x

4 Alasan yang Bisa Gagalkan Ronaldo Raih Ballon d’Or

Senin, 30 Juli 2018 14:35 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
Ronaldo dan Messi.

INDOSPORT.COM – Penghargaan Ballon d’Or tidak jauh-jauh dari nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Tahun ini mereka dijagokan kembali untuk meraih gelar tersebut.

Ronaldo dan Messi menguasai 10 edisi terakhir peraih Ballon d’Or. Keduanya terus mendominasi sebab pencapaian mereka yang luar biasa, baik individu maupun tim.

Setelah berhasil meraih trofi Liga Champions untuk ketiga kalinya, Ronaldo menjadi kandidat terkuat peraih Ballon d’Or tahun ini. Namun demikian, pencapaian CR7 di Piala Dunia 2018 bersama Portugal kurang baik.

Ekspresi hangat ditunjukkan oleh Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo saat sedang bertanding.

Hal tersebut dapat menghambat jalan pemain baru Juventus tersebut untuk meraih gelar keenam Ballon d’Or. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat menghalangi Ronaldo untuk mempertahankan gelar pemain terbaik dunia tersebut.

Berikut INDOSPORT merangkum 4 alasan yang dapat menggagalkan Ronaldo untuk meraih Ballon d’Or dikutip dari Sportskeeda.

Baca Juga

1. Kegagalan di Liga Domestik

Andres Iniesta saat mengangkat trofi Copa Del Rey.

Peraih gelar Ballon d’Or dinilai berdasarkan performa pemain bersama klub di segala kompetisi. Ronaldo tentu tidak hanya dilihat dari penampilannya di Liga Champions 2017/18.

Ia jelas begitu digdaya di Liga Champions dengan raihan 15 gol dan 3 assist dalam 13 pertandingan. Akan tetapi, ia melempem di kompetisi La Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Ronaldo tidak mampu tampil konsisten di liga. Ia memulai liga dengan lambat. Buktinya, CR7 baru mencetak 2 gol dalam 10 pertandingan awalnya.

Akhirnya, Ronaldo hanya mampu membawa Real Madrid finis di urutan ketiga La Liga Spanyol 2017/18. Los Blancos juga takluk di perempatfinal Copa del Rey dari Leganes.

Faktor kompetisi domestik dapat menjadi penghambat Ronaldo untuk meraih Ballon d’Or tahun ini.


2. Kehilangan Trofi Piala Dunia

Cristiano Ronaldo tertunduk lesu karena Portugal hanya mampu sampai 16 besar dikalahkan Uruguay.

Piala Dunia merupakan puncak dari turnamen sepakbola di dunia. Dengan menjuarai turnamen terbesar di dunia tersebut, seorang pesepakbola bukan tidak mungkin akan dengan mudah meriah penghargaan Ballon d’Or.

Ronaldo sayangnya gagal meraih trofi tersebut tahun ini. Sempat tampil heroik saat mencetak hattrick ke gawang Spanyol, ia justru mengendur di babak playoff.

Ia bahkan sempat gagal mengeksekusi penalti ke gawang Iran. Akhirnya, Portugal harus dikalahkan oleh Uruguay dengan menyakitkan di babak 16 besar.

Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Luka Modric berpeluang menjadi pesaing Ronaldo untuk meraih Ballon d’Or. Ketiganya punya faktor Piala Dunia untuk mengalahkan CR7.


3. Masih Sebanding dengan Messi

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Messi tidak pernah terpisahkan dari Ronaldo sebagai rival. Ia merupakan satu-satunya sosok yang dapat menandingi pencapaian Ronaldo saat ini.

Pemain asal Argentina tersebut musim lalu berhasil meraih gelar pemain terbaik di La Liga Spanyol dengan menggenggam gelar topskor. Messi berhasil mencetak 34 gol dan 12 assist.

Ia sukses menggondol trofi La Liga Spanyol dan Copa del Rey. Meskipun demikian, Messi juga gagal di Piala Dunia 2018 setelah takluk dari Prancis di 16 besar.

Messi masih menempel ketat Ronaldo untuk meraih Ballon d’Or. Selama masih ada Messi, Ronaldo belum begitu nyaman.


4. Banyak Pesaing Baru

Luka Modric dengan Golden Ball dan Kylian Mbappe sebagai Pemain Muda Terbaik.

Sepuluh edisi terakhir Ballon d’Or hanya dikuasai oleh Ronaldo dan Messi. Keduanya seolah menutup peluang bintang sepakbola dunia lainnya yang hendak meraih penghargaan pemain terbaik dunia itu.

Namun demikian, tahun ini banyak pesaing baru yang bermunculan. Nama mereka mencuat berkat penampilan mengesankan bersama klub sepanjang tahun  2017/18.

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, secara mengejutkan mampu mencetak 43 gol dan 16 assists musim lalu. Ia berhasil membawa Liverpool melaju ke final Liga Champions dan mewujudkan mimpi Mesir tampil di Piala Dunia setelah 28 tahun.

Selain itu, bintang-bintang Piala Dunia 2018, seperti Modric, Mbappe, Griezmann, Raphael Varane, dan Harry Kane berpeluang menyodok Ronaldo dalam persaingan peraih Ballon d’Or.

Real MadridCristiano RonaldoLionel MessiBallon d'OrBola Internasional

Berita Terkini