x

3 Hal yang Bisa Hindarkan Malaysia dari Amukan Fans Indonesia

Jumat, 3 Agustus 2018 11:27 WIB
Editor: Rafif Rahedian
3 hal yang bisa hindari Malaysia dari amukan Suporter Indonesia.

INDOSPORT.COM - Hubungan Indonesia dan Malaysia semakin memanas setelah adanya insiden saling melecehkan sepanjang gelaran Piala AFF U-16 2018. Hal itu berawal dari aksi Amirul Ashrafiq Hanifah yang melecehkan bendera Indonesia di media sosialnya.

Aksi itu pun nyatanya membuat sebagian pecinta sepak bola nasional geram. Beberapa suporter Indonesia pun dikabarkan menghina Timnas Malaysia U-16 dengan kata-kata yang tidak wajar.

Tindakan sejumlah suporter itu pun membuat Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) meminta agar Indonesia mendapatkan hukuman yang setimpal. FAM pun telah melayangkan surat kepada otoritas tertinggi sepak bola Asia, yakni AFF dan AFC, terakit insiden ini.

Baca Juga

Melihat insiden ini, membuktikan bahwa sebagian besar fans Indonesia marah besar dengan pihak Malaysia. Berikut INDOSPORT mencoba merangkum 3 hal yang harus dilakukan Malaysia agar terhindar dari amukan fans Indonesia.


1. Hindari Provokasi

Suporter Timnas Indonesia kibarkan bendera Merah Putih di Stadion Pakansari, Bogor.

Menghindari provokasi memang bisa menjadi kunci untuk meredam amarah salah satu pihak. Pelatih Timnas Malaysia U-16, Raja Azlan Shah So’ib, telah meminta kepada anak asuhnya untuk mengabaikan provokasi yang dilakukan fans Indonesia.

Dengan begitu, para pemain Malaysia pun bisa menaruh fokus penuh pada pertandingan Piala AFF U-16 2018 yang berlangsung di Indonesia. Karena saat ini, Malaysia belum mendapatkan poin usai dikalahkan Thailand di laga pembuka penyisihan Grup B.

Malaysia kemungkinan besar tidak akan menambah kemarahan fans Indonesia jika tidak menanggapi aksi provokasi mereka. Karena suporter Indonesia telah dibuat kecewa dengan pelecehan yang dilakukan salah satu pemain muda Malaysia.


2. Bersikap Sopan

Pemain Malaysia U-16 Amirul Ashrafiq Hanifah bertindak tidak sopan sebelum datang ke Indonesia.

Sejumlah suporter Indonesia menganggap jika salah satu pemain Malaysia U-16 bersikap tidak sopan sebelum datang ke Surabaya beberapa hari lalu. Bukannya memberikan apresiasi kepada tim tuan rumah, Amirul justru melecehkan bendera Indonesia jelang Piala AFF U-16 2018.

Bukan hanya para penggemar sepak bola, namun sikap tersebut pun tentunya membuat seluruh warga Indonesia geram. Karena seharusnya para pemain muda harus ditanamkan rasa sopan ketika berkunjung ke negara orang.


3. Tak Mundur dari Turnamen

Sekjen FAM, Stuart Ramalingam, akhirnya memberikan jawaban mengenai tantangan yang diberikan Edy Rahmayadi.

FAM sebelumnya dikabarkan ingin menarik diri dari Piala AFF U-16 2018. Hal itu dikarenakan FAM takut dengan aksi nekat para suporter Indonesia yang sempat mengancam kemanan para pemain Timnas Malaysia U-16.

Jika Malaysia benar-benar mundur, maka mereka kemungkinan besar akan mendapatkan hinaan dari sejumlah rakyat Indonesia. Karena sebagian fans Indonesia akan menganggap jika Malaysia tidak memiliki mental yang kuat.

Namun Sekjen FAM, Stuart Ramalingam, telah memutuskan jika Timnas Malaysia akan terus melanjuti turnamen Piala AFF U-16 2018 hingga selesai. Keputusan itu diambil karena menurutnya pemain Malaysia saat ini telah diberikan keamanan tambahan.

Salah satu atlet muda Indonesia, Valentinus Nahak meninggal dunia:

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT

IndonesiaMalaysiaBola InternasionalAsosiasi Sepakbola Malaysia (FAM)Piala AFF U-16 2018

Berita Terkini