x

4 Saingan Terberat Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018

Sabtu, 11 Agustus 2018 12:12 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Timnas Indonesia U-23.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 ditargetkan menembus semifinal cabor sepak bola Asian Games 2018. 4 negara ini menjadi saingan berat bagi Indonesia di Asian Games 2018. 

Cabang olahraga sepak bola di Asian Games 2018 telah resmi dimulai pada Jumat (10/08/18). Laga Laos vs Hong Kong menjadi pertandingan pertama yang digelar untuk cabor sepak bola. 

Pada pertandingan itu, Laos kalah 1-3 dari Hong Kong. Dan di pertandingan berikutnya yang mempertemukan Palestina vs Taiwan, skor 0-0 tersaji. 

Empat negara yang sudah bertanding tersebut merupakan saingan Timnas Indonesia U-23 di Grup A. Meskipun, empat negara tersebut bukanlah pesaing sesungguhnya bagi anak asuh Luis Milla. 

Baca Juga

Karena sejatinya ada 4 negara kuat yang bisa saja menjadi batu sandungan Timnas Indonesia U-23 untuk mencapai babak semifinal. Berikut ini adalah 4 saingan terkuat Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018. 


1. Korea Utara

Korea Utara Asian Games 2018

Korea Utara menjadi salah satu negara yang punya tradisi di cabor sepakbola Asian Games. Korea Utara sudah tiga kali lolos ke final cabor sepak bola Asian Games. 

Hasilnya, 1 medali emas di Asian Games 1978 Bangkok, dan 2 medali perak masing-masing di Asian Games 1990 Beijing dan Asian Games 2014 Incheon. Melihat catatan itu, Korea Utara bisa kembali menunjukkan tajinya di Asian Games 2018. 

Korea Utara sendiri tergabung di Grup F Asian Games 2018 bersama Arab Saudi, Iran dan Myanmar. Berikut ini skema yang bisa mempertemukan Indonesia dan Korea Utara. 

- Jika Indonesia juara Grup A, dan Korea Utara runner up Grup F, maka kedua negara akan bertemu di babak perempatfinal. 

- Jika Indonesia runner up Grup A, dan Korea Utara peringkat 3 Grup F, maka kemungkinan (tergantung undian) maka juga akan bertemu di babak perempatfinal. 

- Jika Indonesia peringkat 3 terbaik Grup A dan Korea Utara juara Grup F, maka kemungkinan (tergantung undian) juga akan bertemu di babak perempatfinal. 


2. Jepang

Jepang Asian Games 2018.

1 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu menjadi prestasi yang pernah ditorehkan Jepang di cabor sepak bola Asian Games. Maka tak berlebihan jika memasukkan Jepang sebagai salah satu saingan terberat Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018. 

Jepang tergabung di Grup D bersama Vietnam, Pakistan, dan Nepal. Berikut ini skema yang bisa mempertemukan Indonesia dan Jepang. 

- Jika Indonesia runner up Grup A, dan Jepang juara Grup D, maka kedua negara akan bertemu di babak perempatfinal. 

- Jika Indonesia juara Grup A, dan Jepang runner up Grup D, maka kedua negara akan bertemu di babak semifinal.  


3. Iran

Iran Asian Games 2018.

Iran menjadi salah satu negara yang cukup sukses berprestasi di cabor sepak bola Asian Games. 4 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu adalah bukti kekuatan Iran. 

Iran sendiri tergabung ke grup yang cukup ketat, yaitu Grup F. Iran langsung bersaing dengan Korea Utara, Arab Saudi, dan Myanmar. 

Maka skema yang bisa terjadi antara Indonesia dan Korea Utara, juga bisa terjadi dengan Iran. 

- Jika Indonesia juara Grup A, dan Iran runner up Grup F, maka kedua negara akan bertemu di babak perempatfinal. 

- Jika Indonesia runner up Grup A, dan Iran peringkat 3 Grup F, maka kemungkinan (tergantung undian) maka juga akan bertemu di babak perempatfinal. 

- Jika Indonesia peringkat 3 terbaik Grup A dan Iranjuara Grup F, maka kemungkinan (tergantung undian) juga akan bertemu di babak perempatfinal. 


4. Korea Selatan

Korea Selatan Asian Games 2018

Korea Selatan adalah negara tersukses pada cabor sepak bola Asian Games. Negeri Ginseng sudah mengantongi 4 medali emas, 3 medali perak, dan 3 medali perunggu. 

Korea Selatan juga merupakan juara bertahan cabor sepak bola Asian Games. Selain statistik itu, fakta bahwa Korea Selatan akan diperkuat oleh bintang Tottenham Hotspur Son Heung-min, semakin membuat Korea Selatan diunggulkan di Asian Games 2018. 

Son Heung-min dkk tergabung di Grup E bersama Kirgizstan, Malaysia, dan Bahrain. Berikut skema yang bisa mempertemukan Indonesia vs Korea Selatan. 

- Jika Indonesia juara Grup A, dan Korea Selatan peringkat 3 Grup F, maka kedua negara kemungkinan (tergantung undian) bertemu di babak 16 besar. 

- Jika Indonesia runner up Grup A, dan Korea Selatan peringkat 3 Grup F, maka kedua negara kemungkinan (tergantung undian) bertemu di babak perempatfinal. 

Ikuti terus berita soal sepak bola dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT

JepangIranKorea SelatanKorea UtaraAsian Games 2018Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaTRIVIASerba Serbi Asian Games 2018Listicle Asian Games 2018

Berita Terkini