x

Final Piala Dunia 2018: 7 Fakta Terlahir Pasca Laga Prancis vs Kroasia

Senin, 16 Juli 2018 04:22 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala
Para pemain Prancis merayakan keberhasilan menjadi juara Piala Dunia 2018.

Prancis resmi menjadi juara Piala Dunia 2018 usai menaklukan Kroasia pada partai final yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Rusia, Minggu (15/07/18) malam WIB.

Kemenangan tersebut mengantarkan Prancis merengkuh trofi kedua Piala Dunia. Pertama Les Blues mendapatkannya ketika edisi Piala Dunia 1998, sekaligus bertindak sebagai tuan rumah.

Baca Juga

Akan tetapi tanpa sadar lahir pasca pertandingan Prancis vs Kroasia di final Piala Dunia 2018. INDOSPORT coba menjabarkan ke penggila sepak bola semua.

TOP5NEWS INDOSPORT: RONALDO GABUNG JUVENTUS, 12 PESEPAKBOLA TERJEBAK DI GUA.


1. Deschampions

Pelatih Tim Nasional Prancis Didier Deschamps.

Didier Deschamps berhasil mencatatkan rekor mengesankan usai membawa Prancis juara ketika menjadi pemain dan kini pelatih. Dirinya telah sejajar dengan dua legenda sepak bola dunia, yakni Franz Beckenbauer (Jerman) dan Mario Zagallo (Brasil).

Baca Juga

2. Pogba Pemain MU Pertama

Paul Pogba merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Kroasia.

Selanjutnya ada Paul Pogba yang menjadi pemain Manchester United pertama tampil di final Piala Dunia. Catatan tersebut semakin mengesankan usai Pogba berhasil mencetak gol di pertandingan Prancis vs Kroasia.

Selain itu Pogba juga menjadi pemain kedua Liga Primer Inggris yang mencetak gol di final. Pertama adalah eks Arsenal Emmanuel Petit di final Piala Dunia 1998.


3. Mbappe yang Fantastis

Kylian Mbappe mencetak gol keempat Prancis ke gawang Kroasia.

Lalu ada Kylian Mbappe yang menjadi pemain kedua termuda usai mencetak gol di final Piala Dunia ketika berusia 19 tahun 207 hari. Pemain termuda pertama yang berhasil mencetak gol di final adalah Pele, yang saat itu berumur 17 tahun 249 hari (Piala Dunia 1958), dan mencetak dua gol.


4. Mbappe Pemain Muda Ketiga

Kylian Mbappe mencetak gol keempat Prancis ke gawang Kroasia.

Selain itu Mbappe (19 tahun 207 hari) juga menjadi pemain ketiga termuda yang tampil di final Piala Dunia. Dua lainnya adalah Giuseppe Bergomi (18 tahun 201 hari) dan Pele (17 tahun 249 hari).


5. Babak Pertama Tersibuk

Ante Rebic (kiri) berduel dengan Lucas Hernandez saat menjaga penguasaan bola.

Di sisi lain, tepatnya pada babak pertama, Prancis vs Kroasia menyajikan pertandingan yang super sibuk. Sebab babak pertama saja sudah terjadi tiga gol.

hal itu mengulang kejadian di Piala Dunia 1974 saat mempertemukan Jerman Barat vs Belanda, yang skornya juga sama 2-1.


6. Gol Mandzukic

Mario Mandzukic mencetak gol kedua bagi Kroasia berkat kesalahan yang dilakukan Hugo Lloris.

Bertolak ke Kroasia, sang striker Mario Mandzukic menjadi pemain kedua yang sukses mencetak gol dan membuat gol bunuh diri di Piala DUnia usai Ernie Brandts ketika Belanda vs Italia di Piala Dunia 1978.

Akan tetapi Mandzukic menjadi pemain pertama yang melakukannya di final. Sekaligus menjadi pemain pertama yang mencetak gol untuk Kroasia di final, walaupun memalukan, yakni bunuh diri.


7. Kiper AS Monaco Ke-4

Danijel Subasic melakukan penyelamatan.

Penjaga gawang Kroasia Danijel Subasic menjadi kiper AS Monaco keempat yang tampil di final Piala Dunia dan gagal menjadi juara. Dirinya mengulangi para pendahulunya, yakni Sergi Romereo (2014), Maarten Stekelenburg (2012), dan Febian Barthez (2006).

Prancis resmi ke luar sebagai juara Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

KroasiaPrancisDanijel SubasicMario MandzukicPiala DuniaPaul PogbaDidier DeschampsPiala Dunia 2018Bola InternasionalKylian MbappeSerba-Serbi Piala Dunia 2018Listicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini