x

3 Penjaga Gawang yang Terkenal Kerap Lakukan Blunder

Selasa, 4 September 2018 20:52 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
Loris Karius tertunduk lesu usai dikalahkan Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Kesalahan merupakan hal yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Setiap orang pun pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya.

Ya, akan sangat lumrah bagi manusia untuk melakukan kesalahan. Tapi, jangan sampai berulang kali ya, sebab kata maaf tak akan selamanya ada.

Apalagi untuk mereka para pemain sepak bola profesional, terlebih yang berposisi sebagai penjaga gawang. Kesalahan alias blunder, jadi hal yang sekiranya harus dihindari untuk terjadi berulang kali.

Baca Juga

Tanpa mengurangi kepentingan pemain di posisi lainnya, sosok penjaga gawang memang begitu vital di balik kesuksesan sebuah tim. Blunder penjaga gawang bisa berdampak pada peluang kubu lawan untuk mencetak gol, sehingga harus amat sangat dikurangi atau bahkan tidak dilakukan sama sekali.

Namun, pada kenyataannya, ternyata ada saja penjaga gawang yang terkenal kerap melakukan blunder. Uniknya, mereka ini ternyata bermain di klub-klub top Eropa.

Lalu, siapa sajakah para penjaga gawang yang dimaksudkan tersebut? Berikut ulasannya!


1. Victor Valdes

Caption

Kiper yang satu ini namanya begitu mencuat selama berkostum Barcelona. Ia membela Blaugrana selama 12 tahun dari tahun 2002 sampai 2014 dan mencatatkan 387 penampilan.

Valdes sendiri ternyata terkenal dengan blundernya selama membela Barcelona. Ia kerap kali melakukan kesalahan yang berujung pada gol dari kubu lawan. Contohnya pada La Liga musim 2012/13, kiper yang pernah berseragam Manchester United ini sudah kebobolan 11 gol dari delapan pertandingan awal kompetisi.

Meski begitu, Valdes tetap berjasa atas kejayaan yang pernah diraih Barcelona. Selama membela klub Catalan, Valdes telah mempersembahkan 21 gelar, baik dari kompetisi domestik, Eropa, maupun internasional.


2. Pepe Reina

Caption

Kiper selanjutnya yang dibahas ialah rekan setim Valdes di Timnas Spanyol, Pepe Reina. Ya, Reina juga menjadi salah satu penjaga gawang yang terkenal kerap melakukan blunder.

Reina namanya begitu mencuat saat berkostum klub Liga Inggris, Liverpool. Pria berkepala plontos itu membela The Reds dari 2005 sampai 2014 dan mencatatkan 285 penampilan.

Namun, selama berkostum Liverpool, Reina kerap kali melakukan blunder yang merugikan tim. Kesalahan Reina sering membuahkan gol bagi kubu lawan.

Meski begitu, Reina tetap berjasa bagi publik Anfield. Ia telah mempersembahkan satu trofi EUFA Super Cup (2005), satu Piala Liga (2011/12), satu gelar Community Shield (2006), dan satu Piala FA (2005/06).


3. Loris Karius

Loris Karius menangis saat timnya dikalahkan Real Madrid di laga final Liga Champions.

Nama kiper yang terakhir sekarang begitu terkenal akan blundernya. Ya, dialah penjaga gawang asal Jerman, Loris Karius.

Kisah awal blunder Karius terjadi pada laga final Liga Champions musim lalu. Kala itu, sang penjaga gawang Liverpool melakukan dua blunder fatal yang membuat timnya kalah 1-3 dari Real Madrid.

Sejak blunder itu, Karius masih saja kerap melakukan kesalahan lainnya. Bahkan, pada masa peminjaman ke Besiktas, Karius kembali blunder di laga debutnya.

Pepe ReinaVictor ValdesKiperLoris KariusBola Internasional

Berita Terkini