x

5 Bek Tengah Tangguh di Premier League Musim 2018/2019

Rabu, 1 Agustus 2018 05:42 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Gerry Crisandy
Virgil van Dijk usai merayakan gol debutnya bersama Liverpool

INDOSPORT.com - Sir Alex Ferguson pernah mengatakan, “Serangan membuatmu memenangkan pertandingan, pertahanan membuatmu memenangkan titel.”

Pernyataan ini menunjukkan bahwa lini pertahanan menjadi pos yang sangat penting perannya dalam meraih gelar liga.

Maka, tidak heran jika akhir-akhir ini klub besar di Liga Primer Inggris rela menggelontorkan dana besar untuk mendapatkan bek berkualitas.

Baca Juga

Sebagai contoh Liverpool untuk mendatangkan Virjil van Dijk atau Man City yang membayar mahal untuk memboyong John Stones.

Berikut adalah nama-nama bek tengah tangguh di Premier League musim 2018/2019 menurut Sportskeeda:


1. 5. Toby Alderweireld

Toby Alderweireld, bek tengah Tottenham Hotspur.

Toby Alderweireld bisa dibilang sebagai batu karang di pertahanan Tottenham Hotspur. Bersama rekan senegaranya, Jan Vertonghen, mereka membangun tembok yanga sangat kokoh yang dapat membendung segala serangan yang datang dari klub lawan-lawannya di Premier League.

Alderweireld telah menjadi tulang punggung Spurs di lini belakang selama dua atau tiga musim terakhir. Keberhasilan Spurs menembus Liga Champions juga salah satunya adalah karena penampilan apik pemain asal Belgia tersebut.

Meskipun telah melewatkan beberapa partai musim lalu karena cedera, ia dikabarkan tetap diminati oleh pelatih Man United, Jose Mourinho. Para pendukung The Lilywhites, di sisi lain, tentu berharap klub tersebut bisa mempertahankan aset pentingnya tersebut.


2. 4. Cesar Azpilicueta

Cesar Azpilicueta, bek sayap Chelsea.

Cesar Azpilicueta adalah pemain yang disebut sebagai bek serba guna. Ia bisa bermain sebagai bek tengah atau pun bek sayap karena ia mempunyai kemampuan bertahan dan menyerang sangat baik.

Bek asal Spanyol ini juga memiliki peran penting yang membuat Chelsea meraih dua gelar Liga Inggris dalam empat tahun terakhir.

Di era Maurizio Sarri musim ini, Azpilicueta nampaknya masih akan menjadi pemain andalan, mengingat Gary Cahill yang mulai menunjukkan penurunan performa.


3. 3. Vincent Kompany

Vincent Kompany, bek tengah dan kapten Manchester City.

Jika bukan karena cederanya, Vincent Kompany, pasti bisa berada di posisi teratas. Namun, karena perannya yang sangat krusial ketika ia dimainkan, kapten timnas Belgia ini tetap berada di lima besar bek terbaik Liga Primer Inggris.

Termasuk perannya sebagai salah satu benteng kokoh sekaligus pemimpin di dalam dan luar lapangan yang berhasil membawa Man City meraih gelar juara musim lalu.

Cedera memang sering menghampiri Kompany. Namun, jika ia sedang bugar, Kompany bisa menggeser posisi John Stones dan Nicolas Otamendi sebagai starter.


4. 2. Virgil Van Dijk

Virgil van Dijk berkalung medali.

Dana yang dikeluarkan Liverpool sebesar 75 juta poundsterling (Rp1,4 triliun) menjadi bukti kualitas bek asal Belanda ini. Bersama Dejan Lovren, mereka membentuk pertahanan yang sangat solid.

Selain membantu Liverpool kembali finish di empat besar, Van Dijk juga berperan penting membawa The Kop melaju ke partai final Liga Champions musim lalu.

Van Dijk disebut sebagai bek tengah yang mempunyai paket komplit. Selain kuat di lini pertahanan, kepiawaiannya dalam duel udara juga beberapa kali membuatnya bisa mencetak gol.

Bahkan sebagian suporter Liverpool menginginkan Van Dijk untuk menjadi kapten untuk musim baru ini.


5. 1. Jan Vertonghen

Jan Vertonghen, bek tengah Tottenham Hotspur.

Mungkin ada beberapa orang yang akan mengangkat alis mereka ketika melihat Jan Vertonghen berada di puncak lima bek terbaik Premier League. Namun, atas kinerja konsistennya selama beberapa tahun bersama Tottenham Hotspur, ia sangat layak berada dijadikan sebagai nomor satu.

Bek tengah yang kini berusia 31 tahun tersebut telah membantu Spurs berada di papan atas Liga Primer, membuat klub London Utara ini secara konsisten masuk ke Liga Champions Eropa.

Di level internasional, Vertonghen berhasil membawa negaranya, Belgia, meraih juara ketiga Piala Dunia 2018.

Selain sangat dapat diandalkan di lini berlakang, Vertonghen sangat jarang melakukan kesalahan, ia juga mampu membantu tim dalam mengawali setiap serangan melalui passingyna yang akurat.

Jika Spurs ingin mengangkat trofi musim ini, mereka harus berharap agar Vertonghen tak dihampiri cedera.

Vincent KompanyCesar AzpilicuetaLiga Primer InggrisJan VertonghenToby AlderweireldLiga InggrisVirgil van Dijk

Berita Terkini