x

5 Pemain Terlupakan yang Pernah Bermain untuk Barcelona

Selasa, 11 September 2018 15:20 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Logo Barcelona.

INDOSPORT.COM – Dalam sejarah Barcelona, banyak pemain dengan nama-nama besar yang pernah bermain untuk Blaugrana.

Mulai dari Ronaldo, Luis Figo, Ronaldinho hingga legenda si Tangan Tuhan yaitu Maradona, pernah menghiasi skuat Barcelona pada eranya masing-masing.

Tak hanya nama besar saja yang menghiasi sejarah Barcelona, mungkin ada beberapa nama yang terlupakan yang dahulu pernah membela panji Blaugrana.

Mungkin nama-nama tersebut terlupakan karena hanya beberapa saat saja menitih karir bersama Barcelona.

Berikut INDOSPORT merangkum 5 nama mantan pemain yang pernah menghiasi skuat Barcelona yang mungkin terlupakan di era Louis van Gaal:

Baca Juga

1. Juan Roman Riquelme

Mantan pemain Barcelona, Juan Roman Riquelme.

Pemain berkebangsaan Argentina ini pernah digadang-gadang menjadi salah satu suksesor dari legenda si Tangan Tuhan pada masa 2002.

Berlabuh ke Barcelona dengan mahar 10 juta euro atau lebih dari Rp172 miliar dari Boca Juniors menjadi sebuah loncatan besar bagi karir Riquelme.

Tetapi kariernya bersama Blaugrana hanya berlangsung selama sebentar. Datang ke Barcelona tahun 2002, Riquelme harus pergi meninggalkan Barca pada tahun 2003 setelah nyaman bersama Villareal dimasa peminjamannya.

Riquelme didepak dari skuat Blaugrana karena pelatih mereka saat itu, Van Gaal kurang puas dengan performanya dan mulai menyingkirkan Riquelme dari skuat inti timnya.

Villarreal mengambil keuntungan dari didepaknya Riquelme dan berhasil mendapatkan jasa pemain Argentina tersebut pada tahun 2005 dengan kontrak permanen.

Simao Sabrosa

Simao Barbosa.

Pemain lain yang menjadi korban keganasan kepelatihan Van Gaal yaitu Simao Sabrosa. Simao datang ke Blaugrana pada tahun 1999 dengan mahar mendekati 11 juta Euro atau lebih dari Rp189 miliar.

Karier Simao hanya berlangsung hingga tahun 2001 di Camp Nou. Pasalnya Simao harus terdepak dari Barcelona karena gaya kepemimpinan Van Gaal yang menginginkan prestasi dengan cepat.

Akhirnya polemik Simao berakhir dengan ketika ia berlabuh ke Benfica setelah sebelumnya Simao dikabarkan akan kembali ke Sporting CP. 


2. Ricardo Quaresma

Ricardo Quaresma.

Satu lagi pemain yang berlabuh dari Sporting CP yang harus meniti karier hanya seumur jagung bersama Barcelona. Quaresma datang ke Barcelona dari Sporting CP pada tahun 2003 dan harus mengakhiri kiprahnya bersama Barcelona setahun kemudian.

Quaresma yang di mainkan diposisi sayap kiri oleh Van Gaal nampaknya tidak cocok dengan posisi itu. Lalu permasalahan kedua yaitu kurangnya waktu bermain yang membuat pemain lincah asal Portugal ini harus meninggalkan Barcelona dan berlabuh bersama FC Porto. 


3. Jari Litmanen

Jari Litmanen.

Pemain berkebangsaan Finlandia ini didatangkan dari Ajax pada tahun 1999 oleh Van Gaal. Kiprahnya di Camp Nou hanya berlangsung 2 tahun saja.

Pasalnya gelandang serang Finlandia ini mengalami cidera dan ditinggal oleh sang pembelinya yaitu Van Gaal dimana kondisi Barcelona saat itu sedang berantakan. Terlebih datang seorang bintang baru Rivaldo yang membuatnya tersingkir dari Barcelona.

Maxi Lopez

Maxi Lopez saat dikenalkan sebagai pemain Barcelona pada 28 Januari 2005.

Pemain yang menjalani debutnya dengan spektakuler ini adalah pemain yang mungkin paling mudah dilupakan karena dalam dua tahun kariernya bersama Blaugrana hanya mencetak 19 penampilan.

Berposisi sebagai pemain depan, dalam ke-29 penampilannya Maxi hanya berhasil mecetak dua gol. Hal ini membuat karirnya di Barcelona semakin tidak jelas karena jarang mendapatkan kesempatan bermain.

Dan pada akhirnya Maxi memutuskan untuk pindah ke FC Moscow untuk mengakhiri kesengsaraannya di Barcelona.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT.COM.

Penulis: Daniel Ramos Putra

BarcelonaLaLiga SpanyolDiego MaradonaRonaldinhoRonaldoRicardo QuaresmaLiga Spanyol

Berita Terkini