistem pertahanan terkuat di liga mengalahkan Barcelona. 


5. 5. Obsesi Seorang Antoine Griezmann untuk Mengangkat Trofi Piala Dunia

Griezmann Pemain Timnas Prancis

Antoine Griezmann mampu menjawab segala kritik dengan menjadi salah satu pemain paling menonjol dalam dua tahun terakhir. Di level Timnas, ia telah membawa Prancis ke final Piala Eropa 2016 dan final Piala Dunia 2018. Di level klub, ia mampu membawa Atletico menjadi salah satu tim terbaik di Eropa. 

Namun, dalam kariernya, Griezmann diliputi sejumlah kekecawaan. Ia pernah gagal menjuarai Liga Champions Eropa usai dikandaskan Real Madrid di final tahun 2016. Ia juga gagal mewujudkan mimpi Prancis menjuarai Piala Eropa 2016. 

Menjuarai Piala Dunia 2018 akan menjadi kisah sempurna bagi Antoine Griezmann. Di kejuaraan ini ia mencetak tiga gol dan dua assists. Bahkan menjadi favorit mendapatkan titel pemain terbaik di turnamen. 

Maka tak ada lagi hal yang lebih diinginkan Griezmann dari Piala Dunia saat ini. Dalam sebuah interview, ia pernah mengatakan akan memberikan segalanya untuk trofi Piala Dunia. 

Berikut Jadwal Siaran Langsung Final Piala Dunia 2018: Prancis vs Kroasia:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

KroasiaPrancisPiala Dunia 2018Bola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini