x

Ini Alasan Utama Mesut Ozil Tinggalkan Der Panzer

Senin, 23 Juli 2018 04:40 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Gelandang Tim Nasional Jerman Mesut Ozil.

INDOSPORT.COM - Playmaker Timnas Jerman, Mesut Ozil, akhirnya resmi mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola internasional. Pernyataan ini diumumkan Ozil pada hari Minggu (22/07/18) waktu setempat. 

Ozil mendapat kritikan keras dari publik, politikus, hingga media Jerman karena ikut dalam pertemuan dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan pada Mei lalu. 

Ozil dinilai tak bisa mempertanggungjawabkan sikap nasionalismenya untuk negara Jerman. Walaupun Ozil sendiri memang ada keturunan Turki. 

Ozil pun sekonyong-konyong tidak lagi mendapat tempat utama di Timnas Jerman saat Piala Dunia 2018 lalu. Negaranya pun harus rela pulang sebagai juruk kunci grup. 

Baca Juga

Hari Minggu (22/07/18) waktu setempat Ozil pun akhirnya buka suara terkait kritikan tajam perihal pertemuannya dengan Presiden Turki. 

Melalui twitter pribadinya, ia pun mengunggah pernyataan panjang lebar yang mengungkapkan bahwa ia tak merasa bersalah dengan apa yang dilakukannya terkait pertemuan dengan Presiden Turki. 


1. Bukan Politis

Mesut Ozil dalam laga perdana Grup F, Jerman vs Meksiko, Minggu (17/06/18).

Menurutnya, pertemuan dengan Presiden Erdogan tak ada sangkut pautnya dengan pandangan politik dan soal pemilu. 

"Saya tahu foto kami (Ozil dan Presiden Erdogan) menyebabkan respon besar di Media Jerman, dan sementara beberapa orang mungkin menuduh saya berbohong atau berdusta, (namun) gambar yang kami ambil tidak memiliki pengaruh politik," tulis Ozil dalam pernyataannya. 

"Bagiku, berfoto dengan Presiden Erdogan bukanlah soal politik atau pemilu. Hal itu adalah tentang menghormati pejabat tinggi dari negara keluargaku." tambah Ozil. 


2. Pilih Pensiun

Mesut Ozil memutuskan untuk pensiun dari Timnas Jerman.

Dari situ, Ozil pun mengambil kesimpulan untuk tak akan lagi membela panji Timnas Jerman. Pernyataan ini diberikan di bagian akhir dari penjelasannya di twitter.

Baca Juga

"Aku mereasa tidak diinginkan dan berpikir bahwa apa yang sudah kucapai sejak debut internasionalku pada 2009 sudah dilupakan. Dengan berat hati dan pertimbangan matang, aku tidak akan lagi bermain untuk Jerman di level internasional karena aku merasakan rasisme dan tidak dihormati. Dulunya aku merasa bangga dan gembira mengenakan kaus Jerman, tapi sekarang tidak."

Mesut Ozil Resmi Pensiun dari Timnas Jerman

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: ASIAN GAMES 2018

JermanMesut OzilBola Internasional

Berita Terkini