x

Kisah Pilu Muhammad Supriadi, Bintang Baru Timnas Indonesia U-16

Jumat, 3 Agustus 2018 06:34 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Gerry Crisandy
Mochammad Supriadi melakukan selebrasi usai cetak gol.

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini, Indonesia kembali dihebohkan dengan munculnya bintang baru di skuat Timnas Indonesia. Pemain berbakat tersebut bernama Muhammad Supriadi, yang kini tengah memperkuat Timnas Indonesia U-16 berlaga di Piala AFF U-16.  

Pemain kelahiran Surabaya tersebut menjadi bintang baru Timnas Indonesia karena peran penting yang ia tunjukannya selama gelaran turnamen berlangsung. Supriadi kerap diandalkan oleh Fachri Husaini, selaku pelatih Timnas Indonesia U-16 untuk membongkar rapatnya pertahanan lawan.

Sebelum bergabung dan masuk memperkuat Timnas Indonesia, Supriadi mempunyai kisah memilukan dalam dunia si kulit bundar. Supriadi terlahir dari keluarga yang tak berada, sang ibu hanya berprofesi sebagai seorang pedagang nasi di samping Lapangan Rungkut FC.

Baca Juga

Sang ayah pun tak mendukung Supriadi berkarier di dunia si kulit bundar. Faktor ekonomi menjadi salah satu pertimbangan sang ayah untuk tidak mendukung karier Supriadi di dunia sepak bola.

Berbeda dengan sang ayah, Ibu Supriadi, Kalsum, nyatanya mempunyai andil besar dalam kesuksesan karier Supriadi di dunia si kulit bundar. Sang ibu rela untuk berhutang mencari pinjaman guna membiayai Supriadi mengikuti sebuah kejuaraan.

Perjuangan panjang keluarga Supriadi dalam mendorong karier Supriadi oun tak sia-sia. Hasilnya, dirinya berkesempatan masuk dan dipanggil memperkuat Tim Nasional Indonesia berlaga di level Internasional.


1. Perjuangan Panjang

Kalsum, Ibunda Muhammad Supriadi

Menurut sang Ibu, Kalsum, mengungkapkan jika dirinya merupakan keluarga yang tak berada. Dirinya sempat putus asa mencarikan dana untuk membiayai Supriadi bermain sepak bola.

"Saya ini orang tidak punya, dulu saya sempat putus asa bagaimana cari uang untuk membayar iuran anak saya ketika ikut turnamen ke luar kota apalagi bapaknya Supriadi ini kerjanya serabutan dan sakit-sakitan.”

“Hutang kesana kemari dan mendapat bantuan dari para orang tua pemain lain di klubnya Rungkut FC Supri baru bisa ikut turnamen," ungkap Kalsum, Ibu dari Supriadi seperti dikutip dari Beritajatim.

Perjalanan Supriadi untuk bisa masuk ke skuat Timnas Indonesia sendiri membutuhkan jalan panjang dan terjal. Sebelum berabung dengan Timnas, Supriadi pernah merasakan penipuan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Hal itu bermula dengan adanya orang tak dikenal yang menjanjikan Supriadi untuk disalurkan mennjadi seorang pesepakbola professional. Namun, oknum tersebut malah membiarkan Supriadi telantar di Jakarta dan harus rela menjual beberapa barang yang dimiliki.  

"Supri ini pernah dikecewakan sama orang di Jakarta katanya diasuh dan akan disalurkan menjadi pemain sepak bola, tapi nyatanya apa justru ditelantarkan bahkan dia sempat jual sepatu dan baju-baju untuk bertahan hidup di Jakarta.” beber Kalsum.

Namun beruntung, saat Supriadi berada di Jakarta bertemu dengan orang PSSI Pusat untuk bisa disalurkan masuk ke skuat Timnas Indonesia.

“Tapi namanya beruntung ada orang pssi pusat yang menghubunginya tanpa tes dan menjadi skuad timnas," imbuhnya.


2. Masuk Timnas Indonesia

Muhammad Supriadi pemain Timnas Indonesia U-16

Perjalanan panjang yang telah dilakukan oleh Supriadi pun akhirnya berhasil. Sang pemain berhasil menembus seleksi dan dipercaya mengisi skuat utama Timnas Indonesia U-16 asuhan Fachri Husaini.

Perjuangan panjang yang telah dilakukan keluarga Supriadi untuk bisa menjadi seorang pemain sepak bola ternama pun akhirnya terwujud. Usaha dan doa yang dilakukan keluarganya pun membuat karier Supriadi cemerlang.  

Saat ini, Supriadi menjadi idola baru skuat Timnas Indonesia berlaga mewakili Tanah Air berlaga di pentas Internasional. Peran pentingnya di skuat Garuda Muda seakan tak tergantikan.

"Alhamdulillah ada jalan untuk bisa menjadi pemain timnas, kalau ingat dulu untuk bayar ikut turnamen harus jual beras dan menggadaikan baju ke pegadaian, jalan kaki, akhirnya sekarang dia menghidupi keluarganya," imbuhnya

Karier Supriadi di dunia si kulit bundar diyakini akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Dengan mendapatkan bimbingan yang baik, Supriadi akan menjadi idola baru yang diharapkan oleh para pecinta sepak bola di Indonesia.

Jelang Asian Games 2018, Jakarta International Velodrome Kebakaran

Terus ikuti berita terbaru tentang sepak bola dan olahraga lain di INDOSPORT

IndonesiaPiala AFF U-16Timnas IndonesiaIn Depth SportsPiala AFF U-16 2018

Berita Terkini