x

Berkali-kali! 3 Kejadian Malaysia Lecehkan Bendera Merah-Putih Indonesia

Senin, 6 Agustus 2018 17:39 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Malaysia beberapa kalo lecehkan bendera Indonesia.

INDOSPORT.COM - Malaysia tampaknya tak pernah bosan untuk terus membuat masyarakat Indonesia geram. Pasalnya mereka dalam beberapa kesempatan kedapatan melecehkan Indonesia, salah satunya di ajang olahraga.

Pelecehan yang dilakukan oleh pihak Malaysia adalah dengan membalikan bendera pusaka Indonesia, yakni merah-putih menjadi putih-merah. Entah hal tersebut disengaja atau bukan, yang jelas masyarakat tidak ada yang tahu pasti.

Dalam satu tahun saja, tepatnya dari 2017 lalu, Malaysia telah melakukan pelecehan terhadap bendera Indonesia sebanyak tiga kali. Pelecehan ini sendiri dilakukan selalu di pagelaran olahraga.

Baca Juga

Oleh sebab itu INDOSPORT.COM coba merangkum tiga insiden Malaysia yang berkali-kali melecehkan bendera Indonesia. Berikut ulasannya untuk penggila sepak bola.


1. Bendera Buku Panduan SEA Games 2017

Bendera Kontingen Indonesia terbalik

Insiden pertama yang dilakukan Malaysia adalah terpampangnya bendera Indonesia di dalam buku panduan SEA Games 2017. Saat itu Malaysia kedapatan menjadi pagelaran pesta olahrga tersebut.

Bendera terbalik Indonesia terlihat pada halaman ke-80 buku panduan SEA Games 2017. Insiden ini langsung ramai diperbincangkan hingga Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, ikut marah karena hal tersebut.

Baca Juga

"Saya kaget setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik di buku panduan SEA Games XXIX," tutur Imam Nahrawi saat menghadiri Pembukaan SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/08/17) malam.


2. Pemain Malaysia U-16

Pemain Malaysia U-16 Amirul Ashrafiq Hanifah

Selang beberapa bulan kemudian ada pesepak bola muda Tim Nasional Malaysia U-16 Amirul Ashrafiq Hanifah tanpa alasan pasti memasang bendera Indonesia terbalik. Kejadian tersebut bermula dari unggahan di akun media sosial Instagram Story pribadinya.

"AFF U-16 semoga kami beruntung (bendera Malaysia) Beran (bendera Indonesia terbalik)," tulis akun @amirulash9 usai diterjemahkan ke Bahasa Indonesia disertai foto skuat Malaysia U-16, Jumat (27/07/18).

Baca Juga

Hal tersebut membuat masyarakat geram dan langsung menggeruduk akun Instagram Amirul. Pembelaan juga langsung disampaikan melalui asisten pelatih Malaysia U-16 Raja Shah Raja So'ib.

"Saya minta maaflah, apa yang sudah menjadi kesalahannya. Sebenarnya tidak ada niat, mungkin dia salah memasukkan bendera," katanya saat kepada awak media, Sabtu (28/07/18).

Pemain Timnas U-16 Malaysia melecehkan Indonesia.

3. Oknum Atlet Malaysia

Bendera Polandia, warna putih dan merah kebalikan dari bendera Indonesia.

Terakhir dan menjadi yang terbaru adalah oknum atlet olahrata tarung Malaysia yang bernama Luqman Hakim. Dirinya juga ikut melecehkan bendera kebangsaan Indonesia melalui akun media sosial Instagram pribadinya.

Dalam unggahan tersebut Luqman memasukkan bendera Malaysia di atas kepala para kontingen Negeri Jiran, lalu menaruh bendera Indonesia dengan terbalik di atas foto para atlet Tanah Air. Entah disengaja atau tidak tindakan tersebut sungguh kurang menyenangkan.

Baca Juga

Namun tidak lama berselang Luqman langsung meminta maaf ke hadapan publik melalui akun Instagram yang bernama @luqmannnhakimmm_.

“Saya memohon maaf atas kesalahan saya. Sumpah (saya) tak berniat membalikan bendera (Indonesia),” tulis Luqman usai diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, Senin (06/08/18).

Sungguh kejadian ini sangat merugikan bagi Indonesia. Apalagi Malaysia sebelumnya juga sempat ingin menjalin hubungan baik menjelang Asian Games 2018 dengan kehadiran Menpora Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman ke Tanah Air.

Luqman Hakim melecehkan bendera Indonesia.

Kami segenap Tim Redaksi INDOSPORT.COM tetap turut memberikan doa serta harapan yang terbaik kepada masyarakat yang berada di Lombok, untuk dihindarkan dari segala bahaya yang ada.

Tetap Kuat, Lombok!

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT.COM.

IndonesiaMalaysiaSEA Games 2017Bola InternasionalPiala AFF U-16 2018TRIVIA

Berita Terkini