x

3 Tokoh Politik Dunia dan Klub Sepak Bola Idolanya

Jumat, 10 Agustus 2018 14:28 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Sepak bola memang akan selalu bertentangan dengan politik. FIFA bahkan dengan tegas, melarang campur tangan berbagai agenda politik ke dalam urusan sepak bola.

Meski begitu, setiap orang tentu berhak bila ingin menyukai olahraga mengolah si kulit bundar ini. Tak terkecuali, untuk mereka para tokoh politik.

Ya, beberapa tokoh politik ternama dunia diketahui sebagai penggemar sepak bola. Bahkan, mereka juga menjadi fans setia dari sebuah klub.

Baca Juga

Kisahnya pun juga bermacam-macam. Ada yang hanya mencintai dari kejauhan, ada yang ingin membangun stadion untuk klubnya, ada pula yang kerap menonton langsung ke stadionnya.

Lalu, siapa sajakah tokoh politik dunia yang dimaksudkan tersebut? Berikut ulasannya. 


1. Pangeran William - Aston Villa

Pangeran William (kiri) menonton laga Aston Villa dari tribun penonton.

Pangeran William mungkin sangat bersedih kala melihat klasemen akhir Liga Inggris musim 2015/2016. Bagaimana tidak, pada musim itu, tim idolanya yang berasal dari kasta kedua Liga Inggris, Aston Villa, harus menempati papan bawah dan terjerembap dalam jurang degradasi.

Ya, kecintaan Pangeran William terhadap Aston Villa ini memang sudah diketahui sejak lama. Kisah itu bermula ketika Pangeran William bersekolah di Eton College, Berkshire, yang notabene terkenal sebagai salah satu basis kuat penggemar Aston Villa.

Awalnya, ia hanya ingin mendukung tim yang berbeda dari teman-temannya. Sang pangeran ingin mendukung tim yang berada di papan tengah, dan menjatuhkan pilihannya kepada Aston Villa.


2. Vladimir Putin - Zenith St. Petersburg

Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Nama Putin dan sepak bola tersa begitu identik belakangan ini. Maklum saja, selaku Presiden Rusia, ia kerap tampil di hadapan publik dalam gelaran Piala Dunia 2018 lalu.

Namun, yang dilakukannya itu ternyata bukan hanya sekedar kewajibannya sebagai presiden semata. Ia ternyata benar-benar merupakan sosok yang menggilai sepak bola.

Ya, dahulu Putin lahir dan dibesarkan di kota St. Petersburg. Putin yang menggilai sepak bola pun akhirnya mengidolai klub di kotanya tersebut, yakni Zenith St. Petersburg.

Semasa menjadi Presiden, kecintaan Putin terhadap Zenith tak sama sekali luntur. Putin dikabarkan pernah memiliki niatan untuk membangun stadion baru bagi Zenith dan dinamai "Vladimir Putin Stadium".


3. Barrack Obama - West Ham United

Barrack Obama.

Mantan presiden Amerika Serikat ini, memang terkenal sebagai pria yang handal dalam bermain basket. Bahkan, dahulu semasa masih menimba ilmu di Punahou School, Hawai, Obama masuk ke dalam tim basket sekolahnya.

Terlepas dari itu semua, mungkin banyak yang tidak tahu, kalau ternyata Obama juga menggilai sepakbola. Menurut kabar yang beredar, Obama merupakan penggemar berat dari klub asal Inggris, West Ham United.

Baca Juga

Bahkan, salah satu sponsor dari Westham pernah memberikan tiket gratis bagi Obama untuk bisa menontong langsung pertandingan di Stadion Upton Park (stadion West Ham yang dulu). 

Berikut Ini Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

FIFAAston VillaWest Ham UnitedBarack ObamaVladimir PutinBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini