x

3 Alasan Rashford Belum Pantas Kenakan Nomor Punggung 10 di Man United

Senin, 6 Agustus 2018 09:32 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak

INDOSPORT.COM - Manchester United (MU) kembali harus menerima hasil kurang memuaskan dalam laga tur pramusimnya. Bermain di Allianz Arena, Senin (06/08/18), pasukan Setan Merah takluk 0-1 atas tuan rumah Bayern Munchen.

MU tak mampu membalas gol semata wayang Munchen yang dicetak oleh Javi Martinez pada menit ke-59. Kekalahan ini sendiri merupakan yang kedua bagi MU dari enam pertandingan pramusim terakhirnya.

Meski kalah, ada satu pemandangan yang begitu mencolok dari tim besutan Jose Mourinho itu pada laga dini hari tadi. Striker mereka, Marcus Rashford yang dimainkan sejak menit awal setelah kembali dari liburannya, terlihat mengenakan kostum dengan nomor punggung baru.

Baca Juga

Sejak dipromosikan pada musim 2016/17, Rashford mengenakan nomor punggung 19. Namun, dalam laga yang digelar malam kemarin,  striker berusia 20 tahun itu masuk ke lapangan dengan mengenakan nomor punggung 10.

Nomor punggung 10 sendiri pada umumnya dikenakan oleh pemain yang dianggap penting dan spesial dalam sebuah tim sepak bola. MU sendiri punya sejarah manis dengan nomor punggung 10. Ada nama-nama seperti David Beckham, Teddy Sheringham, Ruud Van Nistelrooy, Wayne Rooney, hingga Zlatan Ibrahimovic, yang pernah mengenakan nomor kebanggaan itu bersama Setan Merah.

INDOSPORT merangkum tiga alasan kalau Rashford belum pantas kenakan nomor punggung 10 di MU. Apa sajakah alasan yang dimaksudkan itu? Berikut ulasannya.


1. 1. Jarang mendapatkan tempat utama

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho beserta anak asuhnya, Marcus Rashford.

Rashord pertama kali bermain untuk tim senior Setan Merah dalam laga Liga Europa kontra FC Midtjylland pada 25 Febuari 2016 lalu. Kala itu, MU masih ditangani Louis Van Gaal.

Debut Rashford itu terbilang mengesankan. Rashford yang masih berusia 18 tahun sukses menjaringkan dua bola ke gawang lawan dalam laga tersebut. Hal ini langsung membuatnya hangat dibicarakan dalam dunia berita olahraga, karena penampilannya yang impresif itu.

Setelahnya, Rashford terus dipercaya tampil di skuat senior, bahkan digadang-gadang menjadi bintang sepak bola masa depan The Red Devils yang paling menjanjikan saat ini. Musim 2015/16 pun diselesaikannya dengan mencetak 8 gol dari 16 laga (15 laga sebagai starter).

Namun, seiring bergantinya kursi kepelatihan MU dari Van Gaal ke Jose Mourinho, nasib Rashford mulai berubah. Ia jarang dipercaya bermain sebagai starter oleh Mourinho.

Musim 2016/17, Rashford tampil 53 kali, yang 23 diantaranya berperan sebagai pemain pengganti. Berlanjut ke musim 2017/18, dari 52 kali penampilan Rashford bersama MU, hanya 25 diantaranya yang dijalani sejak menit pertama.

Pemandangan ini jelas kontras dengan para pemegang nomor punggung 10 MU sebelumnya. Mari bandingkan dengan Rooney terlebih dahulu.

Rooney baru mendapat nomor punggung 10 di MU pada musim 2007/08. Semusim sebelumnya, yakni musim 2006/07, dari 55 kali penampilan, Rooney sudah berperan sebagai starter sebanyak 51 kali.


2. 2. Butuh pembuktian kualitas lagi

Striker Man United, Marcus Rashford.

Tak hanya jarang mendapatkan tempat utama, kualitas Rashford sebagai pemegang nomor 10 MU juga layak untuk diragukan. Setidaknya dalam dua hal teknis saja, yakni ketajaman serta konsistensi bermainnya. 

Bersama MU, Rashford sudah tampil sebanyak 121 kali. Namun, torehan gol Rasford masih terbilang jauh dari kata sensasional, yakni hanya 32 gol.

Mungkin bisa sedikit mendapat pemakluman. Meskipun posisi aslinya adalah penyerang tengah, Rashford kerap dimainkan oleh Mourinho di sisi sayap kiri.

Namun, ketika dimainkan sebagai sayap kiri, kontribusi Rashford pun juga kurang mencolok. Bahkan, seperti dilansir  Skysports,  Mourinho pernah melontarkan kritik berbau sarkas kepada Rashford.

"Selama 10 bulan, saya mendapatkan pertanyaan, Mengapa selalu Lukaku? Mengapa selalu Lukaku? Mengapa selalu pemain ini? Kini, Anda bisa mengetahui jawabannya," ujar Mourinho paca Rahsford tampil buruk kala MU kalah 0-1 dari Brighton and Hove Albion pada 05/05/18 lalu.


3. 3. Masih terlalu muda

Bintang muda Manchester United, Marcus Rashford.

Rahsford kini masih berusia 20 tahun. Ia sudah dibebani tugas mengenakan nomor punggung 10 di MU.

Mungkin berbicara soal umur adalah hal yang relatif. Namun, bila mental belum kuat, mengenakan nomor punggung 10 tentu hanya akan menjadi sebuah beban. 

Baca Juga

Apalagi, bila berkaca pada lima pemain terakhir yang pernah mengenakan nomor punggung 10 MU, Rashford adalah yang paling muda. Rooney mengenakan nomor punggung 10 saat umurnya sudah 22 tahun, Beckham saat berumur 21 tahun, Nistelrooy di usia 25 tahun, Sheringham 31 tahun, dan Ibrahimovic 35 tahun.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT.COM.

Manchester UnitedBayern MunchenMarcus RashfordLiga Inggris

Berita Terkini