x

5 Laga Terbaik di Piala Dunia 2018

Minggu, 15 Juli 2018 15:11 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi Cristiano Ronaldo setelah membobol gawang Spanyol di Piala Dunia 2018.

 Piala Dunia 2018 sudah mendekati akhir. Tinggal dua tim yang tersisa untuk memenangkan lambang supremasi tertinggi sepak bola dunia, yaitu Prancis dan Kroasia

Piala Dunia 2018 menghadirkan banyak kejutan. Kekuatan tradisional sepak bola dunia mendapat ujian terberatnya di gelaran kali ini. Juara bertahan Jerman harus rela menjadi juru kunci grup usai ditumbangkan Korea Selatan. 

Baca Juga

Raksasa sepakbola Amerika Latin, Argentina, juga harus dipermalukan oleh Kroasia 3-0. Bahkan, negara dengan liga sepak bola terbaik dunia seperti Spanyol harus tunduk dari Rusia. Namun, dari sekian banyak kejutan, masuknya Kroasia ke final adalah yang terbesar di antaranya. 

Dari semua laga yang telah dimainkan sejak fase grup hingga semifinal, tentunya ada laga-laga yang sulit untuk dilupakan. Berikut ini kami pilihkan lima laga terbaik di Piala Dunia 2018 sejauh ini. 

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR


1. 5. Jerman 2-1 Swedia

Timnas Jerman merayakan gol kedua yang dicetak Toni Kroos ke gawang Swedia.

Laga melawan Swedia menjadi pertandingan yang wajib dimenangkan Jerman untuk dapat menjaga peluang lolos dari fase grup. Namun, pada kenyataannya, laga ini berjalan sulit untuk Der Panzer. 

Tanda-tanda kejatuhan Jerman sudah terlihat sejak mereka ditumbangkan oleh Meksiko pada laga perdana. Melawan Swedia yang notabene tak diunggulkan, Mesut Ozil dkk nyatanya harus kesulitan. 

Swedia memainkan pertahanan yang sangat baik di bawah komando kapten mereka, Andres Granqvist. Bahkan, Swedia mencetak gol terlebih dahulu di babak pertama yang mana semakin memberikan tekanan untuk Jerman. 

Intensitas serangan Jerman meningkat berlipat-lipat di babak kedua. Marco Reus dan Toni Kroos menjadi motornya. Harapan Jerman membumbung setelah Reus mencetak gol penyeimbang. 

Kiper Swedia membuat sejumlah penyelamatan gemilang. Ketika laga akan berakhir seri, tiba-tiba Kroos mencetak gol indah melalui skema tendangan bebas. Gol ini pun membuat stadion bergemuruh. Tendangan Kroos akan diingat sebagai salah satu momen terheboh di Piala Dunia 2018. 


2. 4. Kroasia 2-2 Rusia (6-5 Skor Adu Penalti)

Kroasia merayakan kemenangan lewat drama adu penalti melawan Rusia di Piala Dunia 2018.

Tim Kroasia mendapatkan perlawanan alot dari tuan rumah Rusia di babak perempatfinal. Petandingan dengan intensitas tinggi terjadi di laga ini. Semua kualitas dari kedua tim dikeluarkan.

Banyak yang memprediksi Rusia akan tampil bertahan seperti saat melawan Spanyol. Namun, nyatanya Rusia bermain menyerang melawan Kroasia. Rusia pun memimpin terlebih dahulu melalui Denis Cherysev. 

Gol Rusia direspon oleh Kroasia melalui gol Andrej Kramaric hasil dari assist Mario Mandzukic. 

Babak kedua berjalan lebih intens di mana kedua tim telah merubah sejumlah susunan pemain. Di babak extra time, Domagoj Vida membuat publik Kroasia bersorak. Namun, secara dramatis, Rusia berhasil menyamakan kedudukan melalui gol tendangan bebas. 

Drama terjadi ketika Luka Modric mendapat hadiah penalti. Luka Modric yang diharapkan dapat mengeksekusi dengan baik ternyata gagal melakukan tugasnya. Laga pun dilanjutkan ke babak penalti. Luka Modric harus bersyukur karena akhirnya Kroasia memenangkan drama adu penalti ini. 


3. 3. Brasil 1-2 Belgia

De Bruyne melepaskan tembakan yang bderujung gol kedua untuk Belgia di laga kontra Brasil pada Piala Dunia 2018.

Brasil difavoritkan untuk menjadi juara Piala Dunia 2018. Di laga perempatfinal melawan Belgia pun mereka diunggulkan. 

Namun, kenyataan yang terjadi berbeda. Belgia bermain sangat menyerang usai gol bunuh diri yang dicetak pemain pelapis Brasil, Fernandinho. Trio lini depan Belgia, Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne, dan Eden Hazard benar-benar memberikan mimpi buruk bagi barisan pertahanan Brasil.

Gol kedua pun berhasil tercipta melalui kerjasama tiga pemain ini. Lukaku memenangkan bola di tengah dan langsung mengopernya pada Kevin De Bruyne yang maju ke depan. De Bruyne pun dengan mantap mengarahkan bola ke sudut gawang. 

Usai kebobolan dua gol, Brasil langsung mengurung pertahanan Belgia sepanjang babak kedua. Mereka seakan baru menunjukkan kualitas serangan yang sesungguhnya. Namun, usaha Neymar dan Gabriel Jesus masih buntu. Barulah ketika Firmino dan Renato Augusto masuk, mereka mampu memperkecil kedudukan. Sayangnya, skuat asuhan Tite tidak bisa menambah keunggulan lagi. 


4. 2. Prancis 4-3 Argentina

Kylian Mbappe berselebrasi setelah berhasil mencetak gol ke gawang Argentina.


Semua pasti setuju jika ini menjadi salah satu laga terbaik di Piala Dunia 2018. Argentina yang terseok-seok di babak grup membuktikan bahwa mereka adalah tim besar dengan mampu mendominasi di laga melawan Prancis. 

Suporter Argentina sangat berharap pada tuah dari Lionel Messi. Namun, Kylian Mbappelah yang lebih dahulu mencuri perhatian. 

Penetrasinya ke kotak penalti lawan membuahkan penalti bagi Prancis. Griezmann yang menjadi eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik. 

Argentina langsung merespon dengan baik melalui gol jarak jauh kelas dunia dari Angel Di Maria. Secara mengejutkan, Argentina kembali berhasil menambah keunggulan melalui buah tendangan Lionel Messi. 

Harapan pun membumbung bagi Argentina. Akan tetapi, Prancis yang dihuni pemain-pemain top juga menunjukkan kelasnya. Secara beruntun mereka berhasil unggul hingga 4-2 melalui gol dari Pavard dan dua gol Mbappe. 

Argentina tetap pantang menyerah. Mereka hampir membuat keajaiban dengan mencetak gol ketiga melalui pemain pengganti, Sergio Aguero. Bahkan, di detik-detik terakhir mereka mendapat peluang emas. Sayang, dewi fortuna berpihak pada Prancis di laga ini. 


5. 1. Spanyol 3-3 Portugal

Pertandingan Portugal vs Spanyol di Grup B Piala Dunia 2018.

Laga perdana grup antara Spanyol melawan Portugal memang tak menentukan. Namun, pertandingan ini cukup unik. Spanyol yang bertabur bintang 'dikalahkan' oleh seorang Cristiano Ronaldo. 

Portugal unggul terlebih dahulu melalui gol penalti dari Cristiano Ronaldo. Spanyol secara perlahan bangkit dan membalikkan keadaan melalui gol Diego Costa. Dua pemain Spanyol, Andres Iniesta dan Isco, bermain bagus di lini tengah. 

Akan tetapi, Cristiano Ronaldo tak mau menyerah. Melawan sejumlah rekannya di Real Madrid, Ronaldo tampil spartan. Tendangan mendatar kerasnya dari luar kotak penalti tak mampu dihalau David De Gea. 

Spanyol lagi-lagi berbalik unggul melalui gol Nacho. Skor 3-2 bertahan sampai ke babak injury time. Laga pun sepertinya akan berakhir untuk kemenangan Spanyol. Namun, kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, kembali menunjukkan kelasnya. Melalui tendangan bebas, peraih lima gelar Ballon d'Or ini kembali mengoyak gawang De Gea untuk ketiga kalinya dan membawa Portugal meraih satu poin di laga perdana. 

Berikut Jadwal Siaran Langsung Final Piala Dunia 2018: Prancis vs Kroasia

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

 
Cristiano RonaldoKroasiaJermanPortugalBelgiaPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini