x

4 Fakta Luar Biasa Striker Perseru Asal Paraguay yang Ingin Dinaturalisasi

Selasa, 4 September 2018 11:45 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Silvio Escobar

INDOSPORT.COM - Seperti yang sudah diberitakan oleh INDOSPORT beberapa hari lalu, bahwa pemain asing Perseru Serui, Silvio Escobar ingin segera dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Kesuksesan Beto Goncalves bersama Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018 ternyata semakin menghidupkan harapan Silvio Escobar untuk segera menjadi orang Indonesia.

Status sebagai WNI pun menjadi prioritas untuk Escobar saat ini, di samping dirinya juga berharap untuk bisa membela Timnas Indonesia. Ternyata, proses naturalisasi pemain kelahiran Paraguay itu memang sedang berjalan.

Baca Juga

"Saya mulai ajukan sejak (awal) tahun ini. Dan kalau semuanya lancar, Insya Allah (status WNI) saya akan beres pada November atau Desember nanti," ungkap striker yang menjadi mualaf sekitar dua tahun silam tersebut.

Lalu, pemain seperti apa Silvio Escobar itu? seperti apa dirinya dan juga kenapa dia ingin menjadi warga negara Indonesia? Berikut INDOSPORT paparkan sebanyak 3 fakta tentang Silvio Escobar.


1. 1. Berapa Lama di Indonesia?

Perseru Serui (Silvio Escobar)

Seperti yang tercantum dalam Undang-undang No. 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia, penduduk asing yang ingin mendapatkan status WNI harus tinggal di Tanah Air paling tidak 5 tahun selama berturut-turut.

Escobar pun memenuhi syarat dasar tersebut, karena dirinya mengaku sudah tinggal di Indonesia sejak 2013 lalu, meski dari transfermarkt.com, dirinya baru bergabung dengan Madura United pada tahun 2014.

Baca Juga

"Saya sangat cinta negeri ini sejak datang pada 2013. Saya mendapat jodoh saya di sini," ucap Escobar pada Juni lalu kepada wartawan.


2. 2. Pernah Bela 3 Klub Besar Indonesia

Silvio Escobar

Escobar bukanlah penyerang asal-asalan, jarang ada yang tahu ternyata dia pernah membela 3 klub besar Indonesia dalam 3 tahun berturut-turut.

Yaitu saat gabung ke Madura United pada Januari 2014 lalu, kemudian gabung ke PSM Makassar di pertengahan tahun 2015. Tidak begitu bersinar, dia pun memilih Bali United sebagai klub selanjutnya pada pada Maret 2016.

Baca Juga

Kariernya bersama Serdadu Tridatu hanya bertahan hingga Januari 2017 sebelum dia memilih Perseru Serui jelang Liga 1 2017. Hingga kini, dirinya masih setia dengan klub asal Serui itu.


3. 3. Andalan Perseru Serui

Perseru Serui vs Bhayangkara FC (Silvio Escobar).

Sejak bergabung dengan Perseru Serui, penampilan Silvio Escobar pun semakin konsisten dan juga sudah beradaptasi dengan iklim sepak bola Indonesia.

Bahkan di musim pertamanya di Liga 1 2017 lalu, Escobar mampu memainkan semua 34 pertandingan liga bersama Perseru. Dari 34 penampilannya, dia juga berhasil mencetak sebanyak 10 gol dan 3 asis dan hanya satu kartu kuning.

Baca Juga

Di Liga 1 2018 ini, Escobar juga terus-terusan menjadi andalan dan masuk starting line-up Perseru di semua 19 pertandingan yang sudah dilakoni. Dari 19 penampilan sejauh ini, dia sudah cetak sebanyak 6 gol.


4. 4. Pernah 'Lukai' Persib Bandung

Striker Perseru Serui, Silvio Escobar.

Fakta terakhir tentang Silvio Escobar yang sering luput dari perhatian para pecinta sepak bola Tanah Air, namun tidak boleh dilupakan.

Yaitu dirinya menjadi pahlawan Perseru Serui saat berhadapan dengan Persib Bandung di laga lanjutan terakhir Liga 1 2017 pada November tahun lalu.

Perseru saat itu sangat butuh kemenangan atas Persib untuk keluar dari zona degradasi di laga terakhir. Mengejutkan, mereka berhasil menang dengan gol pertama tercipta pada menit ke-70 berkat Ryutaro Karube.

Gol kedua yang menjadi gol penentu kemenangan Perseru dan memupuskan harapan Persib untuk menang di kandang sendiri, dicetak oleh Silvio Escobar pada menit ke-81.

Baca Juga

Menurut kamu, jika sudah dinaturalisasi, dengan 3 fakta di atas, apakah Silvio Escobar layak dipanggil oleh Timnas Indonesia? 

Perseru SeruiPersib BandungIndonesiaAlberto GoncalvesTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSilvio Escobar

Berita Terkini