x

Klub Kecil Swedia Dapat Uang Kaget dari AS Roma

Rabu, 1 Agustus 2018 10:38 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
Robin Olsen saat perkenalan bersam AS Roma

INDOSPORT.COM - Selepas kehilangan penjaga gawang utama mereka Alisson Becker, AS Roma langsung mendapatkan pengantinya dengan mendatangkan Kiper Timnas Swedia, Robin Olsen.

Ditebus dengan bandrol sekitar 12 juta euro atau senilai Rp200Miliar dari Copenhagen, Kedatangan Olsen secara langsung nyatanya juga meberikan untung besar bagi klub strata bawah sepak bola Swedia, Bunkeflo FF.

Baca Juga

Klub yang bermain di divisi kelima kompetisi sepak bola Swedia itu medapatkan dana segar senilai 60.000 Euro atau sekita Rp1 Miliar yang berasal dari uang yang dibayarkan AS Roma kepada Copenhagen. 

Jumlah tersebut relatif besar buat klub yang hanya mendapatkan pemasukan dari sponsor lokal, iuaran keanggotaan dan berjualan makanan serta muniman selama pertandingan itu.


1. Sebab Bunkeflo Bisa Dapatkan Uang

Robin Olsen saat memperkuat Timnas Swedia di Piala Dunia 2018.

Uang sekitar Rp1 Miliar tersebut bisa di dapatkan Bunkeflo dikarenakan adanya regulasi dari induk sepak bola tertinggi dunia, FIFA yang mengatur adanya uang yang disebut 'dana solidaritas'. Yakni 5% dari nilai transfer seorang pemain yang wajib diberikan kepada klub-klub yang pernah diperkuat pemain tersebut sebelumnya.

Olsen sendiri memang pernah memperkuat Bunkeflo saat usianya masih 12 tahun hingga beranjak 23 tahun.

Presideng Bunkeflo sendiri mengaku apa yang didapatkan klubnya itu merupakan sebuah hal yang sangat berpengaruh bagi keberlangsungan klubnya.

"Jumlah besar seperti tentu dapat berkontribusi perihal keamanan dan fleksibilitas," kata presiden klub  Bunkeflo, Calle Wadenhammar kepada Rueters.

"Saya ingin melihatnya digunakan dengan cara yang bermanfaat dalam banyak hal,  mulai dari sepak bola hingga aktivitas spontan untuk anak-anak yang berada di sekitar sini," tambahnya.


2. Kebahagiaan Olsen

Robin Olsen, kiper anyar AS Roma.

Mengetahui kabar klub masa remajanya itu mendapatkan uang yang cukup besar, penjaga gawang Timnas Swedia di gelaran Piala Dunia 2018 itu juga mengaku turut senang dan bahagia.

"Saya tahu betapa berartinya uang itu bagi mereka. Semua anak berlarian di sekitar sana, itu membuat saya bahagia," tukas Olsen kepada surat kabar lokal, Aftonbladet.

Kontribusi tak langsung yang diberikan pemain 28 tahun itu kepada Bunkeflo juga membuat namanya kini semakin diterima oleh pihak dan suporter klub asal provonsi Scania itu.

"Jika dirinya (Olsen) bisa diberi ucapan selamat, kami akan sangat senang hati merayakan hal ini bersamanya," pukas Wedenhammar.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT.COM.

SwediaAS RomaLiga ItaliaBola InternasionalFC CopenhagenRobin Olsen

Berita Terkini