x

Saingi Argentina, Inggris Ajukan Diri Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Kamis, 2 Agustus 2018 08:41 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Isman Fadil
Logo Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dikabarkan sedang merencenakan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 mendatang. Langkah itu diambil setelah melihat adanya kemungkinan bagi Inggris untuk menggelar perhelatan paling bergengsi tersebut.

Presiden FA, Greg Clarke, membenarkan langkah tersebut. Dirinya mengungkapkan bahwa otoritas tertinggi sepak bola Inggris ini telah sepakat untuk mengkaji peluang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

"Bulan lalu, dewan FA telah sepakat untuk menguji kelayakan akan kemungkinan menjadi kandidat potensial UEFA untuk menggelar Piala Dunia 2030," ucap Clarke.

Baca Juga

"Pekerjaan ini akan berlangsung selama musim baru dan tak ada keputusan yang akan dibuat sampai 2019," lanjut pria yang lahir tahun 1957 tersebut.


1. Bersaing dengan Trio Amerika Latin

Fans Inggris menggunakan baju bertuliskan It's Coming Home.

Langkah untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 ini pun membuat Inggris akan bersaing dengan tiga negara asal Amerika Latin, yakni Argentina, Uruguay, dan Paraguay.

Pencalonan tiga negara itu pun awalnya dicetuskan lebih dulu oleh Uruguay, yang merupakan tuan rumah pertama pada turnamen empat tahunan tersebut.

"Ide awalnya datang dari Uruguay dan kami hanya perlu 40 detik untuk mengatakan 'iya'. Dan ketika Paraguay diajukan, saya hanya butuh 40 detik lainnya untuk setuju," ujar Presiden Argentina, Mauricio Macri, dikutip dari Reuters.

Baca Juga

Nantinya, Argentina akan menjadi negara yang paling banyak menghadirkan pertandingan di Piala Dunia 2030. Karena mereka telah mempersiapkan enam hingga delapan stadion untuk turnamen ini. Sedangkan Uruguay dan Paraguay hanya menyiapkan dua atau tiga stadion.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT

UruguayInggrisArgentinaPiala DuniaAsosiasi Sepakbola Inggris (FA)ParaguayBola Internasional

Berita Terkini