x

2018 Jadi Tahunnya Sepakbola Prancis, Ini Alasannya

Senin, 16 Juli 2018 04:10 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Abdurrahman Ranala
Prancis mengangkat trofi Piala Dunia 2018.

Tim Nasional Prancis akhirnya memastikan diri sebagai pemilik trofi berlapis emas di Piala Dunia 2018 Rusia, usai mengalahkan Kroasia di laga final dengan skor 4-2, Minggu (15/07/18).

Kemenangan Prancis tersebut sekaligus menambah jumlah koleksi juara dunianya menjadi dua gelar, dan menyamai perolehan gelar juara Argentina dan Uruguay. 

Prestasi Timnas Prancis ini juga mencatatkan sejarah baru bagi sang arsitek, Didier Deschamps, sebagai orang pertama Prancis yang sukses meraih gelar juara dunia sebagai pemain dan pelatih.

Baca Juga

TOP 5 NEWS INDOSPORT: RONALDO GABUNG JUVENTUS, 12 PESEPAKBOLA TERJEBAK DI GUA

Keberhasilan Timnas Prancis di Piala Dunia kali ini, sekaligus menegaskan persepakbolaan negeri mode itu sedang berada di masa emasnya. Dimana sejumlah pemain, pelatih dan klubnya juga mencatatkan prestasi mentereng di tahun 2018 ini.


1. Liga Champions dan Liga Europa

Kylian Mbppe dan Antoine Griezmann saat melakukan selebrasi.

Diantaranya, Real Madrid baru saja menahbiskan diri sebagai klub tersukses di seantero Eropa, usai merengkuh trofi Liga Champions Eropa untuk ke-13 kalinya dan ketiga kali berturut-turut. 

Raihan tersebut tak terlepas dari peran penting si juru taktik, Zinedine Yazid Zidane yang berasal dari Prancis. Bahkan gol pertama kemenangan Madrid atas Liverpool di final tersebut dicetak oleh Karim Benzema.

Hal serupa juga terjadi di final Liga Eropa, dimana dua gol Antoine Griezmann menjadi penentu kemenangan Atletico Madrid di final tersebut. Marseille yang menjadi lawan Atletico, menjadi klub asal Prancis yang sukses menembus laga final di turnamen Eropa sejak 2004. 

Selain itu, di tahun 2018 ini, klub wanita Olympique Lyon juga berhasil mencatatkan diri sebagai klub wanita terbaik usai merengkuh gelar juara Liga Champions Eropa untuk ketiga kaliya secara beruntun.


2. Sukses di Liga Elite Eropa

Prancis mengangkat trofi Piala Dunia 2018.

Tidak hanya itu, pemain-pemain Prancis juga menjadi bagian di klub-klub peraih gelar juara di lima liga elite Eropa. 

Di Liga Primer Inggris, tercatat ada nama Benjamin Mendy yang menjadi bagian skuat juara Manchester City dan juga N'golo Kante bersama Oliver Giroud yang sukses meraih trofi Piala FA bersama Chelsea. Di Bundesliga Jerman, Bayern Muenchen meraih gelar juaranya dengan diperkuat tiga pemain Prancis, Corentin Tolisso, Frank Ribery dan Kingsley Coman.

Di Spanyol, Barcelona FC sukses mengawinkan gelar La Liga dan Copa Del Rey bersama tiga pemain Prancis yakni Ousmane Dembele, Samuel Umtiti dan Lucas Digne. Sementara di tanah Italia, gelandang timnas Prancis, Blaise Matuidi juga menjadi pilar penting Juventus saat meraih double winners, Serie A dan Copa Italia.

Sedangkan di kompetisi Eredivisie Belanda, bek muda Prancis, Nicolas Isimat-Mirin yang tidak dipanggil di Tim Nasional, juga sukses membantu PSV Eindhoven meraih gelar juara. 

Prancis Menjadi Juara Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

PrancisAntoine GriezmannZinedine ZidaneDidier DeschampsPiala Dunia 2018Bola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini