x

3 Pemain yang Disia-siakan oleh Arsene Wenger di Arsenal

Jumat, 14 September 2018 14:12 WIB
Editor: Yohanes Ishak

INDOSPORT.COM - Bagi para penggemar sepak bola dunia khususnya kompetisi sepak bola tertinggi di Liga Inggris, yakni Premier League, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama seorang pelatih kenamaan top dunia, Arsene Wenger.

Wenger yang pernah menukangi Arsenal sejak tahun 1996 hingga 2018 atau tepatnya kurang lebih selama 22 tahun telah bekerja sama dengan banyak pemain di dunia.

Pelatih asal Prancis itu dikenal sebagai pelatih yang menyukai pemain-pemain muda dan gemar mengorbitkannya menjadi pemain berkelas dunia.

Baca Juga

Wenger tak jarang melakukan pembelian pemain yang masih muda-muda dan berharga murah, lalu disulap menjadi pemain bintang. Sebut saja Francesc Fabregas, Kolo Toure, Robin van Persie, hingga Thierry Henry.

Namun yang namanya manusia tentu tak lepas dari kesalahan. Selama di Arsenal, Wenger juga pernah melakukan pembelian pemain yang menjadi kesalahan dan berakhir sia-sia.

Bahkan Wenger turut mematikan atau meredupkan karier seorang pemain sepak bola. Mereka pemain yang bertalenta namun sering dicadangkan atau tidak dimainkan sesuai dengan posisi aslinya, hingga karier mereka terus meredup.

Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT merangkum 3 nama pemain yang disia-siakan oleh Wenger selama di Arsenal seperti dikutip dari berita olahraga, Sportskeeda:


1. Gervinho

Gervinho saat masih berada di Arsenal.

Pemain yang memiliki nama lengkap Gervais Lombe Yao Kouassi ini sebenarnya tak perlu diragukan lagi kemampuannya.

Didatangkan Arsenal dari LOSC Lille di tahun 2011 dengan biaya 10 juta pounds, semua sangat menantikan kemampuan Gervinho di Arsenal.

Terbukti, dirinya sempat menjadi pilihan utama Arsene Wenger di musim pertamanya.

Kecepatan dan kekuatannya benar-benar mengesankan. Ia pun diproyeksikan sebagai pengganti Robin van Persie yang hengkang ke Manchester United.

Di tahun yang sama Wenger juga mendatangkan seorang Olivier Giroud. Pemain asal Prancis itu menjadi saingan utama Gervinho.

Sayangnya, dirinya tak mampu bersaing dan Wenger lebih memilih Giroud dibanding dirinya. Hingga Gervinho pun hengkang ke AS Roma pada tahun 2013 dan kini tengah memperkuat klub Serie A Italia, Parma.


2. Lukas Podolski

Lukas Podolski saat masih bermain untuk Arsenal.

Nama Lukas Podolski sejak datang ke Arsenal memang sudah menjadi pemain kelas dunia. Dengan mahar hanya 10 juta pounds dan usia matang 27 tahun dari FC Koln, Podolski mampu membukukan catatan 16 gol dari 42 penampilan di musim pertama.

Musim kedua dirinya mulai kehilangan waktu bermain karena terkendala cedera. Podolski hanya bermain di 27 pertandingan dan cetak 12 gol

Musim ketiga atau bisa dibilang musim terakhirnya, Podolski mulai kehilangan kepercayaan Wenger. Dirinya pun dipinjamkan semusim ke Inter Milan sebelum musim berikutnya dilepas ke klub asal Turki, Galatasaray pada musim panas 2015.


3. Andrey Arshavin

Andrey Arshavin.

Arshavin bergabung dengan Arsenal pada Januari 2009 dengan biaya yang memecahkan rekor klub saat itu, sebesar 15 juta poundsterling.

Biaya yang tidak murah untuk pemain yang mampu tampil menakjubkan di Euro 2008 membuat dirinya mereka sukses membeli striker terbaik di dunia.

Terbukti, Arshavin tampil mengesankan selama satu setengah musim atau 18 bulan bersama Arsenal.

Baca Juga

Bahkan dirinya juga sempat jadi pahlawan Arsenal dengan cetak 4 gol saat menahan imbang Liverpool 4-4. Tak pelak, harapan untuk menjadi legenda Arsenal tersematkan pada dirinya.

Seketika penampilannya terjun bebas saat musim 2010/11. Sehingga di tahun 2011 itu Wenger mendatangkan Gervinho untuk menggantikan Arshavin.

Sejak itu dirinya terus mengalami penurunan hingga akhirnya di tahun 2013 dirinya meninggalkan Meriam London untuk kembali ke klub lamanya, Zenit.

Terus ikuti berita sepak bola dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

Penulis: Dimas Ramadhan

Premier LeagueArsenalArsene WengerLiga Inggris

Berita Terkini