x

Hati-hati! 3 Hal Ini Bisa Buat Laos Kandaskan Timnas U-23

Jumat, 17 Agustus 2018 13:25 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Para pemain Laos berselebrasi pasca mencetak gol ke gawang Palestina.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 wajib meraih kemenangan saat berjumpa Laos U-23 dalam laga ketiga penyisihan Grup A cabang olahraga sepak bola di  Asian Games 2018, Jumat (17/08/18). 

Timnas U-23 kini bertengger di urutan ketiga klasemen sementara dengan raihan tiga poin hasil dari dua kali main. Skuat asuhan Luis Milla tengah tertinggal empat angka dari sang pemuncak klasemen, Palestina.

Menang atas Laos jadi satu-satunya cara untuk mengamankan peluang Indonesia lolos dari babak grup. Apalagi, Pasukan Garuda akan bermain di hadapan publik sendiri yang jelas tak ingin dikecewakan.

Baca Juga

Target kemenangan ini sepertinya tidak begitu sulit untuk direalisasikan. Selain karena faktor tuan rumah, para pemain Indonesia mungkin juga akan memiliki semangat lebih, lantaran bertanding di hari perayaan kemerdekaan sang Merah Putih.

Namun, permainan Indonesia bukan tanpa celah. Kalau saja Skuat Garuda tak waspada, bukan tidak mungkin justru Laos yang akan berpesta di akhir laga.

Berikut ini adalah 3 hal yang wajib diwaspadai oleh skuat Garuda Muda jelang laga melawan Laos pada Jumat (17/08/18) pukul 19.00 WIB nanti.


1. Mental Bertanding Belum Bangkit

Stefano Lilipaly terjatuh dalam laga Timnas Indonesia U-23 vs Palestina U-23.

Timnas Indonesia U-23 sebenarnya datang ke laga kontra Laos dengan mental bertanding yang tak terlalu baik. Ya, Skuat Garuda Muda baru saja menelan kekalahan dari Palestina 1-2 di laga sebelumnya.

Faktor ini jelas menjadi tugas tersendiri bagi sang pelatih, Luis Milla. Pelatih asal Spanyol itu harus bisa membangkitkan mental semangat anak asuhnya dari luka kekalahan.

Kalau saja tugas itu gagal dijalankan dengan baik oleh Milla, bukan tidak mungkin permainan Skuat Garuda menjadi kacau balau. Alhasil, potensi kekalahan dari Laos seolah jadi ancaman nyata.


2. Jangan Terlalu Meremehkan

Stefano Lilipaly melakukan selebrasi dan disusul oleh Muhammad Hargianto.

Berdasarkan data di atas kertas, skuat Timnas U-23 berada di atas Laos. Buktinya, sejauh ini, dalam dua laga di babak grup Asian Games, Indonesia telah mencetak 5 gol, sementara Laos baru 2 gol.

Posisi di klasemen sementara juga semakin memperjelas hal tersebut. Bila Indonesia ada di peringkat ketiga, Laos justru berstatus juru kunci tanpa raihan satu poin pun.

Ibarat dua sisi mata pisau, segala keunggulan tadi bisa jadi ancaman tersendiri bila Timnas U-23 tak waspada. Terlalu meremehkan dan lengah dalam bertahan, bukan tidak mungkin Laos akan memberikan kejutan mengerikan.


3. Laos Tampil Lepas Tanpa Beban

Pesepak bola Palestina Shehab Qumbor (13) berebut bola dengan pesepak bola Laos Aphixay Thanakhanty (24) dalam pertandingan Grup A Asian Games 2018.

Peluang Laos untuk lolos dari babak grup terbilang sudah sangat kecil. Maklum saja, Laos kini berstatus sebagai juru kunci grup.

Bahkan sejauh ini, Laos belum meraih satu poin pun. Dua laga yang telah dijalani Laos kontra Hong kong dan Palestina semuanya berakhir dengan kekalahan.

Baca Juga

Berkaca dari hal ini, Indonesia memang boleh optimis, plus harus waspada pula. Pasalnya, Laos yang sudah tidak punya kepentingan apa-apa, bisa saja tampil lebih lepas dan berpotensi memberikan kejutan. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-23 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Indonesia U-23Asian Games 2018LaosTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini