x

Starting XI Terbaik Sepak Bola Asian Games 2018 versi INDOSPORT

Selasa, 4 September 2018 09:34 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Starting XI Terbaik Sepak Bola Asian Games 2018 versi INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Asian Games 2018 resmi berakhir dan ditutup dengan megah lewat closing ceremony yang berlangsung pada Minggu (02/09/18) kemarin.

Meski sudah berakhir, sejumlah catatan menarik dari beberapa cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, masih layak untuk dibahas.

Seperti cabor sepak bola putra yang sangat digemari oleh masyarakat Asia, khususnya masyarakat Indonesia. Kali ini, kita berbicara tentang Starting XI terbaik sepak bola Asian Games 2018 versi INDOSPORT.

Baca Juga

Di mana sebelumnya sudah ada Starting XI Terbaik sepak bola putra Asian Games versi media Amerika Serikat, Fox Sport. Namun tidak ada satu pun pemain Timnas Indonesia U-23.

Tapi, kami punya versi sendiri dengan memasukkan sebanyak 2 pemain Timnas u-23 asuhan Luis Milla dengan formasi 4-4-2. Siapa saja? Berikut Starting XI Terbaik Sepak Bola Asian Games 2018 versi INDOSPORT.


1. Kiper

Kiper UEA, Mohammed Alshamsi.

Di barisan paling belakang diisi oleh penjaga gawang asal UEA, Mohammed Al-Shamsi. Pemilihan tersebut cukup mengejutkan lantaran selama babak penyisihan, kiper berusia 21 tahun tersebut sering melakukan blunder.

Baca Juga

Namun ketenangannya dalam tiga kali babak adu tos-tosan sukses menghantarkan UEA meraih peringkat ketiga dan berhak atas medali perunggu.


2. Lini Belakang

Caption

Pemain berusia 22 tahun tersebut sukses menjalankan peran wingback dalam skema 5-2-3 yang diterapkan pelatih Park Hang-seo. 

Meski Rajin membantu serangan, Vu Tanh cukup tangguh membantu pertahanan dan membawa Vietnam melaju hingga partai semifinal.

Pemain klub Shimizu S-Pulsesentral ini, menjadi poros di lini pertahanan Jepang selama gelaran Asian Games 2018 berlangsung, dan membuat Tim Samurai Biru sukses melangkah hingga partai Final.

Masih berusia cukup muda, namun ketenangan pemain berpostur 189 cm tersebut mampu memberikan rasa aman bagi rekan setimnya kala bermain.

Bui Tien Dong bisa disebut sebagai kunci rapatnya pertahanan Vietnam selama babak penyisihan Grup D. 

Pasalnya, pemain berusia 21 tahun itu mampu tenang dan menjaga kesucian gawang The Golden Star dalam lima pertandingan awal mereka di fase grup.

Meski bermain di sektor bek sayap, pemain berusia 20 tahun ini berhasil memberikan sejumlah peluang lewat tusukannya yang sering melakukan overlap.

Bahkan salah satu aksinya sukses membantu Korsel menang telak atas Bahrain 6-0 di laga pembuka Asian Games 2018.


3. Lini Tengah

Lee Seung-Woo

Meski Son heun-Min yang menjadi sorotan di timnas Korsel, namun gelandang Lee Seung-woo patut mendapat perhatian.

Terlebih setelah dua golnya di semifinal dan satu gol di partai puncak, sukses membawa Korsel mempertahankan gelar juara Asian Games 2018.

Nguyen Quang disebut-sebut sebagai salah satu talenta yang akan bersinar di Timnas Vietnam di masa yang akan datang. 

Kegigihanya di lini tengah Vietnam sukses membuat lawan kesulitan menembus kotak 16 The Young Golden Star.

Masih berusia 24 tahun, Ikromjon sebenarnya memakai kuota pemain senior dalam skuat Timnas U-23 Uzbekistan di Asian Games 2018.

Namun, perjudian Ravshan Khaydarov terbukti sukses dengan sumbangan 5 gol yang ditorehkan Alibaev, termasuk satu gol saat pesta gol 6-0 menghadapi Qatar di laga kedua Grup B Asian Games 2018.

Walau masih berusia 20 tahun, namun kelincahan pemain Kyoto Sanga FC ini sukses mengobrak abrik barisan pertahanan lawan yang dihadapinya, terbukti empat gol telah ia ciptakan selama ajang Asian Games 2018 berlangsung.


4. Lini Depan

Stefano Lilipaly (Indonesia U23)

Rasanya tidak sahih jika tidak memasukkan bintang Timnas Indonesia di Starting XI Terbaik Asian Games 2018, siapa lagi kalau bukan Stefano Lilipaly.

Bagaimana tidak, Lilipaly memang tampil moncer saat dirinya dipanggil untuk mengisi kuota pemain senior di skuat U-23 Luis Milla.

Dia menyumbang sebanyak 4 gol, termasuk gol penting pembalik kedudukan pada menit ke-85 saat Timnas menaklukkan Hongkong di laga terakhir Grup A.

Sama seperti Lilipaly, Alberto 'Beto' Goncalves juga memakai kuota pemain senior dalam skuat U-23, di mana usianya sudah sangat tua, yaitu 37 tahun.

Baca Juga

Beto juga mencetak 4 gol untuk Indonesia selama Asian Games 2018. Termasuk 2 gol yang dia cetak, yang merupakan brace pertamanya di Timnas dalam kemenangan 3-0 atas Laos di pertandingan babak Grup A.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT

JepangKorea SelatanVietnamAsian Games 2018Stefano LilipalyTimnas Indonesia U-23Beto GoncalvesLuis MillaBola Internasional

Berita Terkini