x

Community Shield: Chelsea vs Man City, Lebih dari Sekedar Laga 'Uji Coba'

Minggu, 5 Agustus 2018 14:31 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Chelsea vs Manchester City.

INDOSPORT.COM - Chelsea akan menghadapi Man City dalam laga Community Shield 2018. Bagaimana peluang kedua tim untuk meraih gelar pertama di musim ini?

Community Shield menjadi laga pemanasan sebelum Liga Primer Inggris bergulir. Laga yang mempertemukan juara Piala FA melawan juara Liga Primer Inggris tersebut kurang mendapat animo yang baik. 

Community Shield sering dianggap pertandingan yang remeh dan kalah bergengsi dari gelar lain seperti Piala Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Primer Inggris. Community Shield sering dianggap sebagai laga 'uji coba' jelang bergulirnya kompetisi liga. 

Baca Juga

Namun dalam pertandingan yang akan berlangsung pada Minggu (05/08/18) pukul 21.00 WIB ini, akan menjadi ajang bagi Chelsea dan Man City untuk menentukan tim mana yang lebih baik di daratan Inggris. 

Dalam konteks gelar di Community Shield, Chelsea dan Man City sama-sama sudah meraih 4 gelar. Dan laga malam nanti akan menentukan tim mana yang lebih baik di Community Shield antara Chelsea vs Man City. 

Sebelum menyaksikan laga yang diprediksi akan berlangsung seru tersebut, INDOSPORT menyajikan preview pertandingan kedua tim. Berikut ulasannya.


1. Adu Taktik Dua Pelatih

Pep Guardiola bersama dengan Pelaih Chelsesa Maurizio Sarri

Man City masih dilatih oleh Pep Guardiola yang musim lalu mengantarkan The Citizen merengkuh trofi Liga Inggris. Sedangkan Chelsea datang dengan kondisi yang berbeda. 

Usai dua musim dibesut oleh Antonio Conte, The Blues kini kedatangan pelatih baru yang juga asal Italia, Maurizio Sarri. Usai tiga musim melatih Napoli, Sarri diberi tugas untuk membuat Chelsea kembali bersaing di zona Liga Champions. 

Dan laga Chelsea vs Man City akan menjadi pertemuan ketiga antara Maurizio Sarri dengan Pep Guardiola. Dalam dua pertemuan sebelumnya, Sarri selalu kalah di tangan Guardiola. 

Saat masih melatih Napoli, Sarri kalah 2-4 dan 1-2 dari Man City. Laga malam nanti akan menjadi kesempatan bagi Sarri untuk membalas dendam kepada Guardiola. 

Baca Juga

Sarri diperkirakan akan meladeni permainan terbuka dari anak asuh Guardiola. Sesuatu yang tidak dilakukan oleh Antonio Conte ketika menghadapi Man City yang dilatih Guardiola. 

Conte lebih cenderung bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik. Conte juga lebih menyukai formasi 3 bek untuk tim yang ia latih. 

Sedangkan Sarri, lebih sering bermain atraktif dan terbuka dengan formasi 4-3-3 offensive. Tak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Pep Guardiola dengan formasi 4-2-3-1 nya di Man City. 

Dengan permainan terbuka yang dipertontonkan kedua tim, maka laga Chelsea vs Man City diprediksi bisa melahirkan banyak gol. 


2. Panggung Pemain Anyar

Riyad Mahrez dan Jorginho.

Laga Chelsea vs Man City tak hanya akan menjadi ajang adu taktik dua pelatih, namun juga menjadi panggung bagi pemain anyar masing-masing tim untuk unjuk gigi. 

Seperti diketahui, Sarri ikut memboyong anak asuhnya di Napoli, Jorginho ke Chelsea. Jorginho akan menjadi duet yang bagus bagi Ngolo Kante maupun Cesc Fabregas di lini tengah Chelsea. 

Kemampuan yang baik saat bertahan dan mendistribusikan bola akan menjadi senjata Jorginho untuk mencuri perhatian penonton di laga malam nanti, dan di Liga Inggris musim 2018/19. 

Di kubu lawan, Riyad Mahrez menjadi senjata baru bagi armada Pep Guardiola. Mahrez akan menjadi sayap baru bagi Man City sekaligus sumber gol baru. 

Musim lalu, Mahrez mencetak 12 gol dan 11 assist dari 36 penampilan di Liga Primer Inggris. Perpaduan Mahrez dan Leroy Sane di kedua sayap Man City bisa menjadi kombinasi yang apik musim 2018/19 ini. 

Menarik dinantikan duel dari Jorginho dan Mahrez di laga nanti mengingat kedua pemain memiliki posisi dan peran yang bisa saling menjatuhkan dalam pertandingan. 


3. Gelar Perdana

Piala Community Shield.

Laga Chelsea vs Man City akan menjadi peluang bagi kedua tim dan juga kedua pelatih untuk meraih gelar perdana musim ini. Tak hanya itu, laga malam nanti bisa menjadi penentuan siapa pelatih yang lebih dulu merasakan gelar COmmunity Shield antara Sarri dan Guardiola. 

Ini adalah laga Community Shield perdana bagi Guardiola usai datang ke Etihad Stadium di musim 2016/17. Dan ini juga merupakan laga pertama bagi Maurizio Sarri di ajang Community Shield dan bisa menjadi gelar pertamanya bagi Chelsea, sekaligus gelar perdananya di tanah Inggris. 

Menengok fakta itu, kedua pelatih akan serius menghadapi laga Community Shield dan mengusahakan yang terbaik demi gelar perdana di musim ini. 

Pembagian Grup Asian Games 2018 Cabang Sepakbola Putra

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Asian Games 2018 di  INDOSPORT

ChelseaManchester CityPreviewPep GuardiolaCommunity ShieldMaurizio SarriRiyad MahrezLiga InggrisJorginhoPreview Big Match

Berita Terkini