x

Selain Kovacic, 11 Pemain Ini Pernah Boikot Sesi Latihan Klub

Rabu, 8 Agustus 2018 16:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pemain Kroasia Mateo Kovacic di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.com – Mateo Kovacic telah bergabung dengan daftar pemain yang pernah menolak untuk mengikuti latihan bersama skuat mereka.

Real Madrid mungkin tengah bersiap – siap untuk kehilangan Luka Modric musim panas ini, namun di samping itu juga Mateo Kovacic mangkir dari jadwal latihan.

Baca Juga

Mateo Kovacic pada hari Senin (06/08/18) telah menolak ikut latihan sebagai bagian dari aksi protesnya untuk segera dijual ke klub lain. Pemain asal Kroasia itu mengisyaratkan tidak bahagia terhadap keputusan manajemen klub yang tidak menjualnya di bursa transfer.

Pasalnya Kovacic terkait dengan kepindahan ke Man City. Dirinya pun telah memberikan isyarat untuk bergabung dengan kubu besutan Pep Guardiola musim panas ini. 

Memang banyak pemain yang melakukan strategi ini untuk mencoba memaksa klub untuk menjualnya. Los Blancos sendiri sudah jelas tidak ingin kehilangan gelandang mereka yang sangat penting di masa depan, seperti halnya Toni Kroos dan Modric.

Namun Kovacic bukan pemain pertama yang pernah mencoba trik ini, ada 11 pemain yang pernah menolak latihan, sebagaimana dirangkum dari Marca.


1. 1. Diego Costa

Diego Costa, striker Timnas Spanyol.

Mantan pemain Chelsea itu pernah menerima pesan teks dari Antonio Conte pada musim panas 2017. Hal itu membuatnya kembali ke Brasil dan tinggal di sana menunggu keputusan The Blues untuk menjualnya ke Atletico Madrid.

Sayangnya klub tak bergeming hingga akhirnya pemain internasional Spanyol itu meninggalkan klub di jendela transfer saat itu. Costa berlatih dengan Timnas U-21 hingga bulan Januari 2018 dan akhirnya diizinkan bermain di La Liga Spanyol untuk Atletico Madrid.

2. Ousmane Dembele

Kala itu Dembele diincar Barcelona untuk menggantikan Neymar, setelah dirinya menghabiskan satu musim yang mengesankan bersama Borussia Dortmund. Dembele yang berminat ke Catalan melakukan aksi mogok latihan untuk mendorong transfer itu terjadi.

Dortmund waktu itu tidak akan melepas Dembele di bawah harga 100 juta euro atau Rp1,7 triliun. Namun Dortmund akhirnya meluluskan keinginan Dembele untuk pindah, meskipun kritikan keras datang dari Hans-Joachim Watzke.

3. Philippe Coutinho

Barcelona pernah berjuang untuk bisa mendatangkan Philippe Coutinho di musim panas tahun lalu. Sayangnya Liverpool tidak menerima tawaran apapun dan enggan melepas Coutinho pergi. Klub Merseyside itu juga bahkan menandatangani kontrak baru dengan gelandang asal Brasil sebelum Januari lalu.

Sayangnya pernyataan Jurgen Klopp sempat membuat Coutinho terluka sehingga membuatnya mangkir bermain untuk The Reds sampai jendela transfer ditutup. Barcelona pada akhirnya berhasil mengamankan jasa Coutinho dengan nilai rekor pada bulan Januari musim yang sama.

4. Gareth Bale

Real Madrid dan Tottenham Hotspur sudah lama diketahui kerap menjalin hubungan soal transfer pemain antara kedua klub. Hal ini ini terbukti ketika Daniel Levy tarik ulur di jendela musim panas 2013 ketika Los Blancos mencoba memboyong Gareth Bale.

Kala itu pemain asal Wales merasakan minat Madrid yang sangat tinggi terhadapnya. Akhirnya ia pun bertekad untuk pergi dan memutuskan absen di masa pramusim akibat cedera. Cedera tersebut kemudian menjadi alasan yang begitu lucu, pasalnya Bale justru mewakili Wales dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014.


2. 5. Luka Modric

Pemain Krosia, Luka Modric.

Setiap klub di Eropa sudah membuktikan susahnya berurusan dengan ketua Tottenham ketika ingin membeli salah satu pemain mereka. Hal ini dialami pula oleh Sir Alex Ferguson dan David Gill dari Manchester United, yang kapok berhubungan dengan Levy setelah kepindahan Dimitar Berbatov pada tahun 2008.

Modric ingin meninggalkan White Hart Line dan menolak latihan ketika Chelsea juga tertarik dengannya di musim panas 2011. Pada tahun 2012, ia pun melakukan hal yang sama dengan tidak berangkat ke tur pramusim Amerika Serikat bersama The Spurs sebelum akhirnya bergabung dengan Real Madrid.

6. Sergio Aguero

Kala itu Aguero sangat didukung oleh para penggemar Atletico Madrid menjelang hari-hari terakhirnya di ibukota Spanyol. Pemain asal Argentina itu menginginkan bermain di klub yang lebih luas, mengingat kala itu Atletico masih terbilang klub yang kecil.

Manchester City akhirnya berhasil menandatangani kepindahannya setelah striker tersebut memutuskan tidak kembali latihan pramusim dari Argentina. Tujuh tahun berlalu Aguero menjadi dambaan baru di Liga Primer Inggris dengan memenangkan tiga gelar dan mencetak 200 gol untuk Langit Biru.

7. Franck Ribery

Ribery menikmati musim di Bayern Munchen dengan sarat trofi, namun ia berada di ambang pintu keluar pada tahun 2009 setelah hubungannya memburuk dengan Louis Van Gaal. Pemain sayap itu sangat ingin keluar dari Munchen dengan Madrid berniat untuk merekrutnya.

Setelah mengumumkan secara terbuka keinginannya untuk pindah ke Santiago Bernabeu, Ribery hanya duduk di luar latihan selama beberapa hari sebelum akhirnya kembali bekerja lantaran tidak ada kesepakatan yang tercapai antar kedua klub.


3. 8. Cesc Fabregas

Cesc Fabregas gelandang Chelsea

Transfer Fabregas paling lama menjadi kontroversial dengan di tahun 2011 ia memaksa keluar daari Arsenal untuk kembali ke klub masa kecilnya.

Arsene Wenger pun berusaha meyakinkan pendukung The Gunners tidak akan melepas Fabregas pergi. Fabregas akhirnya menolak latihan pramusim dan kemudian menandatangani kontrak dengan kubu Pep Guardiola.

9. Ronaldo Nazario

Sosok Ronaldo tetap menjadi ikon sepak bola dengan kariernya yang mirip seperti buku cerita. Ronaldo pernah dua kali mendesak keluar dari klub.

Pertama ketika ia ingin bergabung dengan Barcelona setelah menandatangani kontrak dengan PSV Eindhoven. Kemudian setelah membintangi Piala Dunia 2002, ia mangkir latihan untuk memboikot kepindahannya ke Real Madrid.

Baca Juga

10. Carlos Tevez

Teves pernah menolak untuk latihan dan bermain dalam pertandingan untuk Manchester City. Kala itu Roberto Mancini pernah mengatakan kepada penyerang Argentina untuk latihan di laga Liga Champions melawan Bayern Munchen tetapi ditolak.

Tevez kemudian mengasingkan diri selama dua bulan dari aktivitas Man City dan menghabiskan waktunya dengan bermain golf di Buenos Aries. Namun kejadian ini bukan karena Tevez ingin hengkang, nyatanya Tevez kembali dan membawa Man City menjuarai Liga Primer Inggris pertama mereka.

11. Dani Alves

Pada 2007, Dani Alves pernah menolak ambil bagian di laga Liga Champions untuk Sevilla karena dirinya ingin bergabung dengan Chelsea. Kala itu Liverpool juga menginginkan jasa bek itu, namun akhirnya klub Andalusia itu berhasil membujuk Alves bertahan satu musim lagi.

Ini juga menjadi momen menentukan bagi karier Alves ketika dirinya bergabung dengan Barcelona dan menjadi salah satu pemain terbesar klub yang pernah ada.

Air Mata Jadi Bahan Bakar Semangat Timnas U-16

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT.

Bursa TransferReal MadridMateo KovacicLaLiga SpanyolBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini