x

3 Hal Positif yang Dibawa Mourinho untuk Manchester United

Minggu, 9 September 2018 20:59 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho

INDOSPORT.COM - Pelatih klub sepak bola Manchester United, Jose Mourinho, belakangan namanya begitu mendapat sorotan jagat sepak bola. Bukan karena torehan prestasi, melainkan soal peforma buruk yang dialami klubnya di Liga Inggris.

Ya, MU kini terperosok di urutan ke-10 klasemen Liga Inggris dengan torehan enam poin. Setan Merah meraup dua kemenangan dan dua kali kalah dari empat laga yang telah dijalaninya.

Bahkan, dua kekalahan yang diterima United terbilang cukup memalukan. Hal itu pun yang membuat sosok Mourinho makin dikritik pendukung MU.

Baca Juga

Pada laga peka kedua, Setan Merah takluk 2-3 dari klub gurem, Brighton Hove Albion. Berlanjut ke laga pekan ketiga, Setan Merah kalah telak 0-3 di kandang sendiri dari Tottenham Hotspurs.

Melihat rentetan hasil buruk tersebut membuat posisi Mourinho sebagai pelatih MU mulai terancam. Ia kini dihinggapi isu pemecatan dan bakal segera digantikan dengan pelatih lainnya.

Meski demikian, Mourinho sebenarnya telah membawa beberapa pengaruh positif selama tiga musim membesut MU. Pelatih asal Portugal tersebut pun terbilang layak untuk mendapatkan penghormatan atas jasanya di Old Trafford.

Lalu, apa saja pengaruh positif yang telah diberikan Mourinho untuk MU tersebut? Berikut rangkuman INDOSPORT untuk Anda pembaca setia kami.


1. Datangnya Pemain Bintang

Paul Pogba dalam sesi perkenalan dengan Manchester United.

Harus diakui, sejak sepeninggalan Sir Alex Ferguson yang pensiun di tahun 2013 lalu, popularitas MU perlahan mulai meredup. Setan Merah pun lantas kesulitan untuk mendatangkan pemain bintang.

Baca Juga

Namun sejak ditangani Mourinho, daya tarik MU kembali berhasil memikat sejumlah pemain bintang. Mourinho sukses mendatangkan bintang-bintang seperti, Paul Pogba, Zlatan Ibrahimovic, dan Alexis Sanchez ke Old Trafford.


2. Prestasi Bergengsi

Jose Mourinho saat mengangkat trofi Liga Europa

Sejak ditinggal Ferguson, Setan Merah kesulitan untuk bisa menjuarai gelaran bergengsi. Kekuatan MU di jajaran papan atas klub Liga Inggris ataupun Eropa seakan melemah tiba-tiba.

Namun berkat tangan dingin Mourinho, Man United kembali bisa meraih trofi bergengsi. Hal itu dilakukannya pada musim 2016/17 lalu.

Baca Juga

Mourinho sukses membawa MU menjuarai gelaran Liga Europa untuk pertama kalinya. Bukan cuma itu, Mou juga mampu menyandingkan gelar tersebut dengan trofi Piala FA di musim yang sama.


3. Bersaing di Papan Atas

Skuat Manchester United.

Kepergian Ferguson seakan membuat kekuatan MU di jajaran papan atas klub Liga Inggris melemah tiba-tiba. Dua penerus Ferguson sebelum Mourinho datang, David Moyes dan Louis Van Gaal, dipecat lantaran tak bisa membawa MU masuk ke zona tiga besar.

Namun, Mourinho mampu menyulap keadaan itu. Mourinho mampu mengembalikan status MU sebagai klub The Big Four Liga Inggris.

Baca Juga

Pada musim pertamanya, Mou memang gagal membawa MU finis di empat besar. Tapi hal itu sengaja ia lakukan demi bisa membawa MU meraih gelar Liga Europa.

Hasil racikan Mourinho di Liga Inggris mulai terlihat pada musim kedua. Ia mampu membawa MU finis di urutan kedua dan bersaing ketat dalam perebutan gelar Liga Inggris.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

Manchester UnitedJose MourinhoLiga Inggris

Berita Terkini