x

6 Pertanyaan yang Dihadapi Luis Enrique Saat Latihan Perdana Spanyol

Jumat, 20 Juli 2018 15:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Luis Enrique resmi latih Timnas Spanyol.

INDOSPORT.com – Luis Enrique harus menyiapkan diri dengan beberapa pertanyaan dari media mengenai tugas barunya mengambil alih Timnas Spanyol.

Tim Nasional Spanyol memasuki era baru yang akan dimulai pada hari Jumat (20/07/18) di bawah besutan manajer baru Luis Enrique.

Mantan manajer Barcelona itu telah mengambil tugas baru sebagai juru taktik La Rojas setelah sebelumnya Timnas menghadapi krisis kepelatihan menjelang Piala Dunia 2018.

Saat itu mantan pelatih Julen Lopetegui diam-diam menandatangani kesepakatan kepelatihan dengan Real Madrid, hanya dua hari menjelang Las Rojas berangkat ke Rusia, membuat dirinya langsung dipecat.

Baca Juga

RFEF akhirnya memperkerjakan Fernando Hierro untuk sementara mengambil alih tugas tersebut. Kegagalan Spanyol dalam adu penalti melawan Rusia di babak 16 besar mendorong Hierro mengundurkan diri dari tugasnya dan federasi.

Luis Enrique kemudian masuk untuk menggantikannya dalam kesepakatan kontrak selama dua tahun. Dan dikenal memiliki hubungan yang dingin dengan media, Enrique bersiap-siap ambil bagian dalam konferensi pers pertamanya sebagai pelatih.

Dilansir dari Marca, terdapat 6 pertanyaan yang kemungkinan besar akan ditampilkan dalam konferensi pers yang akan datang.


1. 1. Akankah Gerard Pique Masih Bermain?

Gerard Pique tampak mengalami cedera saat sesi latihan Spanyol.

Pada bulan Oktober 2016 lalu, bek tengah Barcelona itu mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun dari sepakbola internasional setelah memperkuat tim dim Piala Dunia 2018.

Keputusan itu terjadi setelah Pique memperpanjang kontraknya di Blaugrana. Namun dengan kedatangan Enrique, bisa jadi Pique melakukan comeback atas permintaan mantan pelatih Catalan itu.


2. 2. Akankah Filosofinya Berubah?

Luis Enrique dan Andres Iniesta.

Enrique mengambil alih Spanyol dalam keadaan yang mirip ketika dirinya diresmikan di Camp Nou dulu. Enrique mengedepankan serangan langsung Barcelona daripada harus mempertahankan bola terlalu lama.

Mungkin menjadi pertanyaan apakah Enrique akan melakukan hal yang sama ketika melatih Timnas, sementara dirinya juga bertanggung jawab untuk memilih pemain Spanyol potensial lebih banyak.


3. 3. Siapa yang Akan Menjadi Kiper Utama?

David De Gea saat sedang latihan bersama Timnas Spanyol.

Sebelumnya David De Gea diunggulkan sebagai kiper terbaik di dunia dan no. 1 di Spanyol. Namun kegagalannya di Piala Dunia membuat posisinya di tim utama diragukan.

Enrique tentunya membutuhkan kiper yang lebih baik untuk menantang kejuaraan Eropa dua tahun mendatang, apalagi De Gea membutuhkan waktu untuk pulih dari kegagalan di Rusia. Enrique memiliki pilihan Kepa Arrizabalaga yang bisa diberikan kesempatan untuk membuktikan nilainya.


4. 4. Hubungan dengan Pemain Senior

Selebrasi Jordi Alba usai cetak gol.

Enrique dikenal memiliki karakter yang kuat dan tidak mengenai kompromi yang terbukti dengan dirinya terlibat beberapa masalah di masa lalu. Di musim terakhirnya di Barcelona, Enrique mengalami kesulitan karena hubungan dengan para pemain terus memburuk.

Jordi Alba misalnya nyaris tersisihkan, dan mengklaim bahwa dirinya akan mempertimbangkan masa depannya di Camp Nou jika Enrique tidak hengkang.


5. 5. Pilihan Pasukan

Aksi selebrasi Juan Mata setelah membobol gawang Leicester City.

Kegagalan La Rojas di Rusia mendorong Enrique untuk menyeleksi kembali pasukannya untuk masa depan. Andres Iniesta sudah mengumumkan pensiunnya dan juga status Pique masih dipertanyakan setelah pelatih Asturia itu bergabung.

Ada kemungkinan Enrique tidak menyertakan Juan Mata, Ander Herrera, Sergi Roberto, Pedro, Marc Bartra, dan Javi Martinez.


6. 6. Bagaimana Memperbaiki Hubungan dengan Media?

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique.

Pelatih sebelumnya Vicente Del Bosque, Julen Lopetegui, dan Fernando Hierro memiliki hubungan yang baik dengan baik dan dihormati oleh seluruh penggemar di Spanyol.

Namun hal itu akan berbeda ketika Enrique mengambil alih Timnas mengingat sang pelatih agak bermasalah dengan media, tidak disenangi oleh penggemar Madrid khususnya, bahkan disebut sebagai musuh klub.

Starting XI Sepak Bola Termahal Sepanjang Masa

SpanyolLuis EnriqueBola Internasional

Berita Terkini