x

4 Penyerang yang Bisa Diandalkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Kamis, 6 September 2018 17:42 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Prio Hari Kristanto
Beto Goncalves akan melakukan selebrasi usai mencetak gol. Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM - Usai tersingkir di babak 16 besar Asian Games 2018, Timnas Indonesia harus kembali bersiap untuk mengikuti gelaran Piala AFF 2018 pada awal November mendatang.

Sejumlah program pun sudah direncanakan untuk memantapkan kekuatan Pasukan Garuda jelang kompetisi. Timnas akan melakoni dua laga uji coba kontra Mauritius serta Myanmar pada 11 September dan 9 0ktober mendatang.

Timnas pun sudah menunjuk pelatih sementara untuk menggantikan posisi Luis Milla yang belum pasti. Jabatan itu kini diisi dua nama kawakan, Bima Sakti dan Danurwindo.

Baca Juga

Selain sejumlah persiapan tadi, Timnas Indonesia juga wajib memperhatikan komposisi pemain yang akan dibawa untuk mengarungi kompetisi Piala AFF 2018. Utamanya, bila menilik pada barisan penyerang. 

Posisi penyerang jadi kunci bagi Timnas untuk bisa mendulang banyak gol. Jika salah dalam memilih nama pemain yang dibawa, bukan tidak mungkin Indonesia akan keteteran dalam gelaran Piala AFF 2018 mendatang.

INDOSPORT lantas mencoba merangkum beberapa daftar nama yang sekiranya pantas untuk menjadi tumpuan Merah Putih di lini depan. Berikut ulasannya!


1. Alberto 'Beto' Goncalves

Beto Goncalves akan melakukan selebrasi usai mencetak gol. Herry Ibrahim

Meski baru dinaturalisasi, Beto sudah langsung nyetel bersama Timnas Indonesia. Kapasitasnya pun sudah terbukti saat gelaran Asian Games 2018 lalu.

Pada Asian Games 2018, Beto bersama Stefano Lilipaly menjadi lumbung gol bagi Indonesia. Total, Beto mencetak empat gol sepanjang gelaran itu.

Melihat fakta tadi, Beto jelas jadi salah satu opsi terbaik yang dipunyai Indonesia saat ini soal barisan pemain depan. Jika kembali dipanggil Timnas, bukan tidak mungkin penampilan apiknya di Asian Games 2018 lalu akan kembali terulang di Piala AFF 2018.


2. Ilija Spasojevic

Penyerang Bali United Ilija Spasojevic.

Pemain Bali United ini jadi opsi berikutnya yang bisa diandalkan Timnas Indonesia di lini depan. Meski penampilannya sudah tak secemerlang musim lalu, Spasojevic tetaplah merupakan salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

Musim lalu, Spaso mampu membawa Bhayangkara FC menjuarai gelaran Liga 1. Ia tampil apik dengan mengemas 13 gol dari 13 laga.

Sejak itu, nama Spaso begitu mencuat ke permukaan. Ia pun lantas dinaturalisasi sebagai warga negara Indonesia.

Musim ini setelah pindah ke Bali United, penampilan Spaso memang kurang meyakinkan, lantaran baru mengemas lima gol dari 16 laga. Tapi, bila melihat reputasinya di musim lalu, rasanya nama Spaso juga layak untuk dipertimbangkan.


3. Boaz Solossa

Kapten Persipura Jayapura Boaz Solossa.

Umurnya memang sudah tak lagi muda. Boaz kini telah berusia 32 tahun. Kecepatannya berlarinya pun sudah tak sekencang dulu.

Namun, Boaz tetaplah salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Pengalaman serta jam terbangnya mungkin akan sangat membantu permainan Timnas jika seandainya terpanggil ke dalam skuat Piala AFF 2018.

Boaz sendiri bersama Timnas telah tampil sebanyak 45 kali. Sepanjang itu, pemain Persipura Jayapura tersebut mampu menyumbangkan 14 gol bagi Indonesia.


4. Lerby Eliandry

Penyerang Borneo FC, Lerby Eliandry.

Sosok Lerby hadir di tengah minimnya penyerang asli Indonesia yang bisa tampil memukau di kompetisi domestik. Lerby pun layak untuk masuk kandidat penyerang utama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018 mendatang.

Lerby musim lalu tampil apik bersama klubnya Borneo FC. Ia total mencetak 16 gol dari 32 kali penampilannya.

Baca Juga

Musim ini, Lerby memang baru mencetak enam gol dari 16 laga. Tapi, kemampuannya dalam berduel bola atas jelas bisa jadi keunggulan yang bisa diandalkan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018 mendatang.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Timnas IndonesiaLuis MillaBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini