x

Tak Selamanya Gemilang, Ini 3 Blunder yang Pernah Dilakukan Courtois di Chelsea

Kamis, 9 Agustus 2018 12:35 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
Gol Jarak Jauh Charlie Adams ke gawang Courtois.

INDOSPORT.COM - Setelah lama disiukan akan meninggalkan Chelsea, Thibaut Courtoius secara resmi akhirnya meninggalkan klub asal London itu untuk berlabuh ke Real Madrid mulai musim 2018/19 ini.

Didatangkan Real Madrid dengan bandrol 35 juta Pounds atau setara Rp649 Miliar ditambah peminjaman Mateo Kovacic ke Chelsea, nilai tersebut dianggap beberapa kalangan terlalu murah bagi penjaga gawang sekelas Courtois.

Pendapat tersebut memang masuk akal jika kita menengok penampilannya bersama The Blues selama ini, termasuk mampu memberikan gelar juara liga inggris 2016/17. 

Baca Juga

Meski begitu, seperti banyaknya penjaga gawnag lain. Courtois juga tak luput dari beberapa kesalahan saat membela Chelsea. Blunder juga acap kali dilakukan penjaga gawang Timnas Belgia itu.

Kapan dan bagaimana blunder yang dilakukannya, berikut INDOSPORT merangkumkan  beberapa.


1. Chelsea vs Stoke City

Gol Jarak Jauh Charlie Adams ke gawang Courtois.

Di Penghujung musim 2014/15, Courtois sempat melakukan blunder fatal ketika menghadapi Stoke City di Stamford Bridge.

Blunder tersebut tercipta ketika dirinya maju terlalu jauh saat Chelsea melakukan serangan. Ketika serangan itu gagal dan bola berhasil direbut pemain Stoke City, posisi Coutrois yang tak ideal itu mampu dimanfaatkan gelandang Stoke asal Skotlandia, Charlie Adam.

Melihat posisi penjaga gawang 26 tahun itu, Adam dengan jeli langsung melesatkan tembakan keras dari tengah lapangan. Dan sesuai dengan yang direncanakan mantan pemain Liverpool itu, bola yang dilesatkannya tak mampu terjangkau Courtois hingga masuk melewati garis gawang Chelsea.


2. Chelsea vs Hull City

Blunder Courtois saat berhadapan dengan Hull City

Mundur sebulan kebelakang, blunder juga pernah dilakukan Courtois ketika menghadapi Hull City, (22/03/15).

Lebih parah lagi, blunder itu dilakukannya akibat mencoba mengecoh pemain Hull di kotak penaltinya sendiri.

Mendapatkan umpan pendek dari Branislav Ivanovic, Courtoius yang ditekan pemain Hull City justru mencoba memainkan bola seraya mengecoh lawannya itu.

Namun sayangnya kontrol bola yang tak maksimal membuat bola yang digoceknya bergerak liar ke arah

bola yang coba di goceknya itu justru bergerak liar terlalu jauh dan mengarah ke kaki pemain Hull City Abel Hernandez yang tanpa kesulitan langsung menceploskan bola ke gawang Chelsea.


3. Chelsea vs Barcelona

Lionel Messi

Buat seorang penjaga gawang, kemasukan gol lewat kolong antara kaki mungkin merupakan hal yang bisa dimaklumi. Namun buat penjaga gawang sekelas Thibaut Courtois hal tersebut sempat membuat namanya dicemooh beberapa pendukung Chelsea, apa lagi kejadian gol seperti itu dialaminya sebanyak dua kali dalam satu pertandingan.

Kemasukan lewat kolong antara dua kaki dialami Courtois ketika Chelsea bertandang ke markas Barcelona di babak 16 besar Liga Champions 2017/18.

Selain dua kali, kejadian itu juga dilakukan oleh pelauku yang sama, Lionel Messi. Pada gol pertama, Messi yang sebenarnya sudah berada di sudut sempit kanan kotak penalti Chelsea mencoba melepaskan sepakan dengan kaki terlemahnya, kaki kanan.

Courtois yang juga sudah menutup ruang tembak, jutru lengah menjaga sela-sela kakinya, sehingga bola yang meluncur datar itu bisa lolos dan masuk melewati garis gawang.

Dibabak kedua, pada posisi yang berbeda kejadin serupa kembali terjadi. kal itu sepakan kaki kiri Lionel Messi dengan kekuatan yang lebih keras tak bisa ditangkap Courtois yang justru melompat hingga bola bisa melewati kolong diantara kakinya.

Ikuti terus berita seputar bursa transfer liga-liga top Eropa di INDOSPORT.

 

Real MadridChelseaBarcelonaLionel MessiThibaut CourtoisStoke CityLiga Primer InggrisCharlie AdamLiga InggrisAbel Hernandez

Berita Terkini