x

Usai Piala Dunia 2018, Gareth Southgate Beri Pesan Khusus Untuk Pelatih Liga Inggris

Selasa, 17 Juli 2018 16:09 WIB
Editor: Juni Adi
Gareth Southgate.

Timnas Inggris telah kembali dari Rusia pada Senin (16/07/18) setelah kurang lebih sebulan berjuang di Piala Dunia 2018. The Three Lions hanya mampu mengakhiri turnamen di peringkat keempat lantaran takluk dari Belgia diperebutan posisi ketiga.

Kendati demikian, penampilan Inggris banyak mendapat apresiasi karena mampu tampil impresif di babak penyisihan grup, hingga melaju ke semifinal untuk pertama kalinya sejak tahun 1990 silam.

Baca Juga

TOP 5 NEWS INDOSPORT: RONALDO GABUNG JUVENTUS, 12 PESEPAKBOLA TERJEBAK DI GUA


1. Sempat Diragukan

Harry Maguire menjadi pembuka keran gol bagi Inggris saat melawan Swedia.

Padahal, materi pemain yang dibawa Gareth Southgate sempat diragukan untuk bisa berbicara banyak di ajang empat tahunan itu lantaran membawa skuat yang relatif muda, dan minim pengalaman internasioanl seperti Jordan Pickford, Harry Maguire, Kieran Trippier.

Namun ia berhasil membungkam kritik, karena para pemain muda pilihannya malah tampil mengesankan yang mengundang banyak pujian. 

"Tentu saja, manajer butuh waktu. Saya diberi kesempatan di sini untuk berjuang bersama pemain di turnamen ini, dan mereka telah membuktikan bahwa mereka bisa tampil pada tingkat yang sangat baik," kata Southgate mengutip dari BBC Sport.


2. Berikan Pesan Khusus

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate.

Lebih lanjut Southgate juga meminta agar semua manajer di Liga Primer Inggris dapat memberikan kesempatan bermain kepada para pemain muda asli Inggris, karena ia percaya kualitasnya tak kalah hebat.

"Para manajer di klub memang membutuhkan waktu, namun Anda harus cukup berani untuk mengambil keputusan itu (memainkan pemain muda) jika Anda berpikir itu adalah hal yang tepat untuk jangka panjang," bebernya.

"Tidak ada keraguan bahwa beberapa pemain yang saya panggil adalah muka baru, namun mereka mempunyai kesempatan bermain yang cukup bersama klubnya sebelum Piala Dunia seperti Pickford, Maguire, Trippier," tambahnya.


3. Dalam Proses Regenerasi

Timnas Inggris U-17 yang berhasil menjuarai Piala Dunia U-17 2017.

Inggris sendiri memang tengah berbenah diri dalam melakukan regenerasi pemain, terutama dalam melakukan pembinaan usia muda.

Hasilnya pun mulai terlihat. Beberapa Timnas muda mereka di beberapa kelompok usia berhasil memenangkan sejumlah gelar prestisius seperti yang diraih oleh Timnas Inggris U-17 dan U-20 yang meraih gelar juara dunia, serta Timnas U-19 mereka memenangkan EURO tahun 2017 lalu, dan U-21 mereka mencapai semifinal Euro pada tahun yang sama.

Mungkinkah Ronaldo Akan Menjadi Pemilik Nomor 7 Tersukses di Juventus?

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

InggrisPiala DuniaPiala Dunia 2018Liga Primer InggrisGareth SouthgateBola Internasional

Berita Terkini