x

Nyanyian Rasis Menggema di Piala AFF U-16, Malaysia Minta Indonesia Dihukum

Selasa, 31 Juli 2018 12:25 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Lanjar Wiratri
Tim Malaysia U-19 menjadi sasaran lemparan botol dari oknum suporter Indonesia di Sidoarjo.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah melayangkan surat protes kepada Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait perilaku suporter Indonesia di Piala AFF U-16 2018.

Menurut laporan Bharian, pendukung Indonesia telah menghina Malaysia dengan nyanyian rasis pada pertandingan pembuka Grup B Piala AFF U-16 2018 yang mempertemukan Malaysia dengan Thailand.

Sekertaris Jenderal FAM, Stuart Ramalingam, dan mantan Presiden FAM, Tunku Ismail Sultan Ibrahim mengatakan jika tindakan pendukung Indonesia ini sangat keterlaluan. Suporter Indonesia dianggap telah melakukan penghinaan dengan meneriakan ‘Malaysia itu an***g’.

Baca Juga

"Justru mengirim surat protes kepada AFF dan AFC kami lakukan dengan segera agar dua pihak tersebut dapat mengambil tindakan yang tepat supaya hal serupa tidak terulang kembali di pertandingan kedua Grup B Piala AFF U-16 2018,” ujarnya, dikutip dari Bharian.


1. Alami Hal Serupa

Suporter Malaysia.

FAM tentu merasa tidak terima jika Indonesia lolos dari sanksi tersebut. Karena mereka pernah mendapatkan sanksi saat nyanyian rasis pendukung Malaysia yang ditujukan kepada Brunie Darussalam dan Singapura pada SEA Games 2017.

“Saya harap AFF dan AFC akan tegas dalam hal ini karena jika dihimbau kembali, Malaysia selaku tuan rumah SEA Games Kuala Lumpur 2017 pernah didenda AFC sebesar 30 ribu dollar (Rp432 juta) karena tindakan pendukung kita menyanyikan sorakan menghina Brunei dan Singapura ketika pertandingan sepak bola.”

Baca Juga

"Aksi dan hukuman harus dijatuhkan pada pendukung Indonesia," ujarnya dalam sebuah pernyataan hari ini.

Terus Ikuti berita terbaru tentang sepak bola dan olahraga lain di INDOSPORT.