x

3 Alasan Mengapa Real Madrid Sulit Menjuarai La Liga Musim Ini

Jumat, 10 Agustus 2018 16:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Zinedine Zidane dan Real Madrid usai juara Liga Champions 2017/18.

INDOSPORT. COM - Real Madrid bisa dibilang adalah klub terbaik di muka bumi ini. Di Spanyol, mereka telah memenangkan 64 gelar termasuk 33 gelar La Liga

Di Eropa, mereka memenangkan 25 trofi termasuk 13 trofi Liga Champions. Raihan tiga gelar Liga Champions dalam tiga musim terakhir kembali mengukuhkan status Los Blancos sebagai yang terbaik. 

Namun, sehebat apapun Real Madrid, mereka seperti kesulitan merebut dominasi La Liga dari Barcelona, khususnya dalam 10 tahun terakhir. Dalam rentang waktu tersebut, Madrid hanya memenangkan dua gelar. Berbanding dengan Barcelona yang merengkuh tujuh gelar juara. 

Baca Juga

Dengan menganalisis peta kekuatan sepak bola Eropa saat ini, setidaknya ada tiga alasan kuat mengapa Real Madrid bakal kembali kesulitan untuk juara pada La Liga musim 2018/2019 ini. 


1. 1. Julen Lopetegui

Julen Lopetegui saat diperkenalkan sebagai pelatih anyar Real Madrid.

Julen Lopetegui kini telah resmi menjadi pelatih Real Madrid. Namun, timbul pertanyaan, mampukah ia membawa juara tim sebesar Real Madrid di musim pertamanya?

Jika melihat rekam jejaknya, ia sebenarnya belum benar-benar meraih apa-apa dalam kariernya. Gelar juara yang diraihnya hanyalah di level junior saat membawa Spanyol U-19 dan U-20 juara Piala eropa. 

Mungkin ia memiliki potensi. Namun, juara di musim pertamanya bersama Real Madrid sepertinya menjadi tugas yang sangat berat. 


2. 2. Kehilangan Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo, pemain megabintang Real Madrid.

Cristiano Ronaldo tak diragukan lagi merupakan sosok paling sentral dalam kesuksesan Real Madrid merajai Eropa dalam lima tahun terakhir. 

Rekor-rekor gol fantastisnya sangat membantu pencapaian Real Madrid. Ia adalah pemain terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki Real Madrid.

Tentunya, dengan kehilangan soosk Ronaldo, kekuatan Real Madrid akan menurun drastis. Apalagi jika mengingat Los Blancos belum juga mendapatkan pengganti yang sepadan untuk dirinya. 

Fans Real Madrid tentunya bakal bersedih hati jika membayangkan El Real hanya bergantung pada barisan depan mereka saat ini. 

Gareth Bale sering mengalami cedera sementara Karim Benzema tak kunjung menemukan form terbaiknya sebagai striker tajam di lini depan.


3. 3. Pesaing Real Madrid yang Semakin Kuat

Arturo Vidal gabung Barcelona

Di saat Real Madrid kehilangan Cristiano Ronaldo, pesaing-pesaing Los Blancos justru kedatangan bintang-bintang kelas dunia. 

Saat ini hanya dua klub yang bisa disebut sebagai pesaing Madrid, yaitu Atletico dan Barcelona. 

Atletico Madrid di bursa transfer ini telah mendatangkan Thomas Lemar. Sementara Barcelona lebih heboh lagi karena berhasil menggaet Malcom dan Arturo Vidal. 

Kondisi ini tentunya bisa semakin menyulitkan Real Madrid untuk menggaet gelar La Liga ke-34 mereka. 

Real MadridCristiano RonaldoLaLiga SpanyolLiga Spanyol

Berita Terkini