x

5 Pemain Banderol Kecil yang Berakhir sebagai Pahlawan Klub

Jumat, 3 Agustus 2018 00:08 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Gerry Crisandy
N'Golo Kante, gelandang bertahan Chelsea.

INDOSPORT.COM -  Akhir-akhir ini klub-klub di Liga Primer Inggris lebih sering mendatangkan pemain berkelas dunia dengan harga selangit untuk meningkatkan kualitas klubnya secara instan.

Sebut saja klub-klub bergelimang uang seperti Manchester City, Chelsea -- dan yang terbaru adalah Liverpool yang rela merogoh kocek sangat dalam untuk mendatangkan kiper AS Roma, Alisson Becker.

Padahal, jika menengok kebelakang, ada beberapa pemain hebat yang justru awalnya hanya diboyong dengan harga yang relatif murah.

Baca Juga

Berikut adalah lima pemain berharga rendah namun berdampak besar bagi Premier League, dikutip dari Talk Sport:


1. 5. Peter Schmeichel

Peter Schmeichel mantan penjaga gawang Man United.

Manchester United hanya mengeluarkan dana sebesar 550.000 poundsterling (Rp10,3 miliar) untuk mendatangkan Peter Schmeichel pada tahun 1991. Satu tahun sebelum ia membawa Denmark menjuarai Euro 1992.

Saat itu Schmeichel berusia 27 tahun. Dan Man United tak berharap ia akan tampil gemilang. Namun, seiring berjalannya waktu para fans mulai menyadari pentingnya keberadaan Schmeichel di tim karena kemampuannya.

Dia meninggalkan United pada tahun 1999 setelah berhasil memenangkan Liga Champions, lima gelar Premier League, tiga Piala FA dan Piala Liga.


2. 4. Ole Gunnar Solkjaer

Ole Gunnar Solkjaer saat masih berseragam Man United.

Dia datang ke Man United pada tahun 1996 sebagai striker yang tak dikenal sebelumnya. Namun, kini ia dikenang sebagai pahlawan setelah berhasil membawa The Red Devils merengkuh gelar Liga Champions pada tahun 1999.

United memboyong Solkjaer dengan mahar hanya 1,5 juta poundsterling (Rp28,3 miliar) dari klub Molde. Ia langsung membuktikan diri sebagai striker andal setelah mencetak 18 di musim pertamanya.

Ia cukup lama berada di Old Trafford, dan masa baktinya baru berakhir pada tahun 2007.


3. 3. Patrick Vieira

Patrick Vieira saat masih berseragam Arsenal.

Saat datang ke Arsenal, Vieira masih berusia 21 tahun dan belum banyak yang mengakui kehebatannya. The Gunners saat itu memboyong pemain asal Prancis itu dari AC Milan dengan harga 3,5 juta poundsterling (Rp66 miliar).

Dan hingga kini ia dikenal sebagai salah satu bagian dari masa kejayaan Arsenal saat mereka berhasil merengkuh juara dengan rekor tak terkalahkan sepanjang musim.


4. 2. Nemanja Vidic dan Patrice Evra

Patrice Evra.

Kedua pemain ini datang bersamaan ke Man United dari dua klub berbeda. Vidic didatangkan dari Spartak Moscow dengan biaya transfer 7 juta poundsterling (Rp132,1 miliar) dan Evra datang dari Monaco dengan harga 5,5 juta poundsterling (Rp103,8 miliar).

Saat itu mereka merupakan pemain yang tak dikenal. Namun, sekarang hampir semua pecinta sepakbola tahu mereka.

Vidic dan Evra berhasil membawa United meraih lima gelar Premier League dan satu trofi Europa League sebelum meninggalkan The Red Devils pada tahun 2014.


5. 1. N'Golo Kante

Gelandang Chelsea, N'Golo Kante

Kante datang ke Leicester hanya dengan mahar 9 juta poundsterling (Rp169,9 miliar) pada tahun 2015 setelah membawa Caen promosi ke Ligue 1 Prancis pada tahun 2014. Tak ada yang menyangka bahwa pemain ini akan tampil sangat luar biasa seperti saat ini.

Kante menjadi pilar penting saat Leicester menjuarai Liga Primer Inggris di tahun 2016 yang membuat nilai transfernya meningkat menjadi 30 juta poundsterling (Rp566,5 miliar) saat diboyong Chelsea. Ia pun kembali meraih titel Premier League di musim pertamanya bersama The Blues.

Yang terbaru, Kante berhasil membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 2018.

Premier LeaguePatrice EvraNemanja VidicOle Gunnar SolskjaerPeter SchmeichelPatrick VieiraN'Golo KanteLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini