x

3 Alasan Pantas Messi 'Ditendang' dari Nominasi Pemain Terbaik FIFA

Selasa, 4 September 2018 17:34 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Lionel Messi tidak termasuk dalam daftar pemain terbaik versi FIFA.

INDOSPORT.COM - Pengumuman tiga besar nominasi Pemain Terbaik FIFA menimbulkan kejutan tersendiri. Bagaimana tidak, dalam daftar nama tersebut, tak ada nama pemain megabintang Barcelona, Lionel Messi.

Beberapa waktu lalu, FIFA merilis nama pemain yang masuk ke dalam tiga besar nominasi Pemain Terbaik tahun 2018. Ketiga pemain yang dimaksudkan itu ialah Cristiano Ronaldo, Luka Modric, dan Mohamed Salah.

Messi sendiri awalnya masuk ke dalam kandidat 10 besar. Namun, ketika nominasi sudah mengerucut menjadi tiga besar, nama Messi terlempar dari daftar.

Baca Juga

Fenomena ini lantas menimbulkan kejutan. Dalam 11 tahun terakhir, Messi untuk pertama kalinya keluar dari daftar tiga besar nominasi Pemain Terbaik FIFA.

Ada beberapa alasan yang bisa menguatkan bahwa Messi memang pantas keluar dari nominasi tiga besar. Alasan-alasan tersebut berdasarkan data dan fakta sepanjang gelaran musim 2017/18.

Lalu, apa saja beberapa alasan yang dimaksudkan tersebut? Berikut ulasan INDOSPORT untuk pembaca setia kami.


1. Trofi Kalah Bergengsi

Gareth Bale, Cristiano Ronaldo, dan Karim Benzema memegang trofi Liga Champions.

Messi bukannya tampil buruk sepanjang musim 2017/18. Pria yang dijuluki La Pulga ini sendiri musim lalu berhasil membawa Barcelona merajai gelaran La Liga Spanyol.

Baca Juga

Namun, gelar itu nampak kalah bergengsi dengan yang didapat Ronaldo dan Modric. Ya, musim lalu, keduanya berhasil mempersembahkan trofi Liga Champions bagi Real Madrid.


2. Sorotan Media

Mohamed Salah menjadi ikon menakutkan untuk lawan Liverpool, bersama dengan Roberto Firmino dan Sadio Mane.

Perdebatan justru ada pada nama megabintang Liverpool, Mohamed Salah. Musim lalu, torehan Salah terbilang kalah total dari Messi.

Soal gol, Salah musim lalu total 44 kali berhasil menjebol gawang lawan. Sementara Messi unggul dengan torehan 45 gol. Soal gelar pun demikian. Salah musim lalu tak berhasil meraih gelar apapun bersama klubnya, Liverpool.

Perbedaan yang jelas membuat Salah nampak lebih unggul adalah dari sektor sorotan media. Salah bermain di Liga Inggris, yang mana terkenal sekali dengan sorotan tajam media.

Baca Juga

Salah pun mendapat perhatian lebih lantaran penampilan apiknya sepanjang musim lalu. Nama Salah bahkan sempat mendapatkan simpati begitu besar pasca menerima cedera bahu di partai puncak Liga Champions dari Sergio Ramos, Mei 2018 silam.

Satu hal yang pasti, Salah mampu membuat Liverpool tampak sangat menyeramkan di kancah Liga Champions musim 2017/18 lalu. Di Liga Primer Inggris pun, Liverpool sangat garang pada putaran kedua musim 2017/18.

Serta satu hal yang perlu diingat, Salah menjadi 'Raja' Timnas Mesir yang kala itu berhasil menjadi penentu timnya melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 dari kualifikasi zona Afrika, pasca mengandaskan Kongo dengan skor 2-1.


3. Final Liga Champions

Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah

Seperti pada alasan pertama, Liga Champions memang nampak lebih bergengsi ketimbang kompetisi domestik. Faktor inilah yang lagi-lagi bisa menguatkan bahwa Messi pantas keluar dari tiga besar nominasi.

Baca Juga

Musim lalu, Ronaldo, Modric, dan Salah,  bersama klubnya masing-masing berhasil mencapai laga final Liga Champions. Sementara Messi, langkahnya bersama Barcelona harus terhenti di perempat final setelah takluk dari klub Italia, AS Roma.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

Cristiano RonaldoLuka ModricLionel MessiMohamed SalahBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini